Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bersihkan Tuntas Kutu Pada Burung Kenari dengan Sunlight

 Bersihkan Tuntas Kutu Pada Burung Kenari dengan Sunlight

Duniahobiku.com – Kita semua pasti sudah pada tahu kalau burung kenari itu mempunyai musuh yang namanya kutu. Dimana kutu ini bisa membuat bulu – bulu burung kusam bahkan sedikit demi sedikit mulai rontok seperti halnya burung yang sedang over birahi (OB). Salah satu cara yang digunakan oleh para penghobi burung kenari yaitu dengan menggunakan sabun pencucui piring sunlight. Mungkin banyak yang ragu tapi beberapa penghobi telah mencobanya dan ternyata berhasil.

Adapun cara untuk menghilangkan kutu bisa dilakukan dengan berbagai hal atau cara. Tapi khusus di artikel kali ini aku akan memberikan cara atau terapi burung kenari yang terkena kutu dengan menggunakan sabun pencuci piring seperti halnya sunlight. Cara ini diperkenalkan oleh teman kita sesama pencinta burung .

Menghilangkan Kutu Pada Kenari dengan Sunlight

Terapi ini dilakukan dengan cara memandikannya dengan menggunakan sabun pencuci piring. Akan tetapi sebelum kamu memandikan burung kenari tersebut, lihat terlebih dahulu kondisinya dan pastikan sedang dalam keadaan fit. Jika kamu sudah yakin bisa langsung ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk mulai memandikannya.

Cara Memandikan Burung Kenari dengan Sabun Pencuci Piring

Pertama – tama kamu ambil setengah botol air yang kemudian ditambahkan 5 tetes sunlight dan aduk sampai rata.

Kemudian semprotkan pada sayap dan ekor burung kenari yang dimulai dari pangkal sampai ujung bulunnya dan hindari pada bagian kepala, cukup sampai lehernya saja. Lakukan secara telaten sampai tidak ada yang terlewat sampai bintik – bintik hitam yang disebut dengan telur kutu  menghilang.

Setelah itu, kenari di jemur dibawah sinar matahari atau bisa juga di angin – anginkan sampai bulu – bulunya benar kering.

Terakhir, kamu masukan kandang dan siapkan cepuk kecil berisi air dan biarkan burung tersebut mandi dengan sendirinya.

Angin – anginkan kembali sampai kering dan  kutu – kutu pada burung akan hilang dan kondisi burung menjadi bening kembali alias tidak kusut.

Cara Memandikan Burung Kenari dengan Sabun Pencuci Piring

Itu adalah salah satu cara dalam membersihkan kutu pada burung kenari dengan menggunakan sabun pencuci piring seperti sunlight yang dibawa atau diperkenalkan oleh teman kita sesama pencinta burung. Selama itu dengan menggunakan metode tersebut tidak ada burung yang mati dan yang ada menjadi lebih sehat.

Jika sudah begitu kita juga yang senang, nah agar kutu – kutunya tidak kembali lagi atau menyebar terhadap burung yang lain maka kamu harus melakukan beberapa hal dibawah ini, bukankah lebih baik mencegah dari pada mengobati..

Cara Mencegah Penyebaran Kutu Burung

Lebih rajin lagi membersihkan kandang burung dan jika memandikan burung dalam keramba, gunakanlah keramba sendiri dan jangan digunakan secara bergantian.

Jemur burung kenari secara berkala di pagi hari untuk meminimalisir perkembangbiakan kutu atau jamur.

Usahakan kondisi sangkar atau lingkungan burung tersebut dalam kondisi kering, jangan lembab apalagi basah. Gunakan juga voer baru, jangan mengambil dari voer burung tetangga (bekas) karena sayang kalau dibuang! Voer bekas bisa menjadi sarang kutu.

Bersihkan dan semprot kandang burung dengan menggunakan antiseptik atau obat kutu, terutama pada bagian – bagian yang sering berhubungan dengan burung.

Intinya, jika ada burung yang terkena kutu harus dipisahkan dari yang burung lainnya. Baik itu sangkar, tempat mandi, pakan dan yang lainnya agar tidak menyebar pada burung yang lain. Mencegah lebih baik daripada mengobati, Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.