Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Ayam Kate Yang Baik dan Benar

 Ayam Kate

Cara Merawat Ayam Kate Yang Baik dan Benar – Ayam kate marupakan anggota dari beberapa ras ayam di dunia ini dan ayam kate merupakan ras terkecil. Namun bentuk mininya ini yang membuat ayam kate menjadi spesial di bandingkan dengan ayam ayam lain seperti ayam broiler, ayam bangkok, ayam cemani. Suaranya yang merdu serta memiliki bentuk fisik yang menarik membuat ayam ini memiliki banyak penggemar, dan terbukti sampai sekarang ini banyak orang yang membudidayakan ayam kate. Berbicara pemeliharaan atau budidaya, banyak dari kita belum paham bagaimana cara merawat ayam kate yang baik dan benar.

Ada beberapa jenis ayam kate yang tersebar di Indonesia, di antaranya adalah ayam kate emas, ayam kate walik, ayam kate serama, ayam kate bangkok dan masih banyak yang lainnya. Tentunya memerlukan sebuah perawatan atau perlakuan agar ayam kate tersebut memiliki badan yang sehat dan dapat berkembang biak dengan baik. Perawatan ayam kate di antaranya adalah :

Pindahkan anak ayam kate ke dalam tempat yang hangat setelah menetas

Campurkan ayam kate yang baru menetas dengan indukannya, hal ini berfungsi agar anakan mendapat kehangatan dan bisa memperoleh makanan yang tepat

Berikan pencahayaan dengan lampu 5 watt, sebagai bahan penghangat didalam kandang pada saat malam hari atau saat musim penghujan tiba

Berikan pakan setiap pagi dan sore dengan porsi sesuai umur dan kebutuhan. Pakan yang berlebihan akan menyebabkan sisa pakan yang dapat ditumbuhi jamur dan bisa berbahaya bagi kesehatan ayam kate.

Pemilihan pakan yang halus atau starter yang khusus untuk anak ayam

Pisahkan ayam kate dengan induknya jika telah menginjak usia 3 bulan.

Pemberian Makanan Ayam Kate

Pemberian pakan ayam kate sebaiknya diberikan pada pagi dan sore hari. Pemberian pakan harus melihat beberapa hal berikut, di antaranya yang pertama adalah berikan pakan ayam kate dalam satu tempat namun dengan di sekat, hal ini bertujuan agar ayam kate tidak saling berebut pakan, hal tersebut akan membuat mental psikis ayam kate menjadi jinak dan tidak terlalu liar

Kandang Ayam Kate

Untuk masalah kandang, jika memang anda memiliki lahan yang cukup luas, sebaiknya untuk harian janganlah selalu memasukan ayam kate dalam kandang. Ada baiknya ayam kate selalu di umbar, agar bisa berlatih hidup mandiri. Namun tentunya dengan perlindungan pagar. Kecuali ayam kate yang baru menetas, maka haruslah di masukan kedalam kandang karena belum memiliki stamina yang baik.

Pelatihan Keterampilan

Ayam kate adalah ayam yang unik dan dapat menguasai beberapa keterampilan. Di antaranya adalah keterampilan untuk mengingat suatu tempat, jadi jika anda ingin mencobanya, biasakan bawa ayam kate anda ke suatau tempa pada sore hari misalnya, ulangilah lima sampai 7 kali, maka di lain hari ayam kate akan menuju tempat itu dengan sendirinya pada sore hari. Selain itu ayam kate dapat melompat atau terbang sejauh 5 meter, itu merupakan jarak yang jauh untuk ukuran ayam kate, dan anda bisa melatihnya di rumah.

Semoga artikel “Cara Merawat Ayam Kate Yang Baik Dan Benar” dapat bermanfaat buat anda para pembaca setia duniahobiku.com. Perawatan yang baik dan benar akan membuat ayam kate kita tumbuh dan berkembang secara optimal.