Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pohon Baobab Buah Super Kaya Kalsium dan Vitamin C

 Pohon Baobab Buah Super Kaya Kalsium dan Vitamin C

Mungkin belum banyak yang mendengar nama tanaman yang satu ini, padahal sebenarnya pohon baobab sudah cukup lama ada di Indonesia selain ada di kebun Raya Bogor, pohon ini juga dapat ditemukan di lahan perkebunan PT PG Rajawali 2 di Subang bahkan kita dapat menjumpainya di waduk Ria Rio, Pulogadung - Jakarta Timur yang letaknya dibagian selatan waduk. Mungkin banyak yang penasaran dengan fungsi dan bentuk baobab? Baca terus artikel ini dan temukan berbagai manfaat yang akan membuat anda takjub dengan tanaman ini.

Baobab memiliki nama latin Adansonia digitata. Pohob baobab sendiri berasal dari negeri Afrika, Madagaskar dan juga dapat ditemukan di negeri kangguru Australia. Pohon ini di Indonesia dikenal dengan sebutan asem buto dan terkadang juga dipanggil dengan nama ki tambleg. Belum ada keterangan mengapa sampai diberi nama ki tambleg.

Gambar Pohon Baobab
Gambar Pohon Baobab

Jika menurut kamus bahasa, tambleg dalam bahasa sunda dapat diartikan kuat, tetap pada tempatnya (ketika ditabrak/ditimpa). Mungkin saja nama ini berdasarkan pengalaman pribadi. Nama ini memang cocok karena konon pohon baobab bisa berusia hingga 700 tahun dan tinggi hingga mencapai 30 meter lebih.

Kandungan Kalsium Pada Pohon Baobab

Selama ini pohon baobab di Indonesia tidak terlau diperhatikan dan hanya dianggap sebagai tanaman peneduh semata. Padahal selama ini masyarakat Afrika hampir memanfaatkan seluruh bagian pohon baobab mulai daging buah, biji dan daunnya menjadi sumber pangan yang kaya akan gizi. Pohon yang dapat tumbuh hingga 25 meter dan bisa menampung ribuan liter air  pada batangnya ternyata menyimpan potensi sumber vitamin yang cukup untuk jutaan orang di dunia.

Kandungan Kalsium Pada Pohon Baobab

Kalsium dan magnesium diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang, kekurangan kalsium menjadi salah satu penyebab terjadinya osteoporosis. Magnesium sendiri dapat membuat jantung lebih sehat serta dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurut beberapa penelitian ternyata daging buah baobab mengandung 250 mg/g kalsium . Kandungan ini lebih tinggi 2 kali daripada susu sapi yang selama ini digunakan sebagai sumber kalsium. Kandungan kalsium tinggi membuat daging buah baobab dimanfaatkan oleh masyarakat Afrika sebagai pengganti susu terutama untuk anak-anak dan perempuan hamil. Caranya dengan mengkomsumsi 2 sendok teh daging buah baobab setiap hari.

Gambar Buah Baobab
Gambar Buah Baobab

Pohon Baobab Sumber Vitamin C

Hasil pengujian di laboratorium F Hoffman-La Roche di Basel, Swiss yang dilakukan oleh M. Sidibe dan rekan-rekan menunjukkan daging buah baobab ternyata kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C bahkan dapat mencapai 2.880 mg/kg. Asam askorbat dapat berperan mengontrol tekanan darah, meningkatkan imunitas, memperkecil resiko katarak dan penyakit jantung koroner.

Kebutuhan vitamin C orang dewasa sekitar 65 mg perhari dan hal tersebut bisa dipenuhi dengan mengkomsumsi 2 sendok makan bubuk daging buah baobab. Atau cukup 23 gram buah baobab. Hamparan pohon-pohon baobab di Afrika seperti hamparan kebun vitamin C yang disediakan oleh alam.

Cara Mengolah Pohon Baobab

Pohon asem buto ini merupakan salah satu sumber pangan utama penduduk di negara Afrika. Masyarakat di Afrika biasanya mengambil buah baobab tua dari pohon kemudian membelah kulitnya lalu mengeluarkan daging buah yang berwarna kuning . Setelah dipisahkan dari biji dan seratnya daging buah kemudian diayak menggunakan semacam jaring halus sehingga menjadi bubuk. Bubuk itulah yang kemudian dimanfaatkan dengan cara dicampur dengan air atau susu dan terkadang  ditambahkan gula dan dikomsumsi dalam menu sehari-hari.

Cara Mengolah Pohon Baobab

Penduduk benua hitam, Afrika juga memetik daun tanaman anggota family Bombacaceae tersebut untuk dimasak seperti sayur bayam dalam sup atau makanan berkuah lainnya. Dalam salah satu jurnal yang diterbitkan Journal of Food Composition and Analysis pada tahun 2001 menyebutkan bahwa daun baobab kering mengandung 2.240 mg/100 gram kalsium dan tidak hanya kalsium tetapi pohon baobab juga mengandung vitamin A.

Biji Baobab juga dapat dikomsumsi dengan cara disangrai dan dinikmati seperti kacang. Atau bisa menggerusnya lalu diseduh layaknya kopi.

Biji Baobab

Manfaat Kesehatan Pohon Baobab

Pohon baobab yang berada di kompleks UI Depok ternyata bukan hanya menyimpan potensi sebagai sumber vitamin C dan kalsium tetapi juga bermanfaat sebagai obat. Beberapa manfaat pohon babobab antara lain:

Daging buah baobab yang dicampurkan madu telah lama digunakan sebagai obat batuk oleh penduduk Afrika.

Air daging buah baobab ternyata efektif untuk mengobati diare pada anak

Antioksidan pada buah baobab 6 kali lebih tinggi dibanding blueberry

Lewat sebuah uji coba in-vivo menggunakan tikus percobaan ternyata buah super ini memiliki sifat analgesic atau pereda nyeri, antipiretik (penurun panas), dan antiinflamasi (anti peradangan).

Perdagangan Buah Baobab Di Eropa dan Amerika

Bubuk daging buah baobab telah memasuki pasar Eropa dan Amerika sejak tahun 2000. The Baobab Fruit Company merupakan perusahaan yang tercatat pertama kali memanfaatkan buah baobab untuk makanan kesehatan dan kecantikan. Perusahaan ini berlokasi di Verona, Italia.

Daging buah baobab asal Afrika juga telah merambah pasar Eropa lewat bendera Phyto Trade Africa. Perusahaan dagang ini memanfaatkan produk-produk alami yang memanfaatkan tanaman khas Afrika. Daging buah yang dijual diEropa berasal dari buah yang dipanen pada musim panas; Mei-Spetember. Satu pohon baobab berumur diatas 60 tahun mampu menghasilkan hingga 160-250 buah pertahun. Buah dipanen secara tradisional oleh penduduk Afrika lalu dikumpulkan kedalam truk-truk berkapasitas 10 ton lalu dikirim ke perusahaan pengolah.

Perdagangan Buah Baobab Di Eropa dan Amerika

Olahan baobab dapat kita temukan diEropa dan umumnya dijajakan dipasar modern terutama yang menyediakan produk-produk berbahan baku alami dan erat kaitannya dengan kesehatan.  Masyarakat Eropa juga memanfaatkan daging buah baobab kering antara lain sebagai campuran dalam sereal dan smothies (jus buah kental).

Semoga artikel diatas membuat anda mengenal tentang pohon baobab yang selama hanya dianggap sebagai pohon biasa saja dan dari artikel diatas tentunya kita akan mengetahui ternyata pohon baobab kaya akan kalsium dan vitamin C bahkan antioksidannya 10 kali buah jeruk. Jadi tidak salah kalau buah ini mendapat julukan superfruit atau buah super.