Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Baik Dikomsumsi Penderita Diabetes

 Makanan Yang Baik Dikomsumsi Penderita Diabetes

Duniahobiku.com – Makanan yang baik dikomsumsi penderita diabetes apa saja ya? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh para penderita diabetes. Terkadang bingung harus makan apa karena begitu banyak pantangan bagi penderita diabetes. Jika anda salah satu penderita diabetes makanan merupakan salah satu menu yang harus diatur / dijaga agar kadar gula darah anda tidak melonjak. Ingin tahu makanan yang baik untuk penderita diabetes? Simak artikel ini dan temukan makanan buat penderita diabetes.

Diabetes mellitus adalah salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di indonesia. Ia lebih dikenal dengan penyakit gula atau kencing manis. Tipe diabetes mellitus sendiri terbagi menjadi 4 golongan yaitu diabetes mellitus tipe I, diabetes mellitus tipe II, gestasional, dan diabetes mellitus tipe lain.

Penderita diabetes mellitus harus mampu mengontrol pola makan dan minum secara tepat untuk mempertahankan kadar glukosa stabil atau mendekati normal, berat badan stabil/menghindarkan obesitas, menghindarkan komplikasi jangka pendek dan panjang yang lebih parah dan meningkatkan kualitas kesehatan diabetas dengan asupan gizi yang optimal dan terkontrol. Pada umumnya penderita diabetes mellitus selalu lebih merasa cepat lapar dan haus sehingga apabila nafsu makan tidak dapat dikendalikan mudah sekali mengalami hiperglikemia dan obesitas. Pola makan 3 J yaitu Jumlah, Jam,dan Jenis makanan yang di makanan yang di konsumsi harus benar-benar ditaati oleh dibatasi untuk mencapai diet yang benar.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes

Penyakit ini termasuk paling menjengkelkan apalagi bagi yang doyan makan. Bayangkan anda semula bisa memakan segalanya dan memperkuat eksistensi anda sebagai omninora mau tidak mau, suka  tidak suka dipaksa lebih menjadi herbivora dengan memakan lebih banyak sayur-sayuran, menyebalkan bukan? tapi apa mau dikata, itu semua demi kebaikan anda

Nasi yang merupakan kebutuhan pokok pun mesti dibatasi dan kalau perlu diganti dengan nasi jagung, minuman seperti teh dan kopi manis juga tinggal kenangan, es krim cuma bisa dilihat tanpa bisa dicicipi. Makanan ringan yang biasanya menemani saat santai dan bercanda bersama kerabat akhirnya harus disingkirkan. Kentang goreng yang biasa anda santap direstoran cepat saji bersama ayam goreng harus anda lupakan karena mengandung karbohidrat relatif tinggi. Masih banyak makanan lain yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi yang harus anda hindari. Lebih banyak tidak enak daripada enaknya saat anda dinyatakan positif mengidap penyakit ini. Apalagi anda yang sudah tidak bisa lepas tanpa suntikan insulin.

Makanan Yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes

Bahan makanan yang diperbolehkan sebagai sumber karbohidrat misalnya nasi, nasi merah, roti gandum utuh, sagu, singkong, dan ubi. Sumber protein yang baik adalah protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, susu skim, tempe, tahu, dan kacang-kacangan. Aneka sayuran segar dan organik sangat disarankan untuk melengkapi diet ini. Menyajikan diet ini bukan berarti makanan dimasak dengan kaku namun diolah dengan cara yang benar agar nutrisi yang dihasilkan maksimal dan menghindarkan penderita diabetes jajan sembarangan dan ngemil diluar jam makan.

Makanan Sehat Untuk Penderita Diabetes

Makanan dapat diolah dengan cara di panggang, di kukus, di rebus, di setup ataupun di bakar. Kita dapat menggunakan minyak zaitun ataupun jagung untuk menyajikan tumisan lezat, kecap khusus diabetes mellitus untuk membakar ikan segar, dan aneka bumbu dapur asli untuk cita rasa asli, hindarkan micin atau penyedap rasa, bumbu instan, atau bahan tambahan makanan lain( tbm). Sesekali kita dapat menyajikan pepes ikan dengan lalapan dan nasi merah, steak ikan dan kentang, nasi goreng kunyit, ayam bakar taliwang, sup ikan asam segar, aneka pasta panggang dan lain-lain. Jadi para penderita diabetes tidak perlu khawatir dengan menu makanan yang kaku dan terbatas. Dengan pemilihan jenis bahan makanan yang tepat dan pengolahan yang benar makanan yang lezat dapat dinikmati tanpa rasa takut dan was was.

Jenis Buah Untuk Penderita Diabetes

Jangan lupa mengonsumsi buah segar juga membantu mengatasi pemenuhan serat untuk penderita diabetes. Tak hanya buah potong,buah juga dapat dinikmati dengan cara di jus diolah menjadi salad buah, shorbet, dan lain-lain. Penderita diabetes juga bukan berarti tidak butuh gula sama sekali, cuma penggunaannya harus dibatasi karena dapat berisiko bagi penderita diabetes. Jika kadar gula darah anda sedang turun anda bisa mengkomsumsi sedikit buah untuk menaikkannya dibandingkan anda harus memakan permen.

Banyak penderita diabetes yang menghindari sama sekali memakan buah karena takut kadar gula menjadi naik padahal ada beberapa buah yang bisa dikomsumsi oleh penderita diabetes. Beberapa jenis buah tersebut antara lain anggur, apel, jeruk, buah beri, kiwi, jambu biji, dan pir. Buah-buah tersebut memiliki antioksidan dan serat yang tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan kesehatan anda. Namun meskipun bisa dikomsumsi sebaiknya anda membatasi diri mengkomsumsinya dalam jumlah berlebihan. Jenis buah yang sebaiknya anda hindari antara lain durian, mangga, nanas, sirsak, nangka, sawo, rambutan, dan pisang.

 Pola makan sehat, olahraga yang teratur, jaga berat badan, hindari merokok dan jauhkan alkohol adalah beberapa kunci agar anda lebih sehat. Semoga artikel “Makanan Yang Baik Dikomsumsi Penderita Diabetes” dapat bermanfaat buat anda semua. Doa terbaik buat anda semua agar cepat sembuh dari penyakit ini.