Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Museum Basoeki Abdullah Sang Maestro Seni Lukis Yang Harumkan Negeri

 Museum Basoeki Abdullah

Duniahobiku.com - Museum Basoeki Abdullah adalah kumpulan dari seorang maestro seni lukis asal negeri ini. Ya, Basoeki Abdullah adalah salah satu pelukis potret Indonesia yang sulit dicari pembandingnya. Tak hanya itu, sering disebut “menyaksikan lukisan sang maestro adalah membaca kebudayaan”. Sebagai seorang maestro seni lukis Indonesia, karya-karya Basoeki Abdullah telah diakui di dunia.

Alamat Museum Basoeki Abdullah

Untuk mengetahui lebih detail karya-karya fenomenal beliau Anda bisa datang langsung ke Museum Basoeki Abdullah yang terletak di Jalan Keuangan No 19 Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Alamat Museum Basoeki Abdullah

Yang menarik, Museum Basoeki Abdullah ini mulanya kediaman sang maestro seni lukis negeri ini yang dihibahkan ke pemerintah untuk difungsikan menjadi museum. Dengan harga tiket yang relatif terjangkau, pengunjung bisa menikmati koleksi pribadinya yang berupa beragam benda seni, yang terdiri dari wayang, topeng, serta lainnya.

Sementara di ruang tidur yang merupakan ruang pribadi Basoeki Abdullah terdapat koleksi sejumlah benda yang berkaitan dengan dirinya semasa hidupnya, seperti lemari, kursi, lampu, dan lainnya. Adapun penataan koleksi benda-benda tersebut disesuaikan dengan keadaan aslinya.

Museum Basoeki Abdullah

Sejumlah kegiatan sering dilakukan ditempat ini antara lain: seminar/diskusi yang bertemakan ‘Basoeki Abdullah dan Karya Lukisnya’, dan ada lomba lukis tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) seluruh Jakarta yang mengusung tema ‘Kami Anak Indonesia’.

Tak ketinggalan di Museum Basoeki Abdullah ada workshop yang mengangkat tema ‘Menggambar Karikatur’ untuk masyarakat dan pelajar SMA, masih ada lagi yang bertemakan ‘Menggambar Komik’ (Karya Basoeki Abdullah dan Kehidupan Basoeki Abdullah) untuk pelajar SMA, mahasiswa, dan masyarakat, serta kegiatan yang mengusung tema ‘Menggambar/Melukis Model Karikatur’ untuk mahasiswa dan masyarakat.

Tak hanya itu, banyak wisatawan asing dari Asia, Eropa, serta yang lainnya yang suka berkunjung ke Museum Basoeki Abdullah ini. Jadi, bisa dibilang dengan mengunjungi Museum Basoeki Abdullah, mengagumi koleksi sang maestro seni lukis Indonesia sekaligus juga wisata edukatif, khususnya untuk kalangan pelajar, dan mahasiswa.

Semoga artikel Museum Basoeki Abdullah Sang Maestro Seni Lukis yang Harumkan Negeri dapat menambah wawasan kita tentang salah satu putra terbaik bangsa dalam bidang seni lukis.