Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Karakteristik Ikan Agar Mudah Mendapatkan Hasil Pancingan

 Karakteristik Ikan

Duniahobiku.com - Hoby mancing sangat erat sekali berhubungan dengan ikan, tentu akan lebih mantap lagi kalau kita mengenal sifat-sifat dari ikan. Mengenal karakter ikan akan memudahkan kita untuk mendapatkan ikan, jadi yang kita pelajari adalah kebiasaan ikan makan, Jika hal ini kita abaikan jangan salah kalau kita mancing tidak dapat sambaran sama sekali. Ingin tahu karakeristik ikan lebih jauh? Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik.

Kalau kita sudah mengetahui pola makan ikan dan cara makan ikan kita bisa menentukan di mana posisi yang bagus untuk mancing? Rangkaian apa yang harus di gunakan? Dan umpan apa yang harus di siapkan? Kalau ketiga hal ini kita praktekan kemungkinan dapat ikan lebih besar daripada yang hanya sekedar mancing dapat tidak dapat yang penting mancing.

Ikan di kategorikan ada 3 kebiasaan makan :

1.    Ikan permukaan

Ikan permukaan adalah ikan ini kebiasaanya mencari makan di permukaan air dan hidupnya lebih sering di permukaan, seperti ikan nila, mujair, gurami, kalau mau mancing yang manjur gunakan rangkaian posisi kail di tengah atau mengambang, dan pelajari juga makanan apa yang sering di berikan, karena lain daerah lain juga kebiasaan makannya.

2.    Ikan tengah

Ikan tengah merupakan ikan yang lebih banyak berenang didaerah perairan tengah, sifatnya hanya sekali-kali mengapung ambil oksigen. Kebiasaan makan ada di perairan tengah dan berenang di dasaran. Jenis ikan ini adalah ikan mas atau ikan tombro, dan bawal masuk dalam kategori ini tentu pembaca sudah punya gambaran rangkaian yang cocok dan posisi kail yang cocok

3.    Ikan dasar

Ikan dasaran yaitu ikan yang kebiasan berenang dan mencari makan di perairan dasar hanya sekali-kali muncul, jenis ikan ini adalah ikan lele, dan sejenisnya termasuk patin dan keting.

Setelah kita mengenal karakter ikan tersebut, ada satu hal lagi yang harus di perhatikan bahwa ikan juga di bagi dua dalam hal waktu mencari makan, yaitu ikan yang makannya di siang hari dan ikan yang makannya di malam hari.

Contoh ikan yang makan di malam hari adalah lele, dan contoh ikan yang makan di siang hari adalah nila, gurami, mujair, dan lain lain.

Semoga artikel “Mengenal Karakteristik Ikan Agar Mudah Mendapatkan Hasil Pancingan” dapat bermanfaat buat anda semua para m  ancing mania. Mengetahui kebiasaan ikan akan memudahkan kita menentukan jenis umpan dan rangkaian pancing yang akan digunakan.