Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengawinkan Kelinci Agar Cepat Hamil

 Cara Mengawinkan Kelinci Agar Cepat Hamil

Duniahobiku.com - Cara mengawinkan kelinci agar cepat hamil adalah salah satu trik agar kelinci milik kita semakin beranak pinak. Tentunya anda akan senang jika kelinci kesayangan anda menjadi bertambah, jika anda seorang peternak tentunya semakin cepat kelinci melahirkan maka pundi-pundi tabungan anda akan semakin bertambah. Tetapi ada aturan- aturan yang mesti dipatuhi untuk urusan mengawinkan kelinci ini. Ingin tahu tips agar kelinci cepat hamil? Simak terus artikel ini dan temukan bagaimana cara mengawinkan kelinci.

Usia Kelinci Siap Kawin

Secara naluri kelinci akan kawin pada saat memasuki usia dewasa. Umur kelinci jantan dan betina yang siap kawin adalah 5-7 bulan meskipun beberapa kelinci bisa kawin dibawah usia tersebut tapi sebaiknya anda menundanya agar kelinci lebih siap secara mental. Kelinci yang memiliki umur yang cukup saat dikawinkan memiliki peluang lebih besar untuk hamil dan merawat anak-anaknya dengan baik.

Kapan Waktu Mengawinkan Kelinci

Saat akan melakukan proses perkawinan sebaiknya kelinci betina ditempatkan di kandang pejantan. Kelinci jantan perlu dominasi, dengan begitu dia bisa makin agresif kawin di daerah kekuasaannya sendiri.

Mengawinkan kelinci ini sebaiknya di pagi hari mulai dari jam 6 sampai 8 pagi. Bila tak memungkinkan maka malam hari antara jam 6 sampai 8 malam pun boleh. Perkawinan paling baik dilakukan saat cuaca sejuk dan biasanya kelinci akan kawin sendiri pada saat pagi atau malam hari.

Proses Perkawinan Kelinci

Sebelum acara kawin dimulai, tentunya keduanya butuh ritual “cumbuan”. Terlihat dari pejantan yang berputar putar mengelilingi betina. Jika kondisi kandang tak memungkinkan, sebaiknya acara kawin di luar kandang saja. Jantan dikeluarkan lebih dahulu. 15 menit kemudian baru betina yang dikeluarkan. Hal tersebut diperlukan mudah-mudahan kelinci merasa mendominasi daerahnya dahulu. Umumnya bila pejantan sudah kencing, itu pertanda ia menguasai areanya. Kemudian baru betina dikeluarkan.

Tunggu sebentar agar keduanya saling kejar beberapa saat sebelum kawin. Sebelum pejantan memulai proses kawin, seringnya si betina merunduk, dan pejantan berada di atas. Ekor kelinci betina akan naik sebagai tanda agar pejantan segera memulai ritual kawin.

Berapa Kali Harus Mengawinkan Kelinci

Sesudah perkawinan terjadi, ambil kelinci betina dari kandang jantan. Istirahatkan sekitar 15 menit untuk selanjutnya dikawinkan lagi dengan pejantan tadi. Ulangi untuk yang ketiga kali. Namun apabila di perkawinan ketiga ini kelinci betina tidak mau, maka sudahi saja. Lalu bagaimana jika perkawinan dilakukan di alam bebas? Tak perlu diistirahatkan. Biarkan keduanya kawin sendiri. Cukup 1/2 jam keduanya di alam bebas, sesudah itu dikembalikan ke kandang.

Kelinci Betina Tidak Mau Dikawinkan

Apa penyebab kelinci betina tidak mau kawin? Boleh jadi karena kelinci  lagi hamil, namun pada keadaan hamil pun kelinci mampu kawin dan hamil lagi.

Kelinci betina yang tidak mau dikawini kelinci jantan pun biasanya dapat dikarenakan sejumlah alasan selain hamil, alasan pertama yaitu si betina tak suka kelinci jantan itu. Penyelesaiannya pun mudah, yaitu dengan mengganti pejantan lain. Alasan kedua adalah si betina tak nyaman berada dalam kandang pejantan, Jalan keluarnya ialah mengawinkannya di alam bebas. Alasan lainnya yaitu si kelinci betina sedang stres. Untuk yang satu ini Anda disarankan untuk tidak mengawinkannya lebih dulu

Makanan Kelinci Agar Cepat Kawin

Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah makanan kelinci. Makanan yang baik akan membuat jantan dan betina tumbuh sehat dan tentunya sangat berpengaruh terhadap proses perkawinan. Makanan yang baik juga akan mendukung pertumbuhan kelinci betina saat hamil sehingga anak-anak yang dilahirkan normal dan sehat.

Kelinci betina yang sedang hamil akan membutuhkan makanan yang lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Anda bisa memberikan voer atau pellet kelinci sebagai makanan utama dan tambahkan beberapa sayur dan buah-buahan seperti kacang panjang, jagung muda, wortel, potongan apel, pepaya, indigofera atau daun lamtoro yang mengandung protein tinggi.

Ciri-ciri Kelinci Hamil

Jika proses perkawinan kelinci  berjalan dengan sukses  umumnya akan terdapat perubahan bentuk fisik betina yang menunjukkan ciri-ciri kelinci hamil. Berikut cara mengetahui kelinci hamil dan tanda-tanda fisik yang berubah :

Kelinci betina hamil akan memiliki perut yang makin membesar dari hari kehari.

Kelinci yang sedang hamil cenderung lebih agresif dan galak, hal ini merupakan naluri seekor ibu untuk melindungi anaknya.

Kelinci yang sedang biasanya memiliki porsi makan yang lebih dibandingkan hari-hari sebelumnya. Hal ini dilakukan karena sedang memberi asupan makanan terhadap bayi yang ada dalam perutnya

Kelinci hamil cenderung menghindar jika akan dikawinkan dengan kelinci jantan

Ciri-ciri Kelinci Hamil

Semoga artikel “Cara Mengawinkan Kelinci Agar Cepat Hamil” dapat membuat kelinci dirumah anda semakin bertambah dengan tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan, jangan lupa menyiapkan kandang untuk anak-anak kelinci anda yang akan lahir.