Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Klakson Motor Tidak bunyi Atau Suaranya Kecil

 Cara Memperbaiki Klakson Motor Tidak bunyi

Duniahobiku.com – Salah satu komponen motor ini memang penting tetapi banyak orang mengabaikan akan komponen yang satu ini, yaitu klakson. Karena pengendara motor banyak beranggapan, jika mengemudi tanpa klakson pun tidak bakalan apa-apa. Tetapi faktanya banyak kecelakaan di sebabkan karena klakson mati. anda bisa di tabrak atau menabrak.

Banyak kecelakaan terjadi karena klakson tidak berfungsi, kebanyakan pengendara di depan tidak tahu jika di belakang ada yang mau melintas. Apalagi banyak anak muda suka ugal-ugalan. Jika kecelakaan sudah terjadi baru anda menyesal. Kenapa mengabaikan komponen motor yang sepele ini.

Penyebab Klakson Tidak Bunyi

Banyak sekali pengguna motor di Indonesia yang mengabaikan akan hal klakson ini, memang klakson ini jarang rusak, karena pemakaiannya tidak terus menerus, juga komponen yang satu ini tidak termasuk komponen bergerak yang lebih berpotensi rusak. Namun pasti suatu komponen klakson yang digunakan akan mengalami kerusakan tidak berbunyi. Apa penyebab klakson tidak berbunyi atau suaranya lemah? Berikut kami akan jelaskan penyebab dan cara memperbaiki klakson tidak bunyi.

Penyebab Klakson Motor Tidak Bunyi Atau Suaranya Kecil

  1. Baut pengatur klakson kendor
  2. Kendornya baut plat metal klakson karena getaran terus menurus dari mesin motor. Jika baut kendor maka suara klakson akan melemah dan juga mati. Antara 2 metal dalam klaskon tidak menghasilkan frekwensi yang tepat.
  3. Metal kontraktor rusak atau kotor.
  4. Jika pemakaian sudah lama maka komponen ini juga akan rusak, kebanyakan kotor. Kontraktor adalah tempat terjadinya hubungan arus listrik (DC). Jika anda coba menyalakan klakson maka akan timbul percikan api dari kontraktor tersebut. Jika tidak segera di perbaiki maka akan menimbulkan kerak. Kerak ini yang mengakibatkan suara klakson lemah atau tidak bunyi sama sekali. Karena arus yang masuk terhambat.
  5. Induksi pada kawat lilitan klakson atau lilitan lemah
  6. Jika pemakaian telah lama dan jarang di bersihkan ini penyebab suaranya lemah karena lilitan sudah tua, dan lapisan pelapis kawat sudah terkelupas.
  7. Klakson mati total
  8. Bisa juga sebabkan karena kawat lilitan putus, kerusakan pada magnet, plat dan metal kontraktor yang patah. Jika begini klakson tidak bisa di perbaiki sendiri, harus dengan mengganti bagian klakson yang telah rusak.

Penyebab Klakson Motor Tidak Bunyi Atau Suaranya Kecil

Itulah penyebab klaskon motor anda mati atau suaranya lemah, nah selanjutnya kami akan membagikan tentang cara memperbaiki klakson yang mati total. Baca selengkapnya di bawah ini.

Cara Memperbaiki Klakson Motor Suara Kecil :

  • Pertama anda buka klakson dari dudukannya
  • Periksa bagian baut pengatur metal. Jika baut tersebut kendor maka atur kembali, putar baut ke arah kanan atau kiri, sampai mendapatkan posisi plat yang pas. Di saat anda menyetel baut klakson harus selalu di hubungkan dengan arus listrik dari accu.
  • Buka semua baut pengikat body klakson
  • Jika sudah terbuka, periksa bagian dari metal kontraktornya. Jika hangus atau memutih, itu tandanya kontraktor tertutup kotoran. Bersihkan menggunakan amplas halus. Jika sudah bersih pasangkan kembali klakson.
  • Kencangkan dan tutup baut pengikat klakson. Aliri dengan arus. Jika klakson belum juga berbunyi maka coba putar baut pengatur seperti langkah no 2. Posisi plat metal klakson sangat peka harus benar benar pas untuk dapat bunyi yang sesuai.

Semoga “Cara Memperbaiki Klakson Motor Tidak bunyi Atau Suaranya Kecil” dapat dimengerti dan bermanfaat buat anda semua yang saat ini sedang mencari cara memperbaiki klakson motor anda.