Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memperbaiki Lampu Sein Motor Yang Mati

 Cara Mudah Memperbaiki Lampu Sein Motor Yang Mati

Duniahobiku.com - Setiap kendaraan bermotor baik itu motor ataupun mobil, pasti dibekali dengan lampu sein. Sebab peranan dari lampu sein ini sangatlah penting. Lampu sein bermanfaat bagi para pengendara lain dibelakang dan di depan kita agar mengetahui kemana arah kita akan melaju. Coba bayangkan saja bila tidak ada lampu sein di kendaraan kita, sudah pasti akan banyak kecelakaan bukan. Mengingat perannya yang sangat penting, keberadaannya juga harus selalu dijaga agar terawat dan tidak mati. Lalu bagaimana sebenarnya Cara Mudah Memperbaiki Lampu Sein Motor Yang Mati?

Lampu sein sendiri memang sering kali di sepelekan, oleh sebab itu banyak pengguna ataupun pemilik kendaraan kurang memperhatikan pentingnya peranan benda yang satu ini. Untuk itu bagi anda yang memiliki kendala pada lampu sein sebaiknya cepat diperbaiki ke bengkel, atau kalau sudah handal bisa juga anda perbaikinya sendiri. Namun bila belum pernah perbaiki lampu sein, anda bisa coba cara kami yang akan kami ulas pada cara mudah memperbaiki lampu sein motor yang mati. Sudah penasaran dengan caranya, yuk langsung saja kita simak bagaimana langkah langkahnya.

Penyebab Dan Langkah Mudah Perbaiki Lampu Sein Motor

Ada beberapa penyebab dan langkah mudah perbaiki lampu sein motor yang dapat anda lakukan sendiri tanpa harus mendatangi bengkel. Memperbaiki lampu sein ini mudah banget kok, tanpa bantuan dari orang lainpun juga bisa. Termasuk para cewek, asalkan memiliki peralatan untuk membongkar ya. Tanpa panjang lebar lagi berikut cara mudah memperbaikinya.

Bohlam terputus atau mati

Lampu sein memang erat sekali kaitannya dengan bohlam, bila lampu sein mati cek bohlam terlebih dahulu. Jika bohlam sudah menghitam kemungkinan besar sudah lama. Cara mudah memperbaiki lampu sein adalah dengan lembiru, alias lempar dan cari yang baru hehe. Bila ingin membeli bohlam untuk lampu sein sebaiknya membeli yang standar saja ya.

Aki melemah

Ketika anda mengecek lampu sein dan bohlam masih terlihat bagus, ada kemungkinan bahwa penyebab lampu sein mati adalah aki motor sudah melemah. Cek terlebih dahulu apakah aki masih layak atau tidak. Tidak perlu membongkar motor untuk mengecek aki ya. Kita tinggal menghidupkan motor dengan starter atau bunyikan saja klakson motor. Bila masih lancar dan nyaring tandanya aki masih layak, dan lampu sein motor mati bukan karena aki.

Rangkaian elektronik putus

Bila rangkaian elektronik ini putus, pasti lampu sein akan berada dalam keadaan mati. Cek secara menyeluruh bila sudah tahu bagian yang putus, kita tinggal menyambungkannya saja. Pastinya anda sudah tahukan cara menyambungkan kabel.

Itulah serangkaian penyebab dan cara mudah memperbaiki lampu sein motor yang mati. Nah bila kalian sudah mengetahuinya, sekarang sudah tidak perlu lagi tuh kebingungan cari bengkel waktu lampu sein mati. Selamat mencoba.