Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala Kerusakan Rem Cakram Mobil

 Gejala Kerusakan Rem Cakram Mobil

Duniahobiku.com - Anda bisa bayangkan bagaimana bahaya mobil tanpa adanya rem cakram. Rem cakram memiliki fungsi yang sangat vital pada semua kendaraan. Jika rem rusak maka bisa membahayakan si pengendara kendaraan tersebut. Dengan menggunakan rem anda bisa membuat mobil berhenti kapan saja. Banyak orang yang tidak sadar kalau remnya sudah mulai rusak. Mereka mengetahui rem rusak ketika sudah benar-benar tidak berfungsi. Kerusakan rem cakram biasanya diawali dengan gejala-gejala tertentu. Simak terus artikel ini untuk mengetahui apa saja gejala kerusakan rem cakram mobil anda.

Rem pada mobil bukan hanya berfungsi agar kita dapat menahan laju kendaraan tetapi juga menghindari benturan dengan kendaaran lain atau benda-benda yang berada didepan dan belakang mobil. Untuk itu sebaiknya anda harus tahu apa saja gejala kerusakan rem cakram pada mobil anda. Inilah beberapa gejala kerusakan rem yang biasanya muncul pada rem cakram mobil anda.

Tidak Pakem Dan Mengganjal

Gejala yang paling mudah dikenali adalah ketika rem sudah tidak pakem dan terasa mengganjal. Pada saat anda mengerem, dan anda harus membutuhkan waktu yang lama untuk berhenti, berarti rem cakram anda sudah tidak pakem. Hal ini bisa disebabkan oleh kampas rem yang semakin tipis atau lapisan asbes sudah tidak bagus. Cara mengatasinya anda harus ganti dengan yang baru. Selain itu ketika anda merasa keras dan berat pada saat menginjak rem, berarti ada hal yang mengganjal pada rem anda. biasanya hal ini terjadi karena bagian booster sudah rusak.

Terdapat getaran

Gejala kerusakan rem cakram lainnya adalah adanya getaran pada rem. Ketika anda menginjak pedal rem terasa ada getaran dan pada saat ditekan malah membuat kecepatan semakin tinggi. Ini bisa menjadi gejala rem sudah mulai rusak. Cara mengatasinya bisa dengan bubut cakram. Anda bisa melakukan pembubutan dengan ketebalan 0,5-1.5 mm. Tetapi jika keadaannya sudah sangat rusak, lebih baik diganti dengan yang baru. Gejala lainnya rem terasa lari ke kanan dan ke kiri. Hal ini bisa dikarenakan piston rem ada yang macet.

Sebenarnya masih banyak gejala kerusakan rem cakram yang harus anda waspadai. Seperti rem terasa terlalu dalam, rem harus dikocok terlebih dahulu baru berfungsi, pedal ngelos begitu saja, dan masih banyak lainnya. Anda harus segera mewaspadai kalau rem sudah tidak berfungsi dengan baik. Jangan diabaikan begitu saja. Kalau memang perlu diganti yang baru, segeralah diganti. Ini juga berpengaruh dengan keselamatan anda berkendara nantinya.

Semoga artikel diatas bisa menambah wawasan anda tentang gejala yang muncul saat rem cakram mulai bermasalah. Mengetahui gejala awal kerusakan akan membantu anda menghindari resiko yang mungkin terjadi saat anda berkendara.