Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumput Taman Perlu Pupuk Agar Selalu Segar dan Hijau

 Rumput Taman Perlu Pupuk Agar Selalu Segar dan Hijau

Duniahobiku.com – Rumput taman tentunya akan terlihat indah jika selalu terlihat segar dan hijau. Namun tentunya ada hal yang harus dilakukan untuk mencapai itu semua. Jika tidak terawat rumput taman bukannya hijau tapi malah mengering dan terkesan suram. Apa yang perlu dilakukan agar rumput taman selalu segar dan hijau? Baca terus artikel ini dan terapkan setelah membacanya.

Salah satu cara agar rumput taman selalu hijau dan segar terutama dengan cara menyiram dan merawatnya, termasuk memangkas dan membersihkan gulma yang tumbuh disekitar rumput. Tetapi itu saja belum cukup, rumput perlu nutrisi agar tumbuh secara optimal. Salah satu yang anda bisa anda lakukan tentu saja memupuknya.

Jenis Pupuk Rumput Taman

Berbagai jenis pupuk bisa anda berikan untuk memulihkan kesuburan rumput ditaman contohnya pupuk urea butiran, urea tablet, NPK, pupuk daun gandasil dan kompos. Tiap jenis pupuk tersebut butuh cara pemberian yang berlainan.

Cara Pemberian Pupuk

Pupuk kimia seperti urea, NPK dan gandasil bisa diberikan secara rutin setiap 1,5-2 bulan sekali. Pupuk urea dan pupuk NPK jenis butiran biasanya diberikan dengan cara ditabur diatas rumput taman, Anda harus segera menyiram rumput.

Cara yang lebih aman bisa dilakukan dengan jalan melarutkan pupuk kedalam air lebih dulu. Pupuk urea atau gandasil yang dilarutkan kedalam air bisa langsung diserap oleh rumput. Dosis yang digunakan adalah 1 gram urea atau gandasil dicampur dengan 1 liter air. Larutan pupuk yang sudah diracik bisa segera disiramkan secara merata menuju hamparan rumput.

Pupuk urea berbentuk tablet bisa diaplikasikan dengan jalan menanamnya kedalam lubang disekitar rumput taman. Peranti untuk membuat lubang sekaligus untuk membenamkan urea tablet bisa dibeli di toko sarana pertanian. Pupuk berupa pil itu dibenamkan sedalam 10-15 cm. Jarak antar lubang lain berkisar antara 25-30 cm.

Pupuk Kompos

Sebelum ditanam rumput sebaiknya dibekali lebih dahulu dengan pupuk kompos yang cukup. Pekarangan yang akan ditanami rumput, digali sedalam 15-20 cm lebih dahulu. Setelah itu pupuk kompos ditaburkan dibagian dasar galian itu. Fungsinya sebagai alas makanan rumput. Tebal kompos sekitar 10-15 cm setelah selesai lembaran-lembaran rumput bisa ditanami diatasnya.

Pupuk Kompos

Pupuk kompos bisa juga ditambahkan dengan jalan membuat lubang berdiameter 10-12 cm. Lubang-lubang tersebut dibuat berjajar dengan jarak 20-25 cm. Pemupukan seperti ini bisa dilakukan secara rutin setiap 2-3 bulan sekali. Pada pemberian kompos berikutnya lubang dibuat ditempat yang berbeda dari lubang sebelumnya.

Semoga artikel “Rumput Taman Perlu Pupuk Agar Selalu Segar Dan Hijau” dapat menambah pengetahuan anda. Perawatan secara berkala akan membuat rumput dirumah anda akan selalu nampak segar bahkan dikala musim kemarau tiba sekalipun dan tentunya anda akan puas memandangnya.