Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Landak Mini, Hoby Sebagai Sumber Penghasilan

 Budidaya Landak Mini, Hoby Sebagai Sumber Penghasilan

Budidaya Landak Mini, Hoby Sebagai Sumber Penghasilan – Para kaum pecinta binatang kini semakin mudah di temui, mulai dari yang serius menekuni bidang ini sampai yang hanya menganggap hal ini sebagai hobi. Namun di era sekarang ini, jika suatu hobi bisa menjadi sebuah ladang penghasilan tentulah sangat menyenangkan. Salah satu hewan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi yaitu landak mini. Anda ingin menyalurkan hobi sekaligus menjadikannya sumber penghasilan? Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui seluk-beluk landak mini.

Ada banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan bahkan dapat menjadi sumber penghasilan utama. Budidaya binatang menjadi salah satu solusinya. Beberapa binatang yang memiliki nilai ekonomis tinggi telah banyak di budidayakan, seperti budidaya bebek penghasil daging dan telur juga banyak lainnya. Dan biasanya hewan yang mahal adalah hewan yang memiliki keunikan khusus, sehingga orang ingin memeliharanya. Seperti landak mini contohnya, hewan yang di anggap berbahaya ini ternyata bisa di budidayakan dan malah dapat mendatangkan penghasilan. Mau tau gimana cara budidaya nya? Berikut informasi selengkapnya :

Pemilihan Induk Landak Mini

Pemilihan induk haruslah tepat sasaran, pilihlah induk yang memiliki kondisi fisik yang sehat, serta kuat dan juga merupakan keturunan dari landak yang produktif. Indukan yang baik adalah landak dengan umur 5 sampai 12 bulan. Usia perkawinan benar-benar harus di perhatikan, karena kalau lebih muda biasanya akan menyebabkan kerusakan pada organ reporduksi landak, serta kalau lebih tua akan melewati masa produksinya sehingga hasil tidak akan maksimal. Ada beberapa jenis landak yang dapat ada pilih sebagai bibit saat akan memulai memelihara hewan ini seperti landak mini cinnicot, landak mini champagne, landak putih, dll.

Pemilihan Induk Landak Mini

Cara Mengawinkan Landak Mini

Kebersihan kandang adalah hal mutlak, jika akan mengawinkan antara indukan jantan dan betina usahakan untuk membersihkan kandang dari berbagai kotoran, sisa makanan, mainan dan lain sebagainya. Sesudah kandang bersih, masukan indukan jantan dan betina dalam satu kandang. Tanda-tanda landak mini akan mau kawin adalah sang pejantan akan mulai mencicit dan mengejar indukan betina. Lama kelamaan keduanya akan terlihat seperti berkelahi, namun anda tidak usah kawatir karena ini adalah tanda bahwa landak ini mulai semakin intim. Biarkan kedua indukan tersebut selama 7 hari dalam kandang yang sama. Masa kehamilan landak biasnya antara 7 sampai 9 minggu lamanya.

Cara Mengawinkan Landak Mini

Masa Kehamilan Landak Mini

Kehamilan di tandai dengan membesarnya perut sang betina, sesudah 7 minggu atau lebih, bayi landak akan lahir. Bayi landak akan lahir dengan selaput selaput tipis yang melindungi saat berada dalam perut induknya. proses melahirkan merupakan proses yang sakral, anda harus memeberikan ketenangan yang ekstra, jangan sampai landak merasa terganggu karena akan menyebabkan indukan stres dan biasanya akan memakan anaknya setelah lahir.

Masa Kehamilan Landak Mini

Makanan Landak Mini

Setelah anak lahir, makanan pertamanya adalah susu dari indukannya. Setelah mulai beranjak besar dan sudah bisa makan sendiri, berilah pakan kering kucing, dan bisa di selingi dengan jangkrik atau ulat Hongkong karena pada dasarnya landak adalah pemakan serangga.

Makanan Landak Mini

Nah demikian penjelasan tentang bagaimana cara beternak landak mini, setelah masa panen atau masa di mana landak sudah siap jual, anda bisa membandrolnya dengan harga yang cukup tinggi, dan tentunya bisa mendatangkan keuntungan lebih untuk anda, semoga informasi cara budidaya hewan ini bermanfaat, Selamat mencoba!