Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Tepat Budidaya Ikan Hias Air Tawar

 Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Duniahobiku.com - Buat para penggila ikan hias yang ingin mengembangkan ikan hias ini ke langkah usaha dan bukan hanya sekedar hobi saja, tapi belum tahu bagaimana cara budidayanya, anda telah menemukan artikel yang tepat karena disini saya akan berbagi ilmu seputar ikan hias.

Cara Budidaya Ikan Hias Air Tawar

Sebagai hobi, tentu saja hal ini tidak bisa di gantikan dengan hal apapun juga namun ada satu hal yang bisa menggantikan hal ini yaitu uang.

Ikan hias merupakan salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan dan jika anda tahu cara budidaya yang tepat maka hobi anda dapat menjadi tambang untuk menghasilkan uang. Berikut beberapa langkah budidaya ikan hias air tawar :

1. Wadah atau tempat Ikan

Langkah yang pertama yang harus di siapkan adalah wadah dan wadah ini bisa menggunakan akuarium,  ember dan lain-lain yang terpenting tidak bocor selain itu wadah ini harus terdiri dari beberapa wadah yang sesuai dengan kegunaannya seperti wadah untuk pemijahan, perawat induk, pendederan, penetasan telur, pembesaran dan yang terakhir untuk penampungan akhir, dan yang paling penting dari budidaya ikan hias ini yaitu air harus  mengalir.

2. Lingkungan hidup Ikan

Lingkungan hidup yang di maksud di sini yaitu kondisi air, keasamannya berapa, suhu, kadar air, kecerahan dan kandungan oksigennya. Dan untuk lingkungan hidup yang cocok untuk ikan air hias air tawar ini adalah 24 sampai 300 derajat untuk suhunya, kadar airnya 6 sampai 7 PH, tingkat kecerahannya 30 sampai 60 cm, dan yang terakhir oksigennya sekitar 3 ppm.

 3. Pakan Ikan

Untuk pakan ini anda bisa menggunakan dua macam yaitu pakan alami dan pakan buatan, untuk pakan alami contohnya : kutu air, cacing sutra, serangga, artemia, infusoria dan lain-lain. Sedangkan untuk pakan buatannya yaitu pelet yang bisa di dapatkan di toko-toko penyedia makanan ikan hias.

 4. Bibit atau induk

Bibit yang harus di persiapkan yaitu bibit yang sudah siap atau yang sudah matang dan untuk mencari bibit yang sudah matang kita bisa lihat dengan ciri-cirinya yaitu untuk indukan betina akan terlihat perutnya gendut, sedangkan untuk ciri jantan yaitu bila perutnya di urut akan mengeluarkan cairan.

 5. Pemijahan

Pemijahan ini terbagi pada dua cara yaitu eksternal dan internal tergantung pada jenis ikan yang di budidayakan, namun rata-rata untuk pemijahan budidaya ikan hias ini yaitu dengan cara di suntik dengan hormon perangsang.

 6. Penetasan

Untuk menjadi larva biasa memerlukan waktu 24 jam tapi itu juga tergantung pada jenis ikannya, dan penetasan bisa di lakukan di dalam kolam penetasan dengan cara mengambil dan memindahkan induknya, jika sudah menjadi larva dalam usia satu minggu kita tidak usah memberinya  makan karena larva-larva tersebut akan memakan kuning telurnya sendiri.

Semoga Panduan Tepat Budidaya Ikan Hias Air Tawar dapat menjadi inspirasi buat anda dalam berbisnis dan memulai suatu langkah baru dalam budidaya ikan hias.

 

 

.