Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Dan Trik Mancing Ikan Mas Di Spot Favorit Anda

 Tips  Dan Trik Mancing Ikan Mas

Duniahobiku.com - Ikan mas (Cyprinus carpio) pertama kali di datangkan ke indonesia berasal dari Cina, Jepang, Eropa, Taiwan. Di Indonesia ikan mas mempunyai sebutan yang berbeda beda yaitu ; kancra, tikeu, tombro, raja, rayo, rameh. Setiap pemancing tentunya memiliki teknik mancing tersendiri untuk mendapatkan strike. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa anda peroleh berdasarkan pengalaman pribadi.

Ada banyak jenis ikan mas di Indonesia tapi bagi pemancing itu bukanlah hal yang penting , he he lebih penting strike! Jadi langsung saja kita melihat beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan ditempat anda.

Umpan Ikan Mas

Sebetulnya ikan mas bukan ikan manja, makan juga gak rewel, yang membuat rewel adalah kita sendiri sebagai mancing mania, umpan untuk ikan mas memang terbilang mewah di bandingkan dengan umpan-umpan ikan yang lain bahkan kalau di Jawa Barat umpannya sungguh istimewa telor bebek, ikan siap saji kalengan, kroto, susu, dan lain sebagainya, kalau ikan sudah terbiasa makan seperti itu tentu di beri makan biasa saja akan sulit untuk di sambar, gak salah juga sih memang di lomba-lomba mancing semua ingin menang tentu apapun di lakukan termasuk pakai umpan yang mahal.

Umpan Ikan Mas

Yang perlu kita sadari bahwa ikan mas di peternaknya sendiri tidak diberi makan segitunya jadi mereka setiap hari diberi pelet ,jadi tidak usah kuatir kalau mancing pakai pelet, kemungkinan di sambar juga tergantung keberuntungan. Saya pernah juga mancing ikan mas pakai nasi tapi tetap di sambar juga, pernah pakai tempe juga di sambar, bahkan jagung muda juga di makan.

Intinya apapun umpan yang ingin kita gunakan buat mancing tidak jadi masalah tinggal kita pelajari kebiasaan ikan makanya apa? Kalau masih bingung soal umpan silahkan baca disini

Ukuran diameter senar pancing ikan Mas

Gunakan joran sama reel, pakai joran tegek juga tidak apa apa. Jika  menggunakan reel sesuaikan ukuran kenur dengan reel serta joran, karena kalau tidak seimbang di saat kita melempar umpan ke spot tidak maksimal, tidak bisa jauh, ada yamg lebih suka pakai kenur yang relatif kecil biar daya lempar bisa jauh, karena di tempat mancing untuk ikan mas kolamnya besar-besar. Anda dapat melempar dimana ada gelembung-gelembung yang menandakan posisi ikan berada.

Ukuran diameter senar pancing ikan Mas

Rangkaian Pancing Ikan Mas

Bisa pakai glosoran atau pakai pelampung tergantung kenyaman anda, kalau pakai glosoran harus lebih peka dengan getaran yang di timbulkan ikan, kalau kurang peka pakai sistem pelampung, yang perlu diingat kadang-kadang ikan mas memakan umpan secara halus tidak ada getaran tahu tahu umpan sudah habis, jadi anda harus peka dengan perilaku ikan dan itu hanya bisa didapat dengan berkali kali anda mencoba. Kail untuk mancing jangan terlalu kecil karena meskipun strike kemungkinanya moncel, kalau mancing kolam kiloan dan ikan sudah menguras dompet tapi masih ingin mancing ,kail di ganti dengan ukuran untuk mancing wader hasilnya pas kalau ikan mau di angkat akan moncel

Rangkaian Pancing Ikan Mas

Semoga artikel “Tips Dan Trik Mancing Ikan Mas Di Spot Favorit Anda” dapat menambah wawasan anda tentang cara memancing ikan mas, baik dikolam pemancingan, sungai, danau dan empang.