Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Pantai Lombok : Surga Nusa Tenggara Barat

 Wisata Pantai Lombok : Surga Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok memiliki keindahan pantainya yang sudah dikenal hingga ke Benua Eropa. Keindahan objek wisata di pulau ini menurut para wisatawan bahkan lebih indah dari tempat wisata yang berada di Bali. Pesona objek wisata pantai di pulau Lombok memang tidak ada habisnya. Penasaran apa saja wisata pantai Lombok yang menjadi surga bagi warga NTB? Ikuti terus artikel ini dan temukan berbagai objek wisata di Lombok dan sekitarnya yang akan membuat anda tidak sabar mengunjunginya.

Bumi Gora, Nusa Tenggara Barat (NTB) adalah provinsi yang memiliki dua pulau yang indah dan memukau mata dunia yaitu Lombok dan Sumbawa. Jika anda pernah berwisata kesana tentunya anda akan mengatakan bahwa Lombok lebih indah, eksotik dan menawarkan lebih banyak pilihan tempat wisata dibandingkan Sumbawa, walaupun begitu Sumbawa juga menawarkan berbagai destinasi wisata yang tidak kalah menarik.

Beragam tempat wisata dan atraksi budaya dapat anda nikmati. Wisatawan tinggal pilih, apakah ingin berwisata sejarah, wisata pantai ataupun wisata belanja. Pilihan yang beragam menjadikan pulau ini menjadi magnet tersendiri bagi para pelancong yang ingin menikmati nuansa wisata yang berbeda. Terutama pulau Gili. Pulau kecil yang menjadi primadona bagi pecinta wisata bahari.

Disana juga terdapat pantai Senggigi yang sudah tersohor luas. Pantai Senggigi merupakan salah satu wisata andalan Nusa Tenggara Barat. Letaknya sangat strategis hanya butuh perjalanan sekitar 15 menit dari kota Mataram dengan menggunakan mobil. Kawasan pantai Senggigi sejak tahun 1980 sudah diperkenalkan kepada wisata sebagai salah satu destinasi wisata di NTB. Saat ini puluhan hotel mulai dari kelas bintang 3 sampai 5 memadati kawasan ini dari selatan hingga utara. Jadi anda tidak perlu khawatir tentang dimana harus menginap.

Cidomo
Cidomo

Hampir setiap hari wisata pantai Lombok tidak pernah sepi dari pengunjung baik wisatawan lokal maupun asing, terutama di Trio Gili. Disini kendaraan bermotor dilarang masuk demi menjaga kesegaran udara disekitar pulau. Kendaraan yang tersedia di 3 gili ini antara lain sepeda, cidomo (kereta kuda) dan menggunakan sepatu/sandal (atau bahasa gaulnya “jalan kaki” JJ). Akses untuk menuju ke pulau ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit jika anda dari pantai Senggigi dan kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu dari bangsal menuju pulau gili.

Pulau Gili
Pulau Gili

Destinasi dipulau gili ini indah dan menarik untuk dikunjungi. Keindahannya yang begitu mempesona membuat banyak turis asing datang berkunjung untuk menghabiskan waktu libur mereka di tiga pulau tersebut. Bagi sebagian wisatawan lokal memang tidak mudah untuk berkunjung kesana, selain biayanya cukup mahal bisa dikatakan pulau Lombok merupakan tempat wisata alam kelas elit.

Seperti halnya pulau Bali yang terkenal akan pantai Kuta, begitu pula di pulau Lombok juga terdapat pantai yang memiliki nama yang sama pantai Kuta Lombok yang menawarkan pesona pantai indah. Pantai ini terletak di desa Kuta yang memiliki hamparan pasir putih dipinggir pantainya. Desa ini juga sudah menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menarik di pulau Lombok sejak banyak didirikan hotel-hotel baru. Selain alamnya yang indah di desa ini setiap tahunnya diadakan upacara sasak.

Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok

Sebuah danau yang indah juga terbentuk di kaldera gunung Rinjani dengan ketinggian sekitar 3775 m diatas permukaan laut. Danau ini dikenal sebagai danau Segara Anak. Pemandangan di danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung dan mendakinya. Danau ini luasnya 1100 hektar dengan kedalaman sekitar 230 m. Topografinya 2010 m diatas permukaan air laut. Ikannya banyak sehingga banyak orang yang datang bukan hanya sekedar menyaksikan keindahan alamnya tetapi juga sekaligus memancing.

danau segara anak

Terdapat pula bukit Malimbu dikawasan pantai Senggigi. Bukit ini sudah menjadi lokasi favorit para wisatawan yang ingin mengabadikan perjalanan mereka ke pulau Lombok. Di ujung bukitnya terdapat dua buah pohon kelapa yang letaknya sejajar yang bisa dijadikan background foto yang menarik. Disekitar sini juga terdapat banyak pedagang yang menjual berbagai souvenir berupa mutiara. Akan terasa belum lengkap jika ke Lombok belum mampir di bukit Malimbu.

Bukit Malimbu
Bukit Malimbu

Selain bukit Malimbu ada juga pantai Surga. Pantai ini terkenal karena mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Pantai ini juga bersih dan memiliki pasir putih. Tidak heran jika pantai ini diberi nama pantai Surge. Bagi anda yang suka dengan olahraga surfing, pantai ini bisa menjadi salah satu pilihan bermain dengan ombak. Selain pantai Surge terdapat juga sejumlah pantai yang berada diwilayah selatan yang juga tidak kalah cantik seperti pantai heaven on planet, Kaliantan, Cemara, teluk Ekas dengan daya tarik utamanya adalah budidaya perikanan laut yang biasa disebut kawasan gili indah.

Salah satu pantai yang yang cukup unik adalah pantai pasir pink Lombok. Seperti namanya pasir pantai ini tidak berwarna hitam atau putih melainkan berwarna pink. Diseluruh dunia cuma ada beberapa pantai yang memiliki pasir berwarna pink salah satunya ada dipulau Lombok. Tepatnya di desa Sekaroh kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur - Nusa Tenggara Barat.

Pantai Pasir Pink
Pantai Pasir Pink

Selain pulau Lombok, pulau Sumbawa juga memiliki destinasi yang indah dan masih termasuk dalam wilayah Nusa Tenggara Barat. Salah satu wisata sejarah yang dapat anda jumpai di pulau ini adalah Istana Tua Dalam Loka yang terlihat sangat megah. Istana ini didirikan pada tahun 1885 dan tercatat sebagai rumah panggung terbesar di dunia. Terletak dijantung kota Sumbawa Besar sehingga tidak sulit untuk menuju kesana. Istana ini memiliki luas bangunan 904 meter persegi. Istana Tua Dalam Loka dibangun pada era Sultan Muhammad Syah III (1883 – 1931) yang merupakan sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa. Sultan ini dikukuhkan sebagai penguasa Sumbawa berdasarkan Akte Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda tanggal 18 Oktober 1883.

Istana Dalam Loka
Istana Dalam Loka

Replika Istana Dalam Loka TMII
Replika Istana Dalam Loka TMII

Salah satu yang menarik dari Istana Tua Dalam Loka adalah bahan baku pembangunan istana yang sebagian besar didatangkan dari pelosok desa di sekitar istana. Kayu jati berukuran besar berasal dari hutan jati sedangkan atapnya yang terbuat dari seng berasal dari Singapura. Bangunan Istana kini digunakan sebagai Museum Daerah Sumbawa yang sarat akan pesan filosofis dan merupakan landmark kota Sumbawa Besar.

Pariwisata Nusa Tenggara Barat memang menyimpan banyak potensi yang menarik untuk dikembangkan bukan hanya wisata pantai Lombok yang menawarkan pemandangan indah di Lombok tetapi juga wisata sejarah dan budaya yang makin membuat kita mengenal tentang bumi pertiwi.