Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebab Sekring Mobil Sering Putus

 Penyebab Sekring Mobil Sering Putus

Duniahobiku.com - Masalah sekring ini memang kelihatannya sepele, sekring ini sangat penting sama seperti komponen yang lainnya dalam mobil maupun motor, kebanyakan kalau terjadi korslet akan mengakibatkan berlebihnya suplay listrik dampaknya komponen yang ada pada motor atau mobil anda bisa rusak. Pasti biaya memperbaikinya lumayan mahal.

Jika anda mengganti sekring anda harus memperhatikan jenis dan ukuran bawaan pabrik. Biasanya ada tulisan ukuran pada fuse box. Jenis relay juga harus anda perhatikan, relay harus sama ukurannya dengan sekring agar sekring dapat menopang beban penggunaan lampu dengan ukuran watt besar. Sekring pada kendaraan bermobil dapat dibedakan dari jumlah ampere pada masing-masing warna. Untuk warna tersebut ada 7 klasifikasi warna sekring dan jumlah ampere.

Penyebab sering terjadinnya sekring putus yaitu :

  1. Ketika anda dalam posisi menghidupkan lampu utama kemudian sekring putus, itu disebabkan karena kabel bermasalah korsleting.
  2. Jika anda sedang berkendara dan mendapatkan goncangan dan sekring tiba-tiba putus, itu di sebabkan karena kabel bersenggolan dengan bagian body.
  3. Ketika anda sedang menginjak rem lalu tiba-tiba sekring mati itu di sebabkan oleh lampu rem yang korsleting. Demikian juga bila anda sudah mengganti tombol dan lampu rem tetapi sering juga putus coba anda periksa kabel, kemungkinan terjadi korsleting pada kabel.
  4. Jika anda menyalakan lampu sein kemudian sekring putus, itu terjadi karena mika lampu anda dalam korslet pada kabel tuas lampu sein.
  5. Penyebab terakhir adalah pada dimmer.

Warna hijau : 30 ampere

Warna putih : 25 ampere

Warna kuning : 20 ampere

Warna biru : 15 ampere

Warna merah : 10 ampere

Warna coklat : 7.5 ampere

Warna oranye : 5 ampere

Di zaman sekarang sekring sudah banyak yang di lengkapi dengan lampu LED, jadi ketika ada kerusakan, lampu rumah sekring akan menyala sendiri. Di sanalah kerusakan berasal, sehingga dapat memudahkan anda dalam mengganti sekring.

Semoga artikel 5 Penyebab Sekring Mobil Sering Putus dapat membantu anda dalam memecahkan masalah khususnya sekring, dan semoga apa yang kami bagikan dapat berguna dan bermanfaat buat anda semua.