Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Minuman Kesehatan Herbal : Teh Beras Kencur Penambah Nafsu Makan Anak

 Minuman Kesehatan Herbal

Duniahobiku.com - Anak-anak biasanya selalu memilih jenis makanan bahkan kebanyakan dari mereka lebih banyak jajan di luar daripada mengkonsumsi makanan yang ada di rumah, hal tersebut telah menjadi masalah yang dikeluhkan oleh para Ibu terhadap anaknya yang tidak memiliki nafsu makan yang baik. Ingin tahu salah satu minuman kesehatan herbal yang dapat meningkatkan nafsu makan anak? Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara pembuatannya.

Vitamin penambah nafsu makan tentunya sudah banyak beredar ditoko obat tradisional maupun apotik namun semuanya mengandung bahan bahan kimia. Kita dapat mencoba menggunakan kearifan lokal dengan memanfaatkan herbal yang tersedia dialam salah satunya dengan meracik kencur dan bahan alami lainnya menjadi suatu minuman yang menyehatkan dan dapat menambah nafsu makan anak anda dirumah. Lebih dari vitamin, minuman tradisional yang satu ini dapat menjadi solusi pintar serta hemat untuk keluhan Ibu tersebut. Minuman ini biasa disebut dengan nama teh beras kencur, beras kencur sendiri merupakan minuman khas dari daerah Jawa yang biasanya dikemas dalam rangkaian minuman Jawa. Namun agar disukai oleh anak anak kreasi teh beras kencur pun dihadirkan agar terasa lebih nikmat, menyegarkan tubuh dan juga tentunya dapat menambah nafsu makan pada anak.

Cara Pembuatan Teh Beras Kencur

Anda dapat membuatnya dengan sangat mudah melalui bahan yang dipersiapkan terlebih dulu seperti 2 kantung teh celup sariwangi, 250 ml air, 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari jahe, 1 buah cengkih, 1 batang kayu manis, 15 gr gula Jawa yang diiris halus, 2 sdm gula pasir atau sesuai selera, ½ sdt air jeruk nipis, sedikit garam, dan 1 sdm beras. Setelah mempersiapkan bahan tersebut, anda dapat langsung membuatnya bersama dengan anak anda melalui proses yang mudah yaitu terlebih dulu seduh 2 kantung teh celup sariwangi dengan air mendidih. Kemudian di tempat terpisah rendam beras di dalam air selama 1 jam, lalu tiriskan dan sangrai beras sampai warnanya kekuningan. Untuk proses menghaluskan bahan masukan semua bahan seperti beras, kencur, jahe, cengkih, gula jawa, kayu manis, gula pasir, garam serta air seduhan teh ke dalam blender. Setelah proses blender selesai saring bahan yang sudah dihaluskan tersebut pada gelas saji yang sudah disiapkan, sebagai pelengkap tampilan menarik anda dapat menghias gelas bagian atas dengan irisan jeruk nipis atau bahan lainnya.

Resep minuman teh yang sudah dipaparkan di atas dapat anda tambahkan jumlah bahannya jika anda ingin membuatnya lebih dari satu porsi, dan tentunya sangat mudah untuk di coba bukan? Selain rasanya yang enak dan hangat juga sekaligus menyegarkan, anda juga akan merasakan manfaat dari minuman tradisional teh beras kencur tersebut yaitu meningkatnya nafsu makan pada anak.

Semoga artikel “Minuman Kesehatan Herbal: Teh Beras Kencur Penambah Nafsu Makan Anak” dapat bermanfaat untuk anak anda yang mengalami gangguan soal nafsu makan yang menurun / malas makan.