Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Dan Cara Merawatnya Agar Sehat

 Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot

Duniahobiku.com - Menanam buah dalam pot memang jarang dilakukan banyak orang, mungkin karena jarang atau sulit berbuah. Hal ini dapat saja terjadi karena proses penanaman dan perawatan yang dilakukan kurang baik. Sebenarnya menanam buah dalam pot merupakan cara budidaya yang unik dan cukup mudah, yang penting butuh kerajinan dan keuletan dalam merawatnya.

Tanam Buah Di Pot

Berbagai jenis tanaman dalam pot dapat tumbuh baik dan berbuah lebat jika kita memperhatikan beberapa cara penanamannya, maka disini terdapat beberapa cara terbaik penanaman tanaman buah dalam pot, antara lain:

Sediakan pot berukuran sedang atau besar sesuai dengan ukuran tanaman buah.

Masukkan pecahan batu bata pada dasar pot sebagai pengikat air dan pemberi rongga udara, selanjutnya masukkan media tanam berupa selapis ijuk atau humus atau daun-daun kering, dan juga masukkan campuran tanah sekam dan pupuk kandang.

Gali lubang pada media tanam dan tambahkan NPK kedalamnya serta aduk merata, lalu masukkan bibit kedalam tanah dan tekan tanah bagian atas hingga bibit tertanam.

Siram media tanam hingga cukup basah.

Kemudian tutup pot dengan plastik transparan untuk sementara waktu dan taruh di tempat teduh, lalu buka plastik jika telah tumbuh tunas baru.

Setelah proses penanaman yang baik, selanjutnya perlu lakukan perawatan pada tanaman buah, dengan cara:

Lakukan penyiraman pada media tanam dan tidak terkena daun agar daun tidak layu. Siram dengan air bersih secara teratur sesuai kebutuhan, dan jangan biarkan air menggenang dalam pot karena ini bisa merusak akar.

Tanaman harus diberi suplemen tambahan dengan melakukan pemupukan. Ini penting untuk perawatan, anda bisa memberikan pupuk organik, terutama sampai umur 2 tahun perlu diberikan pupuk NPK setiap 4 bulan sekali dengan cara membenamkan pupuk NPK sedalam 10 cm lalu siram. Atau anda bisa memberikan suplemen bentuk cair dengan disemprotkan minimal 2 minggu sekali.

Tanaman harus terkena cahaya matahari untuk proses fotosintesis, namun adapula jenis tanaman buah yang tidak suka cahaya matahari banyak seperti belimbing dan manggis. Buah yang suka banyak cahaya matahari seperti mangga, sirsak, kelengkeng dan ceri.

Penggemburan tanah juga perlu dilakukan agar media tanam tidak terlalu padat, yaitu dengan menggunakan sekop kecil dan jangan sampai terkena akar.

Penanganan hama dilakukan baik dengan insektisida atau dengan biopestisida menggunakan biji sirsak, daun mindi, atau daun intaran yang direndam dan airnya digunakan untuk penyemprotan hama.

Pemangkasan perlu dilakukan pada daun tua atau cabang yang mulai kering.

Usahakan agar pot selalu bersih dari gulma yang turut mengambil unsure hara

Semoga artikel “Budidaya Tanaman Buah Dalam Pot Dan Cara Merawatnya Agar Sehat” dapat bermanfaat buat anda semua. Menanam buah dalam pot jika dimulai dari sekarang maka tanpa terasa waktu berlalu dan anda dapat memetik hasil dari buah yang anda tanam.