Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikan Black Ghost : Hantu Yang Tidak Menakutkan

 Ikan Black Ghost : Hantu Yang Tidak Menakutkan

Hantu Hitam? Apakah anda takut mendengar sebutan hantu. Tenang. Meskipun mendapat julukan black ghost tetapi ini cuma nama ikan hias dan hantu ini jauh dari kesan yang menakutkan. Justru sebaliknya dengan warna hitam legam kebiruan dan lembaran siripnya yang unik mampu menyihir para penggemar ikan hias. Ingin mengenal ikan black ghost yang cenderung bersembunyi dan menyukai suasana gelap ini? Simak artikel ini untuk menemukan cara merawat “hantu yang tidak menakutkan“ serta tips yang bermanfaat.

Ikan Black ghost 

Ikan black ghost berasal dari sungai Amazon, Brasil, dan Amerika Selatan. Ikan ini memiliki nama latin Apteronotus albifrons  (black ghost knife fishes).

Black ghost termasuk ikan bertulang belakang dengan tubuh memanjang dan sekilas mirip dengan belut, memiliki rahang dan berduri banyak. Genus Apteronotus memiliki dua spesies yaitu Apteronotus leptorhynchus dan Apternotus albifrons.

Ikan Black ghost

Apteronotus leptorhynchus (long-nosed black ghost) berasal dari Amerika Selatan bagian utara tepatnya didaerah Iquitos (Peru) hingga Guyana. Ikan ini lebih aktif pada malam hari dan pada siang hari cenderung bersembunyi. Makanan yang disukai berupa makanan hidup tersebar di dasar sungai. Ikan yang panjang tubuhnya dapat mencapai 26 cm belum terdengar ada di Indonesia.

Spesies lain Apternotus albifrons merupakan ikan yang termasuk dalam deretan 10 besar ikan hias yang diekspor dan telah di budidayakan di Indonesia. Spesies inilah yang paling banyak beredar di Indonesia.

Ciri-Ciri Fisik Ikan Black Ghost

Black ghost memiliki tubuh yang berwarna biru ke arah ungu tua hingga kehitaman dan kadang-kadang terlihat hitam pekat. Warna tubuhnya yang gelap membuat ikan hias ini mendapat julukan ikan hantu atau ikan setan. Namun sebutan ini kurang tepat karena penampilan black ghost tidak menakutkan bahkan terlihat unik. Ciri fisik lainnya adalah terdapat beberapa goresan atau garis putih pada bagian ekornya dan garis putih dari dahi hingga ke dagu.

Ciri-Ciri Fisik Ikan Black Ghost
Gambar Ikan Black Ghost

Bentuk tubuh black ghost seperti pipa pipih,dihabitat aslinya black ghost dapat mencapai panjang 48 cm. Namun bila dibudidayakan ikan ini jarang dapat mencapai panjang 48 cm rata-rata hanya mencapai 26 cm. Ikan ini memiliki sirip dada dan sirip perut menyatu. Sirip yang menyatu ini memanjang dari dada hingga pangkal ekor. Pada saat berenang atau ada aliran air sirip ini berkibar-kibar sehingga membuat daya tarik tersendiri.

Makanan Ikan Black Ghost

Kebutuhan pakan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Pemberian pakan yang cocok dengan dosis yang tepat diharapkan dapat membuat ikan tumbuh dengan optimal.

Untuk mengetahui dosis pakan yang tepat sebaiknya dilakukan pengamatan terlebih dahulu. Pada langkah awal black ghost diberi pakan dalam jumlah kecil. Apabila pakan tersebut langsung dihabiskan dan ikan masih mencari-cari artinya jumlah pakan yang diberikan mesti ditambahkan. Namun bila pakan yang diberikan masih tersisa berarti jumlah pakan yang diberikan berlebihan.

Black ghost termasuk ikan nokturnal yang lebih aktif saat keadaan gelap. Sehingga pemberian pakan yang paling tepat adalah saat sore dan malam hari. Pakan yang diberikan bisa berupa cacing darah (blood worm), jentik nyamuk, cacing, ikan kecil, dan  udang.

Makanan Ikan Black Ghost

Cara Merawat Ikan Black Ghost

Ada beberapa hal yang mesti mendapat perhatian saat merawat black ghost antara lain :

§  Pemberian pakan

Pakan memegang peranan penting dalam pertumbuhan ikan black ghost. Penggemar ikan hias pemula terkadang merasa khawatir ikan peliharaannya akan mati jika kekurangan pakan sehingga cenderung memberikan pakan secara berlebihan. Kondisi ini justru dapat menjadi boomerang bagi ikan peliharaan kita karena kualitas air akuarium akan menurun karena kotor oleh sisa makanan dan tercemar makanan yang  membusuk. Kualitas air yang menurun dapat mempengaruhi kesehatan ikan. Bila kondisi tersebut berlangsung beberapa hari maka ikan-ikan dapat keracunan dan mati.

§  Mengontrol Kualitas Air

Air merupakan media kehidupan ikan dan menjadi faktor penunjang keberhasilan pemeliharaan black ghost. Penyebab utama air menjadi kotor adalah kotoran ikan dan sisa-sisa pakan ikan. Penyebab lain kotornya air adalah akuarium berlumut. Akuarium akan lebih mudah berlumut jika diletakkan diluar rumah atau terkena sinar matahari langsung. Dibanding ikan hias lain seperti mas koki, black ghost termasuk jarang mengeluarkan kotoran sehingga pembersihan air lebih jarang dilakukan.

Untuk menjaga kualitas air kita bisa menggunakan filter yang berfungsi menyaring kotoran yang berada didalam akuarium sehingga menghasilkan akuarium yang jernih. Tetapi jika kotoran dan lumut terlalu tebal maka kotoran yang dalam akuarium dihisap melalui selang dan dikeluarkan dari akuarium. Pengisapan kotoran dilakukan dengan hati-hati agar aksesoris akuarium seperti batu dan tanaman air tidak ikut terhisap. Penyedotan melalui selang akan mengurangi air didalam akuarium sehingga perlu ditambahkan sebanyak yang dikeluarkan.

Waspada Penyakit White Spot

Meskipun ikan black ghost termasuk ikan yang cukup sensitif terhadap serangan berbagai penyakit, namun ada satu penyakit yang sering menyerang ikan ghost fish ini yaitu penyakit bintik putih (white spot). Serangan pada black ghost mudah terlihat karena warna bintik putih tampak mencolok diatas warna tubuhnya yang hitam. Serangan white spot sering terjadi apabila air untuk mengisi air akuarium terlalu dingin atau tidak diendapkan terlebih dahulu minimum 24 jam.

Memadukan ikan Black Ghost dengan Ikan Hias Lain

Karakter ikan black ghost termasuk tenang, tidak galak dan terlihat cukup bersahabat sehingga ikan black ghost bisa dicampur dengan ikan hias lainnya dalam satu akuarium. Sifat black ghost berbeda dengan arwana maupun oscar yang suka memangsa ikan yang memiliki ukuran lebih kecil.

Namun untuk mencampurnya dengan ikan lain idealnya jenis ikan tersebut memiliki syarat lingkungan hidup sama dengan black ghost seperti pH dan suhu air. Beberapa contoh ikan hias yang dapat dipelihara bersama dengan black ghost antara lain : guppy, platy, maskoki, manvis dan tetra. Selain syarat lingkungan hidup, ada yang berpendapat bahwa untuk memadukan ikan hias lain dengan black ghost sebaiknya memilih ikan yang mempunyai kebiasaan berenang yang berbeda. Contohnya : ikan black ghost cenderung berenang didasar akuarium dan cocok jika dipadukan dengan manvis atau tetra yang suka berenang ditengah akuarium dan guppy yang sering berenang agak dipermukaan.

Harga Ikan Black Ghost

Harga black ghost cenderung lebih terjangkau saat ini mengingat ikan ini telah dibudidayakan oleh para peternak lokal sehingga kita tidak harus mengimpor dari negara luar. Berikut beberapa harga black ghost dipasaran :

Black ghost ukuran 5-7 cm sekitar 5-8 ribu rupiah / ekor

Black ghost ukuran 10-15 cm sekitar 10-25 ribu rupiah / ekor

Black ghost indukan  20-26 cm sekitar 35-80 ribu rupiah / ekor

Harga bisa berbeda tergantung lokasi dimana anda berada .

Semoga artikel diatas membuat anda tidak takut dengan hantu bernama black ghost sebab ternyata hantu tersebut tidak menakutkan bahkan bisa menemani anda disaat santai, menikmati sirip yang berkibar-kibar seperti burung didalam air.