Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengelem Body Motor Yang Retak Dan Pecah

 Cara Mengelem Body Motor Yang Retak Dan Pecah

Duniahobiku.com - Bagian sepeda motor memang tidak semuanya terbuat dari bahan keras ada juga yang terbuat dari fiber maupun plastik yang bahannya rawan sekali retak dan pecah, dan itu terletak pada bagian body motor. Kondisi tersebut bisa terjadi bila sering terkena panas matahari maupun hujan karena memang umur dari benda seperti fiber dan plastik tidak terlalu tahan lama, atau yang lebih ekstrim bisa juga karena terkena benturan, yang menyebabkan body akan pecah ataupun terbelah.

Bila sudah retak atau pecah maka sepeda motor anda tidak indah lagi untuk dilihat, nah oleh karena itu hal yang harus anda lakukan adalah memperbaikinya, agar bisa terlihat sempurna dan rapi lagi. Tapi apakah anda bisa memperbaikinya atau tidak? Untuk itu bagi anda yang memang kurang tahu bagaimana memperbaiki body motor yang retak dan pecah kami telah menyiapkan tips dan trik agar terlihat lebih bagus dan rapi lagi.

Cara memperbaiki body motor yang akan kami berikan adalah perbaikan untuk body yang hanya terbuat dari bahan fiber atau plastik saja, untuk body yang lainnya kami belum memberikan tipsnya. Tapi bisa juga bila anda mau untuk memperbaiki bahan yang terbuat dari alumunium ataupun plat, dengan catatan bahan yang digunakan berbeda dengan alat yang akan kami sampaikan saat ini, karena biasanya untuk perbaikan itu menyesuaikan dengan karakter benda yang diperbaiki. Cara Mengelem Body Motor Retak Dan Pecah :

Bahan dan alat yang akan kita gunakan untuk memperbaiki body motor yang mengalami pecah atau retak bisa anda lihat di bawah sini.

Beli lem Dextone Epoxy, alat ini adalah lem yang sangat pas untuk perbaikan body, biasanya isi di dalamnya ada dua buah. Dengan tutup yang berbeda, ada yang berwarna putih dan hitam.

lem Dextone Epoxy

Cutter (pisau yang biasanya mempunyai ujung tajam)

Ampelas secukupnya, pilih yang halus jangan yang kasar

Sedangkan untuk langkah langkah memperbaikinya langsung saja praktek dengan mengikuti langkah yang akan kami berikan.

Silakan anda kerat (beri jalur) body sepeda motor yang retak atau pecah dengan pisau cutter di hampir seluruh bagiannya, bisa dari mulai dari kanan ke kiri

Hal ini bertujuan untuk memberikan jalur atau memperlebar bagian yang retak atau pecahnya, kemudian bersihkan hasil keratannya

Selanjutnya anda siapkan lem Dextone Epoxy, lalu lakukan pencampuran pada kedua lem berbeda tersebut dengan bandingan yang seimbang

Bila campuran yang bagus biasanya menghasilkan warna abu abu, jadi walaupun banyak yang akan digunakan harus tetap seimbang

Sekarang saatnya mengisi bagian yang dikerat tadi dengan lem yang sudah anda kombinasikan

Tunggu sampai kering dan biasanya membutuhkan waktu 15 menitan bahkan bisa lebih

Bila sudah kering, sekarang tinggal penghalusan saja menggunakan ampelas, lakukan kurang lebih 5 menit

Terakhir anda tinggal mengecet ulang dengan warna yang sama.

cat body motor retak

Pengecetan tersebut bertujuan untuk mengembalikan warna yang sama dengan body sebelumnya, agar terlihat rapi kembali.

Nah sampai di sini anda sudah berhasil memperbaiki body motor yang retak dan pecah, silakan anda lakukan langkah langkah yang telah kami berikan. Selamat mencoba dan memperaktekan cara mengelem body motor yang retak dan pecah, semoga bermanfaat.