Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Pengusir Nyamuk Didalam Kamar Anti DBD

 Tanaman Pengusir Nyamuk Didalam Kamar Anti DBD

Duniahobiku.com – Nguing…Nguing...bunyi itu kadang mengganggu saat kita sedang bersantai didalam kamar. Nyamuk bukan hanya berdengung ditelinga kita tetapi juga ikut menghisap darah dan parahnya kadang membawa bibit penyakit yang cukup berbahaya. Cara mudah sih tinggal semprot dengan obat anti nyamuk, sangat praktis atau membakar obat anti nyamuk meskipun asapnya kadang mengganggu pernafasan. Namun pemakaian bahan kimia dalam jangka panjang bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Padahal ada cara alami yang cukup efektif dan aman yaitu dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk yang anda tempatkan dalam kamar. Ingin tahu tanaman apa saja yang bisa anda taruh didalam kamar? Simak terus artikel ini dan temukan solusi mengusir nyamuk secara natural.

Saat ini kondisi cuaca hampir tidak dapat diprediksi.Terkadang panas terik tidak lama kemudian hujan deras turun membasahi bumi. Perubahan cuaca yang drastis ini mengundang munculnya berbagai macam penyakit terutama demam berdarah (DBD).

Demam Berdarah dan Program Pemerintah

Setiap tahun jumlah penderita peyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti ini terus mengalami peningkatan.Virus dengue yang ditularkan dapat menimbulkan gejala awal berupa demam tinggi yang disertai dengan perut mual dan kepala pusing disamping itu biasanya ditandai dengan bintik-bintik merah pada kulit. Jika tidak cepat ditangani penderita DBD beresiko menyebabkan kematian.

Pemerintah telah mengeluarkan berbagai himbauan tentang cara mencegah penyakit DBD. Salah satunya adalah program Menguras, Menutup, dan Mengubur (3M) dan cara ini telah lama digalakkan oleh pemerintah. Kurangnya kesadaran masyarakat akan program ini menyebabkan angka penderita DBD tidak menunjukkan penurunan yang signifikan.

Selain menjalankan program 3M, tindakan fogging juga kerap dilakukan untuk membunuh sarang nyamuk sekaligus jentik-jentiknya juga bertujuan mengurangi ledakan penyakit DBD pada suatu daerah / lokasi. Namun cara itu tergolong berbahaya sebab asap yang disemprotkan mengandung senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Maka sebisa mungkin, cara ini diminimalisir.

Sebenarnya menerapkan pola hidup bersih adalah kunci utama dalam mencegah berbagai penyakit termasuk DBD. Bersihkan rumah dan lingkungan sekitar. Rajinlah menguras atau mengganti wadah berisi air bersih karena nyamuk Aedes aegypti gemar bersarang dan bertelur didalam wadah yang tergenang air bersih, termasuk pada air yang terdapat pada sela-sela daun. Kegiatan menguras bisa dilakukan minimal dua hari sekali.

Nah, selain kegiatan bersih-bersih dilakukan, penulis juga akan berbagi tips bagaimana mencegah penyakit demam berdarah tanpa merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan anda sekeluarga yaitu dengan cara menggunakan berbagai tanaman pengusir nyamuk yang bisa anda tempatkan diberbagai sudut rumah terutama didalam kamar. Cara ini selain mudah dilakukan tidak akan berbahaya bagi lingkungan sekitar.  Berikut jenis tanaman pengusir nyamuk dalam kamar anti DBD :

Bunga Lavender Pengusir Nyamuk

Lavender – Anda pasti sudah tidak asing mendengar bunga lavender bahkan aroma bunga lavender dapat kita temukan diberbagai produk rumah dan kecantikan mulai dari sabun, pewangi,parfum, dll. Bunganya yang berwarna ungu mengeluarkan aroma harum yang tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa menempatkan beberapa tanaman didalam kamar tepat didekat jendela agar tanaman memperoleh sinar matahari utnuk pertumbuhan.

Bunga Lavender Pengusir Nyamuk

Bunga Zodia Anti Nyamuk

Zodia – Tanaman asli Papua ini berasal dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Bentuknya pipih sedikit panjang dan berwarna kuning kehijauan. Dulu, masyarakat Papua memanfaatkan daun zodia untuk mencegah gigitan serangga khususnya nyamuk ketika masuk kedalam hutan. Tanaman yang mengandung senyawa evodiamine dan rutacarpine ini tidak disukai oleh nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk didalam kamar anda bisa menempatkan 2 pot tanaman kecil zodia pada ruangan 3X4 m didekat jendela tempat angin keluar masuk atau  dipojok ruangan yang ada kipas anginnya. Tanaman ini memerlukan sinar matahari jadi setidaknya keluarkan setiap 2-3 hari sekali untuk terkenar sinar matahari.

Bunga Zodia Anti Nyamuk

Tanaman Geranium Pengusir Nyamuk

Geranium – Jenis tanaman yang satu ini cukup beragam, tapi geranium umumnya dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Nama latin tanaman ini adalah Pelagornium citrosa. Ciri khas tanaman ini adalah baunya yang khas ketika tersentuh atau tertiup angin. Wangi tersebut berasal dari kandungan zat Citronelol dan geraniol yang bersifat antiseptik. Wangi pada daun inilah yang membuat nyamuk kabur.

Tanaman Geranium Pengusir Nyamuk

Rosemary Pengusir Nyamuk

Rosemary – Tanaman asli daratan Mediterania ini memiliki sifat repellent (tidak disukai serangga), Tanaman berbentuk jarum dengan bunga kecil berwarna ungu ini sering diidentikkan dengan sombol kasih. Tanaman ini bukan hanya sebagai pengusir nyamuk tetapi sering ditemukan pada makanan Eropa seperti steik dan beberapa menu-menu lainnya.

Sebagai tanaman anti nyamuk kita bisa menempatkan tanaman ini pada sudut-sudut ruangan yang gelap tempat nyamuk sering berkumpul seperti sedang arisan keluarga (JJ).  Tanaman ini mudah diperbanyak dengan cara stek atau semai biji.

Rosemary Pengusir Nyamuk

Daun Pengusir Nyamuk

Serai wangi - Selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan, tumbuhan jenis ilalang ini juga berguna mengusir nyamuk. Serai wangi (Cymbopogon nardus) tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 1 meter. Batangnya tidak berkayu, berusuk pendek berwarna putih. Aroma tajam dari daun yang dikeluarkan oleh serai ampuh mengusir nyamuk demam berdarah. Tak heran selain digunakan didapur tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman penangkal nyamuk.

Daun Pengusir Nyamuk

Tanaman Indoor Pengusir Nyamuk

Catnip – Tanamanini sangat populer dikalangan pencinta kucing karena tanaman ini sangat disukai oleh kucing. Selain digunakan sebagai aromaterapi tanaman ini juga kerap digunakan pada proses pembuatan teh. dan campuran herbal. Dibalik berbagai manfaatnya ternyata tanaman ini juga dijauhi oleh nyamuk. Dan ini bukan mitos melainkan telah diteliti oleh berbagai  para ahli, keampuhannya bahkan lebih baik dibandingakan DEET pengusir nyamuk buatan.

Tanaman Indoor Pengusir Nyamuk

Semoga artikel “Tanaman Pengusir Nyamuk Didalam Kamar Anti DBD” diatas dapat membebaskan anda dan keluarga dari gigitan nyamuk sehingga terhindar dari resiko penyakit  DBD  yang kerap mewabah pada saat musim pancaroba tiba.