Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bika Ambon Makanan Khas Dari Medan Legit Dan Lembut

 Bika Ambon Makanan Khas Dari Medan Legit Dan Lembut

Duniahobiku.com - Saat sedang berkunjung ke kota Medan, apa yang pasti Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh? Pasti hal pertama yang akan dibeli adalah Bika Ambon. Kue ini memang telah menjadi oleh-oleh wajib ketika mengunjungi Medan karena rasanya yang sangat manis dan nikmat sejak 30 tahun lalu. Memang kue kuning ini sudah bisa ditemukan dimana-mana tetapi tetap saja kue yang asli bercita rasa lebih tinggi dan khas kota Medan.

Bika Ambon

Bika Ambon merupakan kue berwarna kuning dengan permukaan yang berlubang-lubang kecil dan berserat dengan rasa legit yang khas. Walaupun kue ini menggunakan julukan ‘Ambon’ tetapi sebenarnya kue ini berasal dari kota Medan. Asal-usul julukan Ambon adalah karena pada zaman dahulu kue ini hanya bisa ditemukan di jalan Ambon, Medan dan merupakan tempat penjualan satu-satunya kue kuning ini sehingga masyarakat dahulu menyebut kata ‘Ambon’ untuk kue ini. Kue ini terbuat dari campuran santan, gula, tepung tapioka, telur dan air nira. Anda akan menemukan banyak toko kue bika yang tersebar di Medan, namun yang paling populer terletak di JL Majapahit no. 62.

Bika Ambon Zulaikha

Salah satu toko yang terkenal di kota ini adalah Bika Ambon Zulaikha, Toko ini didirikan oleh Hajjah Mariani yang sekarang telah berusia 67 tahun. Zulaikha merupakan nama putrinya, toko ini telah berdiri sejak tahun 2003 dan tetap populer di kalangan masyarakat Medan hingga sekarang. Untuk membeli satu kotak kue bika saja, Anda harus menunggu antrian yang panjang dan dalam waktu yang cukup lama. Salah satu keunggulan kue kuning dari toko ini adalah penggunaan air nira yang berkualitas karena asli dari pulau Sumatera dengan proses fermentasi hingga 10 jam sehingga memberikan serat kue yang berkualitas. Ada 3 varian yang dihadirkan pada kue bika disini yaitu rasa keju, original dan mocca.

Bika Ambon Zulaikha

Harga Bika Ambon Zulaikha

Harga kue Bika Ambon yang ditawarkan tergantung pada masing-masing varian. Untuk varian besar original harganya Rp 86.000 dan varian kecilnya seharga Rp 55.000. Untuk varian besar keju harganya Rp.95.000 dan varian kecilnya seharga Rp 65.000. Untuk varian besar mocca harganya Rp. 86000 dan varian kecilnya seharga Rp 60.000. Anda bisa langsung mengunjungi tempat ini untuk membeli oleh-oleh khas medan. Selamat berbelanja oleh-oleh.

peta bika ambon zulaikha