Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Mengemudi Hemat BBM Sebaiknya Anda Lakukan

 12 Tips Mengemudi Hemat BBM Sebaiknya Anda Lakukan

Duniahobiku.com Biaya hidup di perkotaan makin hari makin terasa berat, bensin premium yang dulunya masih bisa digunakan akhirnya tergantikan dengan jenis pertalite yang memiliki harga yang lebih tinggi. Itu artinya pengeluaran anda dalam membeli BBM akan bertambah. Daripada mengeluh, ada beberapa tips menarik yang akan dapat membantu anda dalam menghemat pemakaian BBM yang bisa anda terapkan.

BBM merupakan salah satu bagian penting dalam berkendara baik itu menggunakan motor maupun mobil, tanpa BBM kita tidak mungkin menjalankan mesin kendaraan. Jika anda menggunakan kendaraan dengan asal-asalan maka komsumsi BBM akan semakin meningkat dibandingkan standar normal. Perlu pengetahuan cara membawa mobil agar irit bahan bakar agar anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dalam membeli BBM. Berikut beberapa tips mengemudi hemat BBM yang bisa anda terapkan:

  1. Selalu perhatikan tekanan angin ban, pastikan sesuai dengan standar mobil anda. Tekanan angin yang kurang akan membuat mobil berjalan lebih berat.
  2. Lakukan spooring secara berkala supaya keselarasan roda mobil anda selalu terjaga.
  3. Jangan melakukan akselerasi mendadak, apalagi dengan menekan habis pedal gas.
  4. Perhatikan penggunaan gigi persneling, pastikan sesuai dengan kondisi jalan dan kecepatan. Jangan percaya mitos bahwa menggunakan gigi tinggi dengan sesegera mungkin akan mengirit BBM. Yang terjadi adalah mesin anda akan berputar lebih berat dan membutuhkan BBM lebih banyak. Sebagai contoh anda berkendara dengan kecepatan hanya 40 km/h tetapi menggunakan gigi 4, sudah pasti mesin akan berputar berat dan bergetar.
  5. Perhatikan di rpm berapa torsi maksimum mesin tercapai (bisa dilihat pada buku petunjuk penggunaan mobil anda atau bila sudah tidak ada, anda bisa mencarinya di internet). Dengan mengetahui hal ini maka anda akan bisa melakukan perpindahan gigi dengan tepat.
  6. Jangan berkendara di kecepatan tinggi dengan kaca terbuka, angin yang masuk akan tertahan di kaca belakang dan membuat efek menahan pada mobil.
  7. Segera matikan mesin bila anda berhenti untuk parkir atau menunggu. Mematikan mesin saat anda sedang melakukan perjalanan yang jauh merupakan solusi yang tepat. Selain membuat tubuh istirahat sejenak juga dapat menurunkan panas mesin yang berlebihan.
  8. Jangan mudah terpancing emosi bila ada pengendara lain yang memprovokasi anda untuk mengebut karena hanya akan memboroskan BBM.
  9. Perhatikan rute yang akan dilalui dan siapkan jalur alternatif apabila rute utama anda sedang dilanda kemacetan. Ingat, saat macet parah, konsumsi BBM mobil anda bisa berkisar di angka 1 liter untuk 2 kilometer atau bahkan 1 liter untuk 0 kilometer. Boros bukan? Dan ini berlaku untuk mesin dengan kapasitas yang paling kecil sekalipun.
  10. Gunakan efek pengereman mesin untuk membantu menghentikan mobil. Pada mobil-mobil yang menggunakan sistem komputer, pasokan BBM akan dihentikan begitu anda melakukan pengereman mesin.
  11. Biasakan untuk tidak membawa benda-benda yang tidak perlu di mobil anda. Terkadang banyak orang memperlakukan mobilnya bagaikan lemari berjalan. Makin tinggi beban yang dipikul maka makin besar pula BBM yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil.
  12. Satu hal yang perlu anda ketahui, setiap mesin mobil walau berkapasitas besar sekalipun akan dapat mencapai tingkat efisiensi BBM yang optimal sepanjang anda paham dan kenal dengan karakter mesin mobil itu. Hanya saja tingkat efisiensi optimal yang akan didapatkan selalu berbeda, misalnya mesin dengan kapasitas 3.000 CC sudah pasti berbeda dengan mesin 1.500 CC.

Hal lain yang seringkali menyesatkan adalah mitos tentang mesin berkapasitas kecil selalu lebih irit, teori yang satu ini erat hubungannya dengan power to weight ratio. Ambil contoh, sebuah mobil dengan tipe sama dan bobot lebih kurang sama, tetapi yang satu bermesin 3.000 CC dan yang satu lagi 2.300 CC, alih-alih lebih irit, malah bisa jadi lebih boros atau mungkin memiliki konsumsi BBM yang sama. Kenapa? Karena si mesin dengan tenaga yang lebih kecil itu diharuskan menarik beban yang sama beratnya. Akibatnya BBM pun menjadi boros.

Semoga “12 Tips Mengemudi Hemat BBM Sebaiknya Anda Lakukan” diatas dapat membantu menekan biaya pengeluaran anda dalam membeli BBM, penghematan tersebut bisa dialokasikan untuk keperluan lain yang lebih mendesak.