Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Bercak Kuning Pada Anthurium Dan Cara Mengatasinya

 Penyakit Bercak Kuning

Duniahobiku.com - Secara umum kecintaan penghobis terhadap anthurium terletak pada daunnya, namun jika daun anthurium terkena bercak kuning, sudah tahukah penyebab dan cara mengatasinya? Penyakit bercak kuning sangat ditakuti oleh hobiis karena tanaman anthurium yang terkena penyakit ini hampir dapat dipastikan akan mati atau minimal daun anthurium yang terkena bercak kuning diamputasi.

Kondisi daun menguning bisa saja disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris tapi bisa juga disebabkan oleh hal lain. Secara umum gejala ini bisa timbul disemua bagian tanaman, biasanya bermula dari pinggir daun. Beberapa hobiis terkadang langsung memotong daun yang telah terinfeksi bakteri ini. Sebagai tindakan pencegahan anda dapat mengurangi penyiraman. Konon, bakteri ini memiliki penularan yang cepat dengan perantara air dan udara. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut beberapa hal yang patut anda perhatikan jika tanaman terkena penyakit bercak daun, berikut ciri dan cara mengatasinya :

1.           Ciri-ciri penyakit bercak kuning.

Pada awalnya penyebaran penyakit ini diawali dengan munculnya noktah kecil berwarna kuning pada daun dan semakin lama akan menyebar hingga ke seluruh daun. Dan apabila sudah menyebar keseluruh daun maka daun akan menjadi kuning, layu dan mati.

2.           Penyebab dan pencegahan penyakit bercak kuning.

Bercak kuning terjadi karena banyak faktor, seperti terlalu banyak pupuk, media terlalu lembab, sirkulasi udara kurang, media tanam kurang poros dan juga kurangnya sinar matahari. Untuk mencegah anthurium terserang penyakit bercak kuning, kita harus memilih bibit tanaman yang benar-benar sehat, setelah itu untuk media tanam yang digunakan adalah media tanam yang poros seperti cacahan akar pakis. Dan harus diingat bahwa pada saat media tanam tersebut akan digunakan harus disterilkan, dengan cara direbus terlebih dahulu agar kuman dan jamur mati. Setelah itu beri nutrisi secukupnya melalui pemupukan tetapi jangan berlebihan.

3.         Penanganan penyakit bercak kuning.

Penyakit bercak kuning disebabkan karena jamur. Apabila anthurium telah terkena bercak kuning sebaiknya daun yang terkena bercak kuning dipotong dan dimusnahkan agar tidak menular ke daun lainnya. Semprotkan fungisida pada seluruh tanaman hingga diketiak daun dan juga media tanam dengan maksud untuk mematikan virus penyebab bercak kuning.

Hal yang terbaik adalah menjaga tanaman dalam kondisi sehat dengan memperhatikan dan mengontrol kondisi tanaman sehingga bercak kuning pada daun anthurium dapat dicegah.

Semoga artikel Penyakit bercak kuning pada anthurium dan cara mengatasinya dapat membantu anda memulihkan kondisi tanaman anthurium yang terkena penyakit bercak daun agar sehat seperti sediakala dan memamerkan kembali keindahan daunnya yang cantik.