Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencangkok Tanaman Mandevilla Agar Cepat Berbunga

 Cara Mencangkok Tanaman Mandevilla Agar Cepat Berbunga

Duniahobiku.com – Mencangkok tanaman mandevilla mungkin kurang populer dibandingkan dengan cara stek, mungkin karena batang mandevilla berukuran kecil sehingga mudah patah dan agak sulit dicangkok. Padahal cara ini memiliki persentase keberhasilan yang jauh lebih besar dan hasilnya lebih cepat berbunga. Ingin tahu cara mencangkok tanaman mandevilla? Temukan caranya didalam artikel ini

Mandevilla merupakan salah satu tanaman merambat dan pot plant yang menarik selain warna-warni bunga yang cantik, tanaman ini dapat menghasilkan bunga yang kompak. Perawatannya pun cukup mudah sehingga banyak digunakan untuk menghiasi pagar dan pergola rumah. Keindahan tanaman ini membuat banyak penggemar tanaman hias ingin memperbanyak koleksinya dengan berbagai cara yaitu dengan stek dan cangkok. Dibandingkan cara stek mencangkok mandevilla menawarkan berbagai kelebihan antara lain :

  • Mandevilla yang berhasil dicangkok bisa langsung dirambatkan karena tidak perlu menunggu berlama-lama seperti pada mandevilla hasil stek.
  • Mandevilla hasil cangkokan juga lebih cepat berbunga dibandingkan dengan mandevilla hasil stek
  • Tingkat keberhasilan lebih tinggi karena saat mencangkok batang masih disuplai makanan oleh induk sehingga akar lebih cepat tumbuh.
  • Bagi para pedagang tanaman hias tentu saja cara ini lebih menguntungkan karena tanaman yang tumbuh lebih cepat dan berbunga tentunya lebih disukai konsumen.

    

Cara mencangkok mandevilla tidak jauh berbeda dengan cara mencangkok tanaman buah. Hanya saja cara ini meski dilakukan extra hati-hati mengingat batang mandevilla yang beukuran kecil sehingga mudah patah berbeda jika anda mencangkok tanaman buah seperti mangga, jeruk, dll yang memiliki diameter batang lebih besar sehingga pengerjaannya tergolong lebih mudah. Berikut langkah-langkah mencangkok tanaman mandevilla:

Gambar Cara Mencangkok Tanaman
Gambar Cara Mencangkok Tanaman

Memilih Batang Tanaman Mandevilla

Batang yang dipilih harus benar-benar sudah tua dan siap dicangkok. Hindari menggunakan batang tanaman muda yang baru tumbuh. Cabang atau batang yang terlalu muda tidak akan menghasilkan akar bila dicangkok. Bahkan jika dipaksakan cabang tanaman itu justru akan mengering lalu mati.

Batang tanaman atau cabang yang sudah siap untuk dicangkok ditandai dengan warna batang yang berwarna coklat dan tidak hijau lagi. Supaya lebih cepat tumbuh posisi cangkokan sebaiknya tepat dibagian bawah ruas yang terdapat di setiap cabang tanaman.

Lakukan Sayatan Pada Batang Tanaman Mandevilla

Batang tanaman berwarna coklat yang telah dipilih sebelumnya kemudian ditusuk  sampai tembus tepat dibawah ruas batang. Setelah itu, lidi ditusukkan kedalam luka bekas tusukan. Daun yang berada diruas batang harus dipangkas. Batang lalu disayat dengan bantuan pisau tajam dan steril. Penyayatan harus dilakukan secara hati-hati dan tidak terlalu dalam. Sebab dikhawatirkan bisa mengenai jaringan kayu dan melukai pembuluh tapis yang berada ditengak kayu. Bila hal itu terjadi proses mengcangkok bisa mengalami kegagalan. Panjang sayatan sekitar 1,5-2 cm.

Lapisan cambium harus dibersihkan yaitu dengan cara mengerok lapisan lendir dibawah kulit batang. Kambium yang tidak bersih menyebabkan pemulihan luka sayatan terhambat sehingga akar akan sulit tumbuh. Untuk memastikan cambium benar-benar bersih anda bisa membiarkan hasil pengerokan benar-benar kering.

Bungkus Hasil Sayatan Dengan Media

Setelah hasil sayatan benar-benar kering luka bekas sayatan tersebut lalu diolesi zat perangsang tumbuhan akar seperti Rhootone F. Bila bahan tersebut sulit anda peroleh anda bisa menggantinya dengan bawang merah atau tauge yang ditumbuk halus kemudian hasilnya anda oleskan kebekas sayatan batang. Setelah itu sayatan dibungkus dengan media tanam menggunakan plastik bening. Media tanam yang digunakan bisa berupa kompos, sabut kelapa atau bisa juga menggunakan moss yang dapat menyimpan air sehingga media tanam selalu dalam keadaan lembap. Lakukan penyiraman 2 kali sehari, pagi dan sore hari kecuali saat hujan turun untuk mempercepat proses keluarnya akar.

Potong Hasil Cangkokan Tanaman Mandevilla

Sekitar sebulan setelah cangkokan dibuat, biasanya akar sudah tumbuh

melebat. Cangkokan siap dipotong bila akar didalam media cangkok sudah kelihatan berdesakan dan menembus bungkus plastik cangkokan. Pemotongan dilakukan secara berhati-hati dibagian bawah ikatan cangkokan.

Setelah dipotong tanaman baru itu bisa ditanam dalam pot atau polybag sebelum nantinya bisa anda pindahkan kelokasi sesuai yang anda kehendaki. Jangan lupa melepas bungkus cangkokan saat memindahkan “kerumah barunya”. Usahakan agar bola tanah atau media tanam pembungkus akar tidak pecah berhamburan saat memindahkan tanaman hasil cangkokan.

Sebelum dipindahkan kelokasi baru sebaiknya tanaman mandevilla dirawat ditempat teduh selama 1-2 minggu agar lebih stabil. Setelah tanaman terlihat segar anda bisa memajang tanaman tersebut dimana saja anda suka sambil menunggu tanaman memamerkan keindahan bunganya.

Semoga “Cara Mencangkok Tanaman Mandevilla” diatas dapat bermanfaat bagi anda semua. Ikuti saja langkah mencangkok tanaman mandevilla diatas dan jangan takut untuk gagal, pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Selamat Mencoba!