Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakpia 25: Melihat dan Mencicipi Tradisi Dari Dekat Kuliner Khas Yogya

 Bakpia 25

Duniahobiku.com - Jika Anda melewati toko oleh-oleh yang ada di Jawa Tengah dan Jogjakarta, Anda akan menemukan baliho/neon box/spanduk/banner yang  bertuliskan BAKPIA 25 hampir di setiap toko oleh-oleh yang ada. Ini menandakan bahwa toko tersebut menjual bakpia 25 sebagai salah satu pilihan oleh-oleh. Penasaran apa saja kelebihan bakpia 25 dan dimanakah lokasinya? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik buat anda pencinta bakpia.

Bakpia Pathok 25

Nama “Bakpia 25” sudah terkenal sangat luas sehingga dapat dipastikan bahwa dimanapun bakpia ini dijual pasti akan selalu menjadi buruan. Bakpia 25 juga dikenal dengan nama bakpia pathok 25 yang telah menjadi top of mind bagi para pencari oleh-oleh yang sedang berkunjung ke Jogja dan Jawa Tengah. Bagi mereka, ada yang kurang jika pulang tanpa membawa oleh-oleh bakpia 25. Bahkan, banyak orang dari luar Jogja atau bahkan luar Jawa yang sengaja minta dikirim Bakpia 25 ketika mereka rindu dengan cita rasa bakpia yang satu ini.

Bakpia Pathok 25

Dengan nama yang sudah sedemikian terkenal dan pelanggan yang sedemikian banyak, Bakpia 25 tentu saja mengambil banyak manfaat namun sekaligus memikul tanggung jawab yang sangat besar. Banyaknya penjualan tentu saja berbanding lurus dengan banyaknya profit yang didapatkan. Namun, itu juga harus seiring dengan proses produksi yang lancar, cepat, dan tentunya tetap terjaga kualitasnya. Di balik toko-toko Bakpia 25 yang terlihat megah, ada lini produksi prima yang mampu menopang ketersediaan barang di semua outlet Bakpia 25 maupun toko-toko oleh-oleh lainnya.

Sejarah Bakpia 25

Bakpia 25 merupakan salah satu usaha kuliner yang sudah dijalankan secara turun-temurun sejak tahun 1948. Jika dihitung sejak tahun 2021 artinya usaha ini sudah berdiri sekitar 73 tahun. Usaha bakpia ini awalnya dirintis oleh Tan Aris Nio lalu diteruskan oleh anaknya yang bernama Arlen Sanjaya. Nama Bakpia Pathok 25 ini diambil dari nomor rumah Tan Aris Nio dan digunakan hingga kini. Nama ini mungkin digunakan agar mudah ditemukan dan gampang diingat.

Pabrik bakpia ini telah berkembang pesat dan telah memiliki 5 cabang yang berada di jalan AIP KS Tubun, Jalan Bhayangkara, dan Jalan Laksana Adisucipto. Salah satu keunikan dari pabrik ini adalah pengunjung bisa datang langsung ke pabrik menyaksikan proses pembuatan berlangsung.

Pabrik Bakpia Pathok

Jika Anda ingin mengunjungi rumah produksinya, silahkan berkunjung ke jl. K.S. Tubun NG I / 50, Desa Pathuk, Yogyakarta. Lokasinya berada persis dibelakang jalan Malioboro, Yogyakarta. Anda harus memasang mata dengan lebih awas karena rumah produksinya berada di sebuah gang di jalan ini, dengan tulisan kecil ’Pabrik Pembuatan Bakpia 25’. Di ujung gang ini ada sebuah rumah biasa yang didalamnya terdapat puluhan pekerja yang sibuk membuat bakpia. Jika Anda datang ke tempat ini, Anda diperkenankan untuk mencicipi bakpia yang ada di sana...GRATIS. Asik bukan? Anda dapat mencium sedapnya bau bakpia yang sedang dipanggang dan langsung mencicipinya ketika bakpia ini diangkat dari panggangan. Tapi sebaiknya tunggu dulu sampai agak hangat agar Anda lidah Anda tidak kepanasan saat mencicipinya. Di sini Anda pun dapat langsung membeli bakpia yang baru saja diangkat. Harganya sama dengan bakpia yang dipajang di toko.  Aneka pilihan rasa  yang dapat Anda nikmati adalah rasa kacang hijau, kumbu hitam, keju, coklat, dan nanas. Semua rasa itu pasti akan terasa semakin istimewa saat masih hangat.

Info pengunjung :  Rumah produksi Bakpia 25 beroperasi dari pukul 06.00 sampai 24.00.

Daftar Harga Bakpia Pathok 25

Daftar Harga Bakpia Pathok 25

Harga yang tercantum ter up date pada Juni 2021. Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi.

Daya Tahan Bakpia Pathok

Para penggemar bakpia sering mempertanyakan, bakphia pathok 25 tahan berapa lama?  Hal ini ditanyakan untuk mengetahui masa simpan bakpia pathok 25. Sebab jika daya tahannya terlalu singkat tentunya akan sulit dijadikan oleh-oleh mengingat perjalanan yang seringkali membutuhkan waktu sampai kerumah, tentunya para penikmat kuliner ingin menyantap bakpia yang masih dalam kondisi baik dan tidak berjamur. Berikut beberapa informasi yang berguna buat anda :

Bakpia yang masih panas sebaiknya dibuka terlebih dahulu agar tidak cepat rusak.

Bakpia 25 dapat bertahan sekitar 6-10 hari dengan cara penyimpanan yang benar.

Semoga artikel “Bakpia 25 : Melihat dan Mencicipi Tradisi dari Dekat Kuliner Khas Yogya” dapat bermanfaat saat anda sedang mengunjungi kota Yogya, kalau tidak sempat berkunjung kesana anda bisa pesan bakpia pathok 25 secara online, mudah bukan?