Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Pupuk Organik Sendiri

Membuat Pupuk Organik Sendiri

Duniahobiku.com - Seringkali kita menemukan orang beralasan enggan menanam karena tidak punya lahan, sulit mencari tanah untuk media tanam, susah menemukan penjual pupuk dan kendala lain terkait media tanam. Sebenarnya tanah yang sering kita manfaatkan sebagai media tanam itu merupakan hasil pelapukan batuan dan bahan organik yang ada dimuka bumi, jadi cara termudah dan termurah agar memiliki media tanam adalah melapukkan bahan organik disekitar kita.

Pertama yang harus kita siapkan adalah ember atau wadah bekas lengkap dengan penutupnya, lalu kita buat lubang dibagian bawah ember beberapa buah dengan diameter 1-3 cm. Apabila tidak memiliki wadah bekas kita bisa menggunakan pot dengan diameter minimal 35 cm, lebih besar lebih baik, lalu kita carikan penutup berupa tatakan pot dengan ukuran diameter yang sesuai.

Beri lubang di bagian dasar ember

Setelah lubang selesai kita buat, gali lubang tanah disekitar kebun, halaman dengan kedalaman setengah dari tinggi ember atau pot yang akan kita pergunakan. Setelah itu masukkan ember/pot kedalam lubang dan kemudian rapikan tepinya.

Beri lubang di bagian dasar ember

Setengah dari badan ember/pot dibenamkan kedalam tanah

Ember dibenamkan setengah bagian ini dimaksudkan untuk menjaga temperatur agar stabil, tidak terlalu panas, serta aroma yang muncul saat proses pelapukan tidak menyeruak. Selain itu karena dibagian dasar ember dilubangi, akan memungkinkan organisme seperti cacing dan mikroba yang membantu mempercepat proses pelapukan dapat masuk.  Bahkan ketika hujan, air yang meresap kedalam tanah akan membantu meningkatkan kelembaban dan turut mempercepat pelapukan.

Setengah dari badan ember/pot dibenamkan kedalam tanah

Sampai disini, proses pembuatan ‘komposter’ sederhana sudah selesai, setelah itu kita tinggal mengisinya dengan bahan organik yang kita kumpulkan. Bahan organik yang dapat kita masukkan disini dapat berupa rumput-rumputan yang kita cabut dihalaman, dedaunan kering, limbah sayuran dari dapur atau kulit buah-buahan yang kita makan, satu hal yang perlu diingat, jangan menambahkan limbah rumah tangga yang berasal dari sisa makanan, kulit/sisik ikan serta sisa-sisa dapur yang mengandung daging karena akan menimbulkan aroma tidak sedap dan mendatangkan belatung.

Masukkan rumput, daun kering limbah dapur sebagai bahan utama

Setelah terisi, walaupun cuma sedikit, tinggal tutup dan biarkan begitu saja sampai seluruh bahan melapuk. Untuk mengoptimalkan pelapukan, dapat pula ditambah kotoran sapi atau kotoran kambing serta disiram setiap pagi menggunakan air cucian beras. Air cucian beras mengandung karbohidrat yang diperlukan sebagai sumber energi mikrobia pelapuk.

Tutup ember rapat setiap kali selesai menambahkan bahan organik

Bahan organik akan melapuk sempurna dalam waktu 3-4 minggu, dan kita cukup dengan mengeluarkannya dari wadah, biarkan di udara terbuka selama satu hari dan bahan organik siap dipergunakan sebagai media tanam.

Apabila kita mempunyai 3 sampai 4 wadah pelapuk saja, sudah cukup untuk mengisi beberapa pot untuk sayuran, mengolah limbah organik domestik sehingga tidak membebani tempat pembuangan sampah umum, serta kita turut menjaga kesehatan lingkungan. Mudah bukan?

Semoga artikel membuat pupuk organic sendiri diatas dapat membantu anda mendapatkan media tanam secara mudah dan murah, ketekunan dan kesabaran anda membuat pupuk organic akan terbayar saat anda mulai berkebun dan menikmati hasil kebun sendiri.