Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Merawat Kelinci Dengan Baik Dan Benar

 Cara Merawat Kelinci

Duniahobiku.com - Kelinci adalah jenis hewan yang aman dan tepat untuk di pelihara dan di jadikan hewan peliharaan di rumah, baik itu untuk orang dewasa atau pun bagi anak-anak, sehingga tidak sedikit orang yang memelihara kelinci sebagai teman untuk bermain, namun selain itu banyak pula orang memelihara kelinci namun tidak tahu cara perawatannya.

Cara Merawat Kelinci

Jenis hewan yang imut dan lucu ini banyak di pelihara oleh berbagai kalangan, dari mulai orang dewasa hingga anak-anak sekalipun, namun di sayangkan banyak pula orang tidak tahu bagaimana cara merawatnya, agar kelinci yang anda pelihara itu bisa tumbuh dengan sehat tentunya anda harus tahu cara merawat nya.

Cara memelihara hewan seperti kelinci ini memang terbilang gampang gampang susah, namun jika kita suka dan senang terhadap hewan kesayangan, tentunya kita juga harus senang dan semangat dalam merawatnya.

Apalagi jika anda memelihara kelinci itu bukan hanya untuk bermain dengan anak-anak, namun menjadikan kelinci itu sebagai ladang bisnis, Tentunya cara pewaratannya pun harus extra semangat, karena jangan sampai kelinci yang anda pelihara dan anda jual itu berpenyakit, karena jika itu terjadi banyak hal yang akan di rugikan, salah satunya yaitu kelinci anda tidak akan laku dan jikalau laku pun tentunya kelinci yang anda jual itu telah membawa penyakit untuk orang yang membelinya dan tentunya akan berdampak pada bisnis anda sendiri.

5 cara merawat kelinci dengan baik dan benar agar kelinci kesayangan anda sehat antara lain:

1.          Memberi makan Dengan Tepat

Makanan yang tepat jenisnya yaitu sayur sayuran seperti sawi, kangkung, ketela rambat, wortel, kol dan sebagainya, kadar air yang terdapat pada sayuran itu sangat banyak sekali sehingga kelinci yang anda pelihara tidak akan mengalami dehidrasi, dan itu artinya anda tidak harus memberikan lagi kelinci anda minum karena dari sayuran yang di makannya juga sudah cukup. Tetapi kandungan air yang berlebihan juga tidak baik karena dapat menyebabkan mencret dan diare. Kombinasi antara pellet kelinci, hay, rumput segar, dan sayuran merupakan cara yang tepat menjaga kesehatan kelinci. Untuk kelinci dibawah 2 bulan sebaiknya lebih baik diberikan pakan pellet, rumput dan hay mengingat daya tahan tubuhnya belum begitu sempurna.

2.          Membersihkan Kandang Kelinci Secara Teratur

Kandang harus tetap bersih karena sebagian besar penyakit penyakit itu datangnya dari kandang itu sendiri, karena di dalam kandang itu banyak terdapat kotoran sehingga banyak mengundang berbagai jenis penyakit, sehingga agar kelinci anda tetap sehat, kandang harus tepat terjaga kebersihannya, bila perlu setiap hari di bersihkan. Semakin banyak kelinci yang anda miliki maka sebaiknya semakin sering anda membersihkan kandang.

3.          Jangan Suka Dipegang

Kebanyakan kelinci itu di pegang karena menggemaskan, namun untuk menjaga virus yang terdapat pada kita nempel dan pindah pada kelinci kita sebaiknya jangan terlalu banyak memegangnya, dan kalau pun dipegang sebaiknya tangan kita dalam keadaan bersih dan bebas dari bakteri yang akan menempel pada kelinci peliharaan kita itu.

4.          Pelihara Kelinci harus lebih dari satu

Jika anda memelihara kelinci sebaiknya lebih dari satu agar kelinci mempunyai teman untuk bermain, karena biasanya jika mempunyai kelinci satu saja biasanya kelinci akan strees dan mati sehingga di sarankan memelihara kelinci itu mesti lebih dari satu.

5.          Memandikan Kelinci Secara Rutin

Kelinci yang dimandikan secara teratur akan memiliki bulu yang bersih dan sehat. Kelinci yang bisa dimandikan sebaiknya berumur minimal 5 -6 bulan meskipun ada juga yang memandikannya dibawah umur 5 bulan. Tapi sebaiknya jangan memandikannya pada saat berusia 1-3 bulan.

Semoga 5 Cara Merawat Kelinci dengan Baik dan Benar dapat bermanfaat buat anda para penggemar kelinci dan anda tidak kebingungan dalam merawat kelinci kesayangan anda.