Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Akar Alang Alang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Manfaat Lainnya

 Khasiat Akar  Alang Alang

Duniahobiku.com -  Rumput alang alang atau ilalang memiliki nama latin Imperata cylindrical oleh para petani sering dianggap sebagai gulma karena sering tumbuh liar pada lahan petani sehingga mengganggu cocok tanam mereka, namun stigma negatif pada alang alang sedikit tertepis mengingat ternyata alang alang  memiliki manfaat positif untuk kesehatan dan dimanfaatkan untuk atap rumah. Ingin tahu apa saja khasiat akar alang alang dan kegunaan alang alang? Baca terus artikel ini dan temukan sejumlah manfaat rumput alang alang.

Perkembangbiakan alang alang tergolong cepat dan masih mudah untuk kita jumpai di berbagai tempat. Alang alang bahkan banyak digunakan oleh perusahaan minuman sebagai campuran produk mereka terutama untuk pereda panas dalam tapi bukan itu saja manfaat alang alang. Berikut beberapa manfaat alang alang dalam berbagai bidang.

1.  Kandungan alang alang

Dari hasil pengujian pada rumput alang-alang maka diketahui bahwa pada rumput alang alang terdapat kandungan kimiawi yang diantaranya: manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixo dan anindom. Untuk manfaat dari kandungan unsur kimia tersebut secara aplikasi yaitu untuk penyembuhan penyakit.

2.          Manfaat alang alang bagi kesehatan tubuh

Rimpang dan akar alang alang dapat digunakan sebagai bahan obat. Hampir semua menggunakan akar alang alang yang direbus kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.

Manfaat rebusan akar alang alang dapat menyembuhkan panas dalam, mengobati demam, meluruhkan kencing, jantung koroner, gangguan prostat, penyakit batu ginjal, hipertensi, kencing batu, penyakit asma, batu empedu dan bahkan mimisan. Khasiat akar alang alang untuk ginjal sudah banyak dimanfaatkan oleh warga yang menderita penyakit tersebut dan terbukti cukup efektif.

Manfaat alang alang bagi kesehatan tubuh

3.          Kegunaan akar alang alang sebagai stabilitas tanah

Alang alang dapat dimanfaatkan sebagai penguat pada tanah yang labil atau mudah longsor. Yaitu dengan kemampuan akar rimpang alang alang yang kuat dan ulet sehingga mampu menahan pergerakan tanah. Kemampuan untuk menahan erosi diperkuat lagi dengan kondisi daunnya yang rapat sehingga mampu menahan laju air hujan yang jatuh tidak langsung mengenai tanah. Daun alang alang juga dimanfaatkan petani sebagai mulsa pada lahan pertanian.

Kegunaan akar alang alang

gambar daun alang alang

4.          Manfaat tumbuhan daun alang alang sebagai atap rumah

Pada jaman dahulu dan era modern seperti sekarang ini, daun alang alang sering digunakan sebagai atap rumah. Kemampuan daun alang alang untuk mengalirkan air yang baik dan mudah disusun membuat atap yang dibuat dari alang alang tidak mudah bocor. Jika daun alang alang pada jaman dahulu digunakan sebagai atap mungkin karena masih susah untuk mendapatkan tutup atap dari bahan genteng yang dibuat dari tanah liat. Sedangkan pemakaian pada jaman sekarang lebih cenderung karena mengikuti konsep "back to nature" pada rumah rumah modern dan rumah makan dengan konsep dasar alam sebagai daya tariknya. Salah satu contoh rumah berbahan alang alang dapat kita temukan pada budaya suku Sasak di Lombok, NTB.

Manfaat tumbuhan daun alang alang

5.          Khasiat akar alang alang untuk vitalitas pria

Bagi kaum adam ternyata akar alang alang bukan hanya pereda panas dalam saja, kandungan enzim arginine pada tanaman alang alang ternyata bermanfaat untuk melancarkan darah di daerah Mr. P.

6.          Teh alang alang

Alang alang dapat dibuat menjadi teh. Cara penggunaanya sama seperti membuat teh pada umumnya anda cukup mencampurkan beberapa batang akar alang alang pada teh anda dan membuatnya menjadi teh herbal untuk menjaga kondisi dan kesehatan anda.

Teh alang alang

7.          Bubuk alang alang

Jika anda tidak sempat mencarinya di lapangan dan daerah berumput lainnya, saat ini telah banyak tersedia akar alang alang dalam bentuk bubuk agar anda dapat menggunakan dengan lebih praktis. Bubuk akar alang alang bisa anda temukan di berbagai toko herbal tradisional dan online. Harganya pun cukup terjangkau.

Bubuk alang alang 

Semoga artikel “Khasiat Akar Alang Alang Bagi Kesehatan Tubuh Dan Manfaat Lainnya” dapat bermanfaat buat anda. Ternyata rumput alang alang tidaklah seburuk yang terbayangkan sekarang ini. Dengan manfaat positif tersebut, suatu saat pasti pohon alang alang akan menjadi salah satu komoditas yang sangat diperlukan. Namun biasanya hal tersebut terjadi pada saat rumput alang alang sudah sulit dijumpai.