Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

 Apel

Duniahobiku.com - Apakah anda menyukai buah apel? Apel merupakan salah satu buah tersohor di negara kita ini. Apel dipercaya mampu menjaga kesehatan kita dan ampuh juga digunakan untuk diet. Ada banyak jenis apel yang bisa dikomsumsi dan semuanya memiliki manfaat yang sangat baik jika dikomsumsi secara rutin. Ingin tahu apa saja manfaat buah apel untuk kesehatan? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik tentang apel.

Jenis apel yang diperdagangkan dipasaran sangat beragam dan dapat kita pilih sesuai selera. Di toko buah atau pasar kita dapat menemukan jenis apel seperti apel hijau, apel manalagi, apel putsa, apel Washington,apel royal gala, apel envy, apel Fuji premium, apel rockit, apel rome beauty dan lain-lain. Harga setiap jenis apel berbeda-beda tergantung dari jenis apel dan kualitasnya. Apel-apel yang disebutkan diatas ternyata memiliki berbagai manfaat yang mungkin selama ini tidak diketahui. Berikut berbagai manfaat apel untuk kesehatan:

Manfaat Apel Untuk Diet

Manfaat apel untuk diet adalah salah satu manfaat yang paling terkenal sejagad raya. Karena kandungan serat yang tinggi pada apel mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama pada lambung kita. Selain serat, kandungan nutrisi dan vitamin lainnya juga sangat baik untuk kesehatan kita. Entah untuk wajah, kulit maupun pencernaan, manfaat buah buahan bagi kesehatan sangatlah banyak.

Kandungan Buah Apel dan Manfaatnya

Dalam 100 gram buah apel, kandungan nutrisi yang dimiliki sangatlah banyak yaitu 5g kalori, 0.3g zat besi, 6g kalsium, 0.4g lemak, 90g vitamin A, 5g vitamin C, protein 0.3g, dan air 84.1g serta nutrisi yang lainnya.

Manfaat buah apel bagi kesehatan:

1.          Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan didalam apel merah yang disebut dengan quercetin mampu membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama pikiran kita. Sehingga kita tidak akan mudah terserang penyakit.

2.          Mencegah Diabetes

Senyawa fenolik pada bagian kult apel mempunyai fungsi sebagai penangkal penyakit diabetes. Oleh karena itu, kita dianjurkan memakan buah satu ini tanpa harus mengupas kulitnya ketika masih segar.

3.          Mengurangi Resiko Serangan Kanker

Manfaat buah apel bagi kesehatan selanjutnya yaitu untuk mencegah serangan kanker. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan flavonoid pada apel yang mampu menangkal berbagai jenis serangan kanker pada tubuh.

4.          Mencegah Dehidrasi

Buah apel dapat mencegah kekurangan cairan tubuh. Karena 85% buah apel terdiri dari kandungan air. Dengan mengkonsumsi buah ini, anda dapat terhindar dari dehidrasi.

5.          Mencegah Diare dan Sembelit

Apel juga mampu mencegah penyakit pencernaan seperti sembelit dan diare. Ini semua dikarenakan kandungan serat yang tinggi pada buah apel mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Saluran pencernaan yang lancar dapat membuat kita memiliki berat badan ideal dan baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6.          Penglihatan yang Lebih Jernih

Kandungan vitamin A dan antioksidan pada apel sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit katarak. Jika kita mengkonsumsinya setiap hari, apel akan mampu untuk membuat penglihatan kita menjadi lebih jelas dan jernih.

7.          Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jika kita mengkonsumsi apel minimal 2 kali sehari akan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada tubuh kita sebanyak 16%. Menjaga tekanan darah agar tetap normal akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit berbahaya.

8.          Menjaga Kesehatan Gigi

Bagi para penggemar rasa manis dan penikmat rokok, apel merah sangat direkomendasikan untuk kita konsumsi. Karena asam alami, senyawa astrigen dan serat akan emmbuat buah apel menjadi makanan yang ideal untuk membersihkan dan memutihkan gigi dan gigi yang keropos.

9.          Manfaat Apel Untuk Wajah

Apel bukan hanya baik untuk diet dan mencegah berbagai penyakit, kandungan apel ternyata juga baik untuk perawatan wajah. Mengkomsumsi apel secara rutin dapat membuat kulit wajah makin bersih dan segar mengingat berbagai kandungan vitamin yang terdapat dalam buah apel. Rajin memakan buah apel terutama apel hijau juga dapat membersihkan kulit wajah dari jerawat, noda dan flek-flek hitam pada wajah. Selain dikomsumsi secara langsung apel juga bisa digunakan sebagai krim untuk wajah dengan cara blender setengah buah apel kemudian campur dengan krim susu untuk wajah kemudian oleskan pada wajah 2 x seminggu dan anda akan merasakan hasilnya.

10.    Manfaat Apel Untuk Ibu Hamil

Beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan ternyata apel juga baik dikomsumsi oleh ibu hamil karena kandungan apel dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga sang ibu memiliki daya tahan tubuh yang baik. Selain dengan rutin mengkomsumsi apel akan mengurangi resiko anak yang akan lahir menjadi cacat. Bagi sang ibu yang sering mengalami kram pada kaki pada saat hamil dapat meminum jus apel untuk mencegah kram pada kaki.

Semoga artikel “10 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan” dapat menambah pengetahuan anda tentang berbagai manfaat buah apel yang mungkin selama ini tidak diketahui.