Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakan Burayak Ikan Cupang Agar Anak Ikan Cepat Besar

 Pakan Burayak Ikan Cupang Agar Anak Ikan Cepat Besar

Pakan burayak ikan cupang agar anak ikan cepat besar. Pernah kebingungan memberi makanan anak ikan cupang yang baru menetas? Mungkin masalah ini dialami oleh para pemula yang baru belajar memijahkan ikan cupang. Penulis juga pernah merasakan hal yang sama. Euforia sesaat melihat induk jantan mulai menjaga telur dan mulai menetas menjadi sebuah tanda tanya. Pakan apa yang cocok untuk anak ikan cupang yang baru menetas? Apalagi saat itu ikan cupang baru mulai populer di Indonesia sehingga buku dan tempat “berguru” masih sangat terbatas.

Ikan cupang merupakan ikan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan baik tua dan muda karena keindahan bentuk sirip dan warna tubuhnya, apalagi didukung dengan pemeliharaan yang mudah. Ikan ini termasuk ikan yang gemar kawin jika telah memasuki usia dewasa sehingga akan memudahkan untuk membudidayakannya. Namun ternyata tingkat kesulitan bukan untuk mengawinkan antara ikan cupang jantan dan betina melainkan untuk membesarkan anak ikan cupang.

Gambar Ikan Cupang Kawin
Gambar Ikan Cupang Kawin

Burayak Ikan Cupang

Jika anda berhasil memijahkan ikan cupang, anda akan menemukan anak ikan cupang dengan ukuran yang sangat kecil bahkan sulit untuk dilihat dengan mata. Pengalaman penulis saat ikan ini menetas dan menjadi “baby” yaitu dengan mematikan lampu lalu menyoroti busa tempat ikan menetas dengan senter yang memiliki sinar terang. Saat itu kita akan melihat anak ikan cupang seukuran jarum berwarna kehitaman dalam jumlah yang cukup banyak berenang pelan-pelan disertai dengan induk jantan yang terus waspada sambil berputar disekitar sarang busa.

Burayak Ikan Cupang

Makanan Anak Ikan Laga Baru Menetas

Pakan untuk cupang banyak jenisnya ada yang alami dan ada pakan buatan. Untuk cupang yang baru beberapa hari menetas pilih pakan yang tepat. Ceroboh saat memberi makanan, bayi cupang bisa ludes tak bersisa. Umur 3-8 hari merupakan usia rawan bagi bayi cupang. Burayak rentan mati.  Hal itu pasti pernah dialami oleh peternak atau penghobi yang mencoba breeding ikan cupang. Salah satu penyebabnya adalah pemberian pakan yang kurang tepat. Sama seperti bayi yang belum bisa makan nasi terus disuapi nasi pastinya sangat berisiko. Burayak seharusnya diberi pakan khusus untuk bayi.

Makanan Anak Ikan Laga Baru Menetas

Semua jenis cupang (plakat, hallfmoon, serit dan double tail) menyantap makanan yang sama. Perbedaan pakan hanya berdasar pada umur ikan. Usia 0-2 hari anak cupang yang baru menetas tidak perlu diberi makanan karena masih memiliki cukup persediaan makanan yang berasal dari kuning telurnya. Pada hari ketiga hingga hari kelima bayi ikan cupang mulai diberi jatah pakan. Memasuki hari kelima atau keenam induk jantan sudah dapat diambil dari media pembibitan karena burayak sudah dapat berenang sendiri. Induk jantan selanjutnya ditempatkan kembali kedalam akuarium soliter. Perawatan dan perlakuan perlu dilakukan kepada induk jantan agar kondisi tubuhnya pulih kembali setelah menjadi “baby sister”.

Makanan Cupang Agar Cepat Besar

Beberapa jenis pakan cocok untuk menu burayak usia kurang dari 8 hari. Burayak bisa menyantap dan mencerna kuning telur rebus. Tapi aroma amis kadang jadi masalah. Apalagi diberikan dalam jumlah berlebihan. Kuning telur yang tersisa bisa membusuk dan mempengaruhi pH air. Padahal burayak sangat rentan terhadap perubahan pH meskipun kecil akibatnya bisa fatal.

Harap diingat selama pemberian pakan agar diberikan dalam jumlah yang terukur, tidak bersisa dan cukup diberikan sehari sekali. Sisa-sisa pakan akan mengakibatkan air menjadi cepat kotor sehingga kadar nitrit dan kandungan oksigen akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan kematian burayak.

Kutu Air Pakan Ikan Cupang

Ada beberapa peternak memberikan kutu air meskipun ukuran masih lumayan besar untuk bayi cupang yang baru menetas. Bayi cupang biasanya menunggu kutu air hancur baru memakannya. Pakan berwujud plankton bisa menjadi pilihan. Jenis plankton yang umum dipakai adalah infusoria. Infusoria didapat hanya dengan meneteskan starter berupa cair yang biasanya dikemas dalam kemasan botol kedalam air media pemijahan

Tingkat mortalitas anakan cupang bisa ditekan apabila umur 3 hari ikan sudah dapat pakan. Pemberian infusoria bisa dilakukan sebanyak 2 kali. Sebagai ilustrasi ukuran akuarium 40X60X50 cm2 anda bisa meneteskan 9 tetes infusoria.

Artemia Pakan Cupang

Selain infusoria ada plankton lain yang bisa digunakan yaitu artemia. Namum karena habitat aslinya berasal dari air asin artemia hanya bisa hidup sekitar dua jam diair tawar kemudian apabila tidak habis maka dapat membusuk dan mempengaruhi kualitas air. Penyifonan alias penyedotan kotoran perlu dihindari sampai usia burayak mencapai tiga minggu. Penyifonan mengharuskan penambahan air kedalam akuarium dan akibatnya suhu, pH, kulitas air berubah karena pergantian air.

Makanan Burayak Cupang Umur 2 Minggu

Setelah burayak-burayak berumur dua minggu untuk mengoptimalkan pertumbuhannya ikan cupang bisa dipindahkan ke bak pendederan. Sebelum pemindahan dilakukan tentu saja bak pendederan harus disiapkan terlebih dahulu. Usahakan bak pendederan ditempatkan diruang terbuka dan cukup mendapatkan sinar matahari. Untuk mengurangi panas dan menjaga temperatur bak tetap stabil dapat diberi tumbuhan air didalamnya misalnya eceng gondok dan apu-apu.

Makanan Burayak Cupang Umur 2 Minggu

Lewat 20 hari sang pemilik bisa sedikit bernafas lega. Soalnya pakan ukuran lebih besar dari kutu air telah bisa disajikan. Menu jentik nyamuk alias cuk. Cacing sutra, blood worm halus dan mikro pelet khusus cupang (bentuk butiran kecil) sudah bisa diberikan. Lamanya pemeliharaan dibak pendederan kurang lebih satu bulan sebelum siap dipindahkan kedalam akuarium soliter. Lakukan perawatan dan pemberian pakan secara teratur terutama air. Air yang terlihat kotor harus segera disifon dan diganti sebanyak yang terbuang, minimal dua hari sekali. Tentu saja penyifonan harus dilakukan dengan hati-hati jangan sampai burayak ikut terbawa. Sebaiknya gunakan selang berdiameter kecil.

Antara Pakan dan Genetik

Pengaruh pakan sebatas hanya kesehatan dan pertumbuhan. Warna dan bentuk ekor lebih dipengaruhi sifat genetik. Jadi sebaiknya pilih induk berkualitas saat bredding. Pakan dan kualitas air hanya akan bersifat membantu dan mempertahankan keindahan warna ikan. Tapi kalau pakan yang diberikan berkualitas buruk ikan yang dasarnya bagus pun bisa menjadi rusak. Untuk cupang berkualitas atau cupang kontes biasa diberikan kutu air, cuk dan blood worm  sebagai menu utamanya.

Antara Pakan dan Genetik

Artikel Pakan Burayak Ikan Cupang Agar Anak Ikan Cepat Besar tentunya akan memberi anda gambaran tentang apa yang harus dilakukan saat berhasil menetaskan telur ikan cupang  sehingga anda tidak kebingungan dan mereka-reka pakan yang tepat. Pakan yang tepat akan membuat burayak anda tumbuh sehat dan prima. Jadi, jangan salah memberi pakan lagi ya buat burayak.