Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Galabo: Kuliner Malam Khas Solo Jarang Dijumpai Ditempat Lain

 Galabo: Kuliner Malam Khas Solo Jarang Dijumpai Ditempat Lain

Duniahobiku.com - Galabo merupakan singkatan dari Gladak Langen Bogan, sebuah tempat wisata kuliner malam hari di kota Solo. Galabo diresmikan pada tanggal 13 April 2008 dan semakin mengukuhkan keberadaan kota Solo sebagai kota yang tidak pernah tidur. Di tempat ini beragam kuliner Solo bisa dinikmati. Bagi anda yang senang dengan wisata kuliner jangan lewatkan mengunjungi tempat ini jika bertandang ke kota Solo.

Para penjual di Galabo adalah para pemilik warung yang berjualan di beberapa tempat lain. Sehingga jika ingin merasakan masakan warung-warung tersebut Anda tinggal datang ke Galabo tak perlu datang ke warung mereka yang lokasinya berbeda-beda. Hampir 50 warung yang membuka usahanya ditempat ini. Pengunjung Galabo tidak hanya dari kota Solo saja melainkan dari luar kota yang penasaran ataupun ingin menikmati kuliner dengan suasana malam di kota Solo.

Beberapa makanan khas Solo yang dapat ditemukan di lokasi ini diantaranya tengkleng, sate kere Yu Rebi, mie thoprak, wedang ronde, wedang dongo keprabon, gudeg ceker bu Kasno, rawon penjara, tengkleng klewer, tio ciu halal pak Petruk, nasi liwet  bu Sarmi, bakmi jowo pak Dul, dan masih banyak lagi. Kebanyakan menu yang disajikan merupakan menu langka yang jarang ditemui di tempat lain.

Warung - Warung Galabo
Warung - Warung Galabo

Galabo hanya dibuka tiap malam karena di siang hari kawasan ini merupakan jalan raya. Lokasi Galabo dulunya tepat berada di Jl. Mayor Sunaryo, depan Beteng Trade Center dan Pusat Grosir Solo. Sejak tahun 2018 posisinya digeser dikawasan parker sebelah selatan Benteng Vastenburg, tepat depan Pusat Grosir Solo (PGS).

Ingin menikmati jajanan khas Solo tanpa lelah berkeliling, silahkan kunjungi wisata kuliner Galabo yang buka mulai sekitar jam 17.00 WIB.

Rute Menuju Ke Galabo

Untuk menuju ke lokasi ini dari Yogyakarta Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Yogyakarta jurusan Solo turun di terminal Tirtonadi kemudian dilanjutkan dengan angkutan kota yang melewati Jl. Urip Sumoharjo. Bisa juga menggunakan kereta api turun di Stasiun Jebres dilanjutkan dengan naik becak ke arah selatan dari Stasiun atau menuju Keraton Kasunanan Surakarta. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dapat mengambil rute seperti pada peta lokasi.

Semoga artikel “Galabo, Kuliner Malam Khas Solo” dapat menambah daftar tempat yang bisa anda kunjungi saat mengunjunggi kota Solo. Untuk tempat menginap anda bisa menginap di hotel terdekat di sekitar lokasi diantaranya Best Western Premier Hotel atau Novotel Solo Hotel.