Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perbaiki Motor Berasap Putih Dan Penyebabnya

 Cara Perbaiki Motor

Duniahobiku.com -  Kerusakan motor memang pasti menimpa setiap pemilik motor, jadi anda diwajibkan selalu tahu apakah motor anda baik baik saja atau tidak, kalau tidak kenapa dan apa penyakit motor anda. Kerusakan terjadi akibat pemilik motor tidak dapat mengontrol mesin motornya sendiri, nah untuk itu kami akan memberikan ulasan bagaimana tips agar motor anda tidak terjadi sesuatu yang tidak anda inginkan, karena akan berbahaya bila anda sedang berpergian jauh dan terjadi kerusakan pada kendaraan kesayangan anda tersebut. Sebenarnya banyak sekali hal yang akan kami sampaikan di bawah ini, terutama mengenai kendaraan yang sering mengeluarkan asap. Untuk lebih jelasnya kita langsung saja pada pokok permasalahan, dan siapkan alatnya.

Beberapa Penyebabnya Motor Berasap Putih

Kebanyakan motor 4 tak knalpotnya mengeluarkan asap putih dan pastinya kebiasaan mengisi oli kedalam knalpot yang tujuannya tidak mudah kropos, tetapi dampak ketika anda menghidupkan motor akan mengeluarkan asap, nah untuk lebih yakin anda bisa membuka knalpot dan bersihkan, jika knalpot sudah bersih tetapi masih sama keluar asap maka mesin motor terjadi kerusakan.

1.          Piston dan Ring piston

Nah biasanya kebanyakan oli mesin berkurang, yang akibatnya menimbulkan piston (seher) dan ringnya melemah dan rusak, bahkan membuat oli bocor di sela sela dinding silinder atau blok motor saat mesin sedang berputar lalu oli akan merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar, terjadilah knalpot akan mengelurkan asap. Jika ring piston sudah renggang melebihi ukuran 0.02mm otomatis ring harus di ganti dengan yang baru.

Untuk pistonnya atau seher, coba masukan piston (seher) ke silinder (blok) tanpa memasangkan ring piston, jika piston tersebut masih seret atau sama itu artinya piston masih bagus dan bukan penyebab motor mengeluarkan asap, nah jika piston (seher) di masukan ke blok silinder terjatuh sendiri tanpa di tekan itu tandanya seher sudah baret atau cacat, anda harus mengganti piston dan ring piston dengan yang baru.

2.          Botol Klep

Botol klep bisa menjadi sebab keluarnya asap dari knalpot di mana botol klep sudah longgar dan tidak padat jika payung klep di pasang. Usahakan beli yang baru biar mempunyai kepadatan saat payung klep dipasangkan, inget harus tepat masangnya, karena akan mempersulit pada saat menyekir klep jika klep tidak terpasang dengan baik.

3.          Tiang payung klep aus

Bisa saja di sebabkan juga dari tiang payung klep rusak, coba periksa ketika kuku klep dilepas dan per klep dengan masukan tiang klep ke botol klep lalu anda goyang goyang ke kiri ke kanan, kalau tidak bergoyang dan padat nah itu klep masih bagus, jika longgar berarti rusak harus di gantikan dengan yang baru.

4.          Klep bocor

Bisa juga karena klep bocor karena biasanya bibir klep telah penuh kerak dan permukaan klep sudah tidak rata. Perbaiki dengan menyekir klep seperti mengampelasnya dengan ampelas cair (amrile) biar terkikis kembali ke posisi klep dengan settingan klep.

5.          Seal Klep

Nah yang paling sering terjadi motor 4 tak berasap karena seal klep keras\mati dan tidak padat dengan tiang klep. Anda harus mengganti seal klep dengan yang baru ketika anda membongkar mesin karena sering mengakibatkan munculnya asap putih.

Demikian informasi  tentang Cara Perbaiki Kendaraan Berasap Putih Dan Penyebabnya semoga bermanfaat buat anda dan menginspirasi anda.