Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Sawo Untuk Penderita Asam Lambung

 Manfaat Buah Sawo Untuk Penderita Asam Lambung

Duniahobiku.com - Bagi anda penikmat buah sawo mungkin selama ini anda tidak menyadarai bahwa ternyata manfaat buah sawo untuk penderita asam lambung sangat baik. Tapi bukan hanya itu saja manfaatnya ada banyak yang bisa kita peroleh dengan rutin mengkomsumsi buah sawo. Ingin tahu apa saja manfaat buah sawo? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik buat kesehatan anda.

Deskripsi Tanaman Sawo

Sawo memiliki buah yang cukup unik dengan bau khasnya yang sangat nikmat ditambah rasa manis yang menggoyang lidah dan tekstur lembut berserat yang membuat anda ketagihan untuk mencicipinya. Sawo merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki usia yang cukup panjang. Buah sawo memiliki nama sapodilla fruit dalam bahasa inggris.

Pohon sawo ini bisa berdiri kokoh dengan tinggi lebih dari 3 meter dan memiliki dahan yang kuat dan daun yang lebat. Bentuk buah sawo yang lonjong semakin menggoda hanya saja buah ini memiliki getah yang bilamana seseorang mengkonsumsinya biasanya mulutnya akan bergetah tapi itu tidak membahayakan kesehatan.

Deskripsi Tanaman Sawo

Kandungan Sawo

Sawo memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak seperti halnya vitamin A, vitamin C, fosfor, tanin dan masih banyak lagi serta bagus untuk kesehatan. Buah ini pun bagus untuk dikonsumsi penderita maag. Cara makan buah sawo cukup mudah seperti layaknya anda memakan buah apel.

Sawo mengandung antioksidan yang terbukti baik untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan menangkal segala jenis bakteri dan virus yang menyebabkan adanya infeksi pada tubuh. serta kandungan serat dalam sawo sangat cocok untuk melapisi dan melindungi lapisan dinding lambung untuk mencegah adanya infeksi dan iritasi dalam lambung.

Tidak hanya untuk penderita asam lambung saja, anda dapat mendapatkan khasiat sawo untuk pengobatan penyakit lainnya. Berikut beberapa manfaat buah sawo untuk kesehatan :

Buah Sawo Untuk Penderita Asam Lambung

Kandungan tanin dalam buah sawo memiliki sifat anti bakteri, anti virus dan ani-inflamasi. Kandungan buah dalam sawo dapat menetralkan asam lambung yang kadang tiba-tiba meningkat jika dipicu oleh beberapa faktor seperti makanan dan stress. Beberapa jenis buah sangat baik diberikan bagi penderita asam lambung seperti pisang, lemon dan pir termasuk buah sawo.

Sebagai kandungan anti oksidan

Adanya kandungan vitamin C dan vitamin A pada buah sawo berperan sebagai anti oksidan untuk menangkal segala jenis radikal bebas sebagai sumber penyebab penyakit.

Menjaga Kesehatan Mata

Sawo mengandung vitamin A yang cukup banyak untuk kesehatan, terbukti sawo mampu melindungi mata dari kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas.

Mengurangi Kram Setelah Berolahraga

Anda sering kram saat berolahraga??  Kram setelah olahraga memang terbukti mengganggu. Dengan adanya kandungan vitamin C pada sawo terbukti mampu mengurangi rasa sakit saat kram dan mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Menurunkan Resiko Terkena Serangan jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang bisa mengancam jiwa anda. Tentunya penyakit ini akan mudah di cegah cukup dengan mengkonsumsi buah sawo. Vitamin C yang ada pada sawo mampu menghilangkan aterosklerosis dalam jantung dan menjadikn aliran darah ke jantung menjadi lancar.

Mencegah Infeksi

Kandungan vitamin C pada buah sawo mampu melawan segala jenis radikal bebas yang ada dalam tubuh dan terbukti mampu mencegah adanya peradangan dan infeksi dalam tubuh.

Mengurangi Resiko Diabetes

Sawo juga berperan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan membantu mencegah efek buruk yang terjadi pada penderita diabetes.

Menekan Resiko Asma

Asma atau sesak nafas saat ini sering di temui di kalangan masyarakat. Asma sebenarnya bisa dicegah cukup dengan mengkonsumsi sawo setiap hari dan terbukti mampu menurunkan resiko terkena asma.

Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi merupakan penyakit yang sangat berbahaya, hal ini bisa menyebabkan adanya resiko penyakit yang lainya seperti jantung, stroke dan sebagainya. Konsumsi sawo setiap hari akan mampu menurunkan tekanan darah kembali normal.

Mengobati Wasir

Kandungan zat tanin dalam sawo mampu berperan sebagai anti virus, anti parasit dan anti infalamasi. Begitupun sawo terbukti cocok untuk mengobati penyakit wasir.

Baik Untuk Tulang

Sawo mengandung fosfor dan juga kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Untuk mendapatkan fosfor yang lebih banyak anda juga harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung fosfor tinggi seperti susu dan makanan lainnya.

Baik Untuk Pencernaan

Buah sawo terbukti sangat baik untuk masalah pencernaan karena mengandung anti inflamasi yang di butuhkan oleh usus

Baik Untuk Masa Pertumbuhan

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan ada baiknya untuk mengkonsumsi sawo karena kndungan protein yang ada dalam sawo bagus untuk masa pertumbuhan anak.

Menjaga Kesehatan Kulit

Sawo memiliki kandungan vitamin E yang terbukti bagus untuk kulit dan vitamin E ini sangat bagus untuk mencegah kulit keriput dan tebukti mampu menjadikan kulit menjadi tampak lebih bersih, lembab dan mencegah adanya penuaan dini.

Buah Sawo Untuk Ibu Hamil

Bolehkah ibu hamil makan buah sawo? Pertanyaan ini sering diajukan oleh wanita yang sedang hamil dan menjaga bayi didalam kandungan. Manfaat buah sawo bagi ibu hamil sangat baik. Buah berwarna coklat ini mengandung kalsium, zat besi dan fosfor yang berguna bagi kesehatan tulang dan pertumbuhan janin, disamping itu buah ini memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah infeksi.

Manfaat Buah Sawo Untuk Diet

Bagi yang sedang menjalani program diet, buah sawo bisa menjadi salah satu buah yang cukup direkomendasikan. Kandungan diuretic dan detoksifikasi alami dalam buah sawo dapat membuang racun-racun yang ada didalam tubuh anda, serat alami sapodilla fruit juga dapat membantu anda memperlancar proses pencernaan dalam tubuh sehingga dapat membantu anda memperoleh hasil yang maksimal dalam melakukan program diet.

Semoga artikel “Manfaat Buah Sawo Untuk Penderita Asam Lambung” dapat bermanfaat buat anda semua yang selalu menjaga kesehatan .  Jika kebetulan anda memiliki lahan yang cukup luas tidak ada salahnya menanam pohon ini dihalaman rumah.