Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Hewan Langka Di Dunia Mungkin Anda Belum Tahu

 Hewan Langka di Dunia

Duniahobiku.com - Ada sekitar 10 jenis hewan langka di dunia yang keberadaannya sudah ada di ambang kepunahan, untuk itu kita sebagai mahluk sosial, jangan sampai hewan-hewan yang terdapat di bumi ini kita biarkan lenyap begitu saja, dan ada banyak cara untuk kita menjaga dan memelihara hewan-hewan tersebut agar tidak punah,  yaitu dengan menjaga hutan dan habitat asli mereka. Mungkin anda penasaran dengan nama-nama hewan langka tersebut. Simak terus artikel ini untuk menambah wawasan dan kepedulian anda terhadap lingkungan.

Hewan liar dan langka dilindungi oleh setiap negara untuk menjamin keberadaan binatang langka tersebut dialam liar. Berikut beberapa hewan terlangka didunia yang dirangkum oleh Duniahobiku.com :

1. Saola (Pseudoryx nghetinhensis)

Hewan ini adalah jenis hewan yang menyerupai seperti kambing, dan hewan ini banyak hidup di daerah Laos dan Vietnam. Hewan yang satu ini memang mirip sekali dengan kambing, namun yang membedakan nya yaitu dari ukuran tanduknya, jika kambing mempunyai tanduk yang besar dan rata-rata pendek, nah kalau saloa mempunyai tanduk yang kecil, panjang dan runcing. Bayangkan saja jumlahnya diperkirakan hanya sekitar 70-750 ekor menurut  IUCN  dan ada sekitar 100 ekor yang hidup dikawasan hutan lindung.

Saola

2. Dugong

Dugong adalah sejenis hewan laut yang sudah di kategorikan sebagai hewan laut paling langka di dunia. Jenis hewan laut ini mempunyai ciri di tubuhnya terdapat warna abu-abu, ukuran tubuhnya panjang, kalau di lihat sekilas, hewan ini terlihat seperti lumba-lumba, selain di kategorikan sebagai hewan langka, hewan laut yang satu ini di sebut juga dengan sebutan hewan paling aneh di dunia. Menurut data diperkirakan hanya tinggal sekitar 1000 ekor yang ada di Indonesia.

Dugong

Dugong dapat ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis indopasifik dan umumnya hidup di padang lamun, hewan ini bisa kita jumpai juga di perairan Raja Ampat.

3. Addax (Addax nasomaculatus)

Hewan yang hidup di gurun Sahara ini juga masuk pada jenis hewan langka di dunia. Bentuk dari hewan ini terlihat seperti kijang namun yang membedakan nya yaitu dari tanduk nya yang melengkung. Dihabitat aslinya jumlah Addax diperkirakan hanya sekitar 100 ekor. Hewan terancam punah ini semakin sulit ditemui dialam liar.

Addax

4. Monito del Monte

Selain langka, hewan ini juga adalah jenis hewan paling unik di dunia, Jenis hewan ini terlihat seperti tikus namun hewan ini biasa bermain dan hidup di pohon-pohon yang banyak buahnya karena hewan ini biasa memakan buah-buahan.

Monito del Monte

5. Baiji

Hewan langka selanjut nya yaitu baiji, baiji adalah jenis lumba-lumba yang hidup di perairan Yangtze China. Hewan paling langka dan dipercaya oleh masyarakat sebagai salah satu dewa penunggu sungai Yangtze dan disebut dewi Yangtze ini nyaris tidak terlihat lagi dialam liar.  Terakhir kali baiji terlihat berenang disungai Yangtze pada tahun 2004 setelah itu keberadaannya seperti hilang ditelan bumi.

Baiji

6. Olm

Hewan ini adalah jenis hewan langka yang hidup di daerah Eropa Barat dan hewan ini biasa menghuni goa-goa di sana, hewan yang bentuknya seperti kadal dan karena hewan ini tidak bisa melihat, sehingga indra penciuman dan pendengarannya sangat tajam sekali.

Olm

7. Hiu berjumbai

Hewan laut yang satu ini adalah jenis hewan purba yang masih hidup hingga sekarang, namun yang menghawatirkan, hewan ini sudah menjadi hewan paling langka di dunia.

Hiu berjumbai

8. Kelelawar Bumblebee

Ukuran dari hewan ini tidak lebih dari 1 inchi dan yang unik dari hewan ini yaitu mempunyai mulut moncong seperti babi. Kelelawar bumblebee termasuk dalam beberapa hewan terkecil didunia.

Kelelawar Bumblebee

9. kakapo

Hewan yang hidup di Selandia Baru ini adalah jenis kakatua yang sangat langka di dunia, meskipun namanya seperti burung kakatua, tapi hewan yang satu ini tidak bisa terbang seperti burung pada umumnya.

kakapo

10. Solenedon

Hewan yang mempunyai sisik pada moncong nya ini adalah sejenis tikus namun hewan ini termasuk pada hewan yang sangat berbahaya karena hewan ini mempunyai bisa atau racun yang mematikan.

Solenedon

Semoga 10 Jenis Hewan Langka di Dunia Mungkin Anda belum Tahu dapat bermanfaat  dan memberi informasi mengenai hewan-hewan yang keberadaanya semakin hari semakin sulit ditemukan di habitat aslinya.