Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahukah Anda Kalau Kucing Bisa Tidur Hingga 20 Jam dalam Sehari?

 Tahukah Anda Kalau Kucing Bisa Tidur Hingga 20 Jam dalam Sehari?

Duniahobiku.com - Pernahkan anda mendengar kucing bisa tidur hingga 20 jam dalam sehari? Jika manusia hanya membutuhkan waktu tidur normal 7-9 jam artinya kucing membutuhkan waktu tidur 2 kali lipat dari manusia. Apa yang menyebabkan kucing harus tidur selama itu? Baca terus artikel ini untuk menemukan alasannya.

Kucing Bisa Tidur Hingga 20 Jam dalam Sehari

Kucing merupakan mamalia yang banyak dipelihara sebagai hewan kesayangan manusia. Sudah banyak yang tahu bahwa kucing merupakan hewan yang suka tidur dalam jangka waktu sangat lama, benarkah karena kebiasaan tidur yang lama tersebut menandakan bahwa kucing merupakan hewan yang malas dan tidak mempunyai semangat? Jelas tidak begitu! Kebiasaan kucing tersebut merupakan kebutuhan bahwa kucing harus mempunyai quality time yang cukup yang dibutuhkan buat kucing agar kesehatan dan keaktifan insting si kucing ketika dia bangun nanti.

Dalam kehidupan kucing sendiri memiliki durasi tidur yang berbeda-beda, dimulai dari kucing yang baru lahir bisa tidur sepanjang hari selama berumur satu sampai dua minggu, kemudian kucing yang berumur dibawah 1 tahun durasi waktu tidurnya sudah mulai teratur. Tetapi masih membutuhkan waktu yang lama saat dia tidur dibanding kucing yang lebih dewasa.

Kucing juga merupakan jenis hewan krepuskural yaitu hewan yang aktif disaat waktu remang-remang, menjelang malam, dini hari dan waktu akan senja, kucing juga tidak bisa dikatakan hewan nokturnal karena kebanyakan kucing tidur diwaktu malam hari.

Alasan Kucing Bisa Tidur Hingga 20 Jam dalam Sehari?

Kucing yang membutuhkan waktu tidur yang lumayan lama juga karena dia membutuhkan banyak tenaga untuk berburu dan bermain. Apabila kucing anda merupakan kucing yang selalu siap dan siaga disaat dia terbangun itu menandakan bahwa kucing anda merupakan kucing yang sehat dan memiliki waktu tidur yang cukup, jadi bagi anda yang memiliki kucing sebaiknya jangan terlalu sering mengganggu kucing anda pada waktu dia tertudur yah!!! Karena akan mengganggu kesehatan kucing anda dan melemahkan insting kucing anda juga.

Alasan yang paling utama dari kebiasaan kucing yang sering tidur lama adalah karena kucing anda mungkin sedang merasa bosan dengan aktifitas yang dia lalui, atau interaksi dengan kucing yang lainnya ataupun majikannya sendiri. Kebanyakan kucing yang jarang berinteraksi dengan kucing lain atau majikannya mereka akan menghabiskan waktu dengan tidur yang lama dan akan menjadi kucing yang pasif. Oleh karena itu jika kita memiliki kucing peliharaan juga harus terbiasa mengajak kucing anda untuk berinteraksi yah…!!!

Semoga artikel tentang waktu tidur kucing diatas dapat menambah wawasan anda tentang tabiat kucing sehingga saat kucing dirumah tertidur lama anda tidak berpikir bahwa kucing anda sedang pingsan melainkan sedang bermimpi indah menjadi seekor harimau, jadi jangan diganggu ya?