Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Kucing Yang Sehat Sebagai Teman Dirumah

 Tips Membeli Kucing Yang Sehat Sebagai Teman Dirumah

Duniahobiku.com - Pada saat kita ingin membeli kucing atau anak kucing maka yang pertama kita lihat adalah kesehatan kucing tersebut. Bagaimana menentukan kucing yang ingin kita beli sehat atau tidak? Ada cara atau tips-tips yang harus diperhatikan saat membeli kucing dan menentukan apakah kucing tersebut sehat atau tidak, berikut caranya :

Riwayat Kucing

Tanyakan kepada penjual tentang nafsu makan kucing tersebut dan jenis makanan yang biasa diberikan. Pancinglah kucing tersebut dengan makanan tadi.

Tanyakan juga tentang riwayat vaksinasi kucing, sudah lengkap atau belum kemudian mintalah bukti buku vaksinasinya. Kucing dengan riwayat vaksinasi yang lengkap akan lebih tahan dari serangan penyakit.

Kondisi Fisik Kucing

Perhatikan mata kucing, apakah ada kotoran, cacing, benjolan atau keluar cairan terus-menerus dari mata kucing yang akan anda beli. Mata kucing yang sehat akan nampak jernih dan bersih serta memiliki respon repleks mata yang bagus.

Perhatikan dan peganglah bulu kucing sambil meraba bagian tubuh kucing terutama bagian kelenjar-kelenjar pertahanan didaerah pangkal kaki (ketiak), perut, dada, pastikan tidak ada perubahan di daerah tersebut. Kemudian periksa secara seksama pada setiap bagian bulu kucing apakah terdapat kutu, kudis, kurap, bulu kusam, bulu berdiri, juga perhatikan apakah kucing sering mengaruk-garuk tubuhnya ataukah banyak bulu yang rontok sewaktu kita pegang. Bulu kucing yang sehat akan nampak mengkilap dan tidak kusut serta bebas dari parasit seperti kutu, demodex atau sarcoptes scabei.

Kondisi Fisik Kucing

Perhatikan juga keempat kaki kucing tentang keproposionalan kaki, bentuk tulang yang simetris, kaki menapak dengan dengan kuat dan kaki kucing tidak pincang. Ujilah dengan mengajak kucing berjalan, lalu perhatikan.

Perhatikan juga daerah anus kucing, apakah nampak bekas diare atau tidak, lalu perhatikan kandang anjing tersebut apakah nampak cairan bekas lendir diare atau tidak.

Periksalah telinga kucing yang akan kita beli. Telinga kucing yang sehat akan nampak bersih dan tidak ada cairan didalam saluran telinga kucing tersebut. Jika ada cairan maka bisa jadi kucing tersebut terinfeksi otitis interna atau media. Jika anda tidak membawa termometer untuk mengukur suhu tubuh, maka peganglah daerah pangkal telinga kucing dan rasakan, apakah panas atau tidak. Jika panas terlalu tinggi maka kucing tersebut demam. Saran saya jangan dibeli.

Periksa juga hidung kucing. Hidung kucing yang sehat terlihat berwarna rose dan agak lembab. Jika kucing sakit terutama demam dan flu maka hidung akan nampak hiperemi (kemerahan). Untuk mengetahui kucing demam atau tidak, kita juga bisa merasakan hembusan nafas kucing, Jika hembusan yang kita rasakan panas maka kucing tersebut demam. Memang untuk mengetahui demam pada kucing melalui pangkal telinga dan nafas memerlukan latihan untuk melatih kepekaan tangan kita.

Perhatikan juga irama nafas kucing, nafas kucing yang sehat akan teratur dan tidak tersengal-sengal.

Dan yang terakhir tanyakan kepada penjual kucing tentang sakit yang pernah diderita oleh kucing itu, serta kapan terakhir kucing diberikan obat cacing. Jika kucing pernah menderita penyakit scabies maka saya sarankan jangan dibeli karena kemungkinan untuk kambuh lagi sangat besar dan pengobatan yang selanjutnya akan membutuhkan dosis yang lebih besar dan resikonya lagi, obat yang akan diberikan tersebut dalam dosis yang besar akan berdampak negatif pada kucing.

Tingkah Laku Kucing

Perhatikan juga perilaku kucing apakah terlihat lemas, tidak bergairah, tidak mau bergerak dsb. Kucing yang sehat biasanya nampak lincah dan ceria. Kucing yang terlihat lemas dan kusam bisa saja sedang sakit.

Semoga “Tips Membeli Kucing Yang Sehat” diatas dapat membantu anda saat akan “meminang” kucing yang anda sukai dan akan menjadi sahabat anda dirumah.