Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkenalan Dengan Kura-Kura Radiata

 Berkenalan Dengan Kura-Kura Radiata

Kura-kura radiata - Kura-kura Radiata adalah jenis kura kura dari famili Testudinidae. Kura kura ini bisa dijumpai di sebelah selatan pulau Madagaskar. Di habitat aslinya kura kura ini memakan tumbuh-tumbuhan berupa rumput, buah-buahan dan juga kaktus. Kura kura radiata ini bisa hidup sampai umur 180 tahun. Ingin tahu lebih banyak tentang kura-kura radiata? Baca terus artikel dan temukan cara merawat dan pakan yang bisa diberikan.

Kura-Kura Radiata tercatat mampu tumbuh sampai 16 inch atau kurang lebih 41 cm dan bobot mencapai 35 pon atau 16 kilo. Kura-kura jenis ini adalah salah satu jenis kura-kura yang memiliki corak cangkang terindah didunia. Beberapa ciri yang membedakan hewan ini dari kura-kura lainnya adalah adanya cangkang yang tinggi, kepala membulat dan kaki serupa kaki gajah. Kaki serta kepala dengan warna kuning selain warna hitam di atas kepalanya. Cangkang kura-kura ini memiliki kombinasi kuning dan hitam. Nuansa kuning pada cangkang memancar dari tengah cangkang sehingga menciptakan pola bintang. Pola bintang ini sedikit berbeda dengan yang dimiliki oleh jenis kura-kura Indian Star. Corak warna pada cangkang kura-kura radiata lebih cantik dan memiliki cangkang yang agak halus.

Ingin mengenal berbagai macam kura-kura darat populer klik disini

Status Kura-kura Radiata

Kura-kura radiata di habibat alaminya tergolong cukup terancam kepunahan karena eksploitasi besar-besaran melalui perdagangan di pasar gelap. Sebenarnya sudah ada undang-undang yang mengatur perlindungan terhadap kura-kura ini. Namun karena masalah ekonomi yang cukup pelik di Madagaskar, maka aturan ini cenderung diabaikan dan perdagangan kura-kura radiata masih berlangsung hingga sekarang.

Kura-kura jenis ini memiliki karakter unik sehingga merawatnya pun agak sulit. Berikut ini beberapa tips merawat si Radiata yang disarikan dari sejumlah rujukan.

Cara Merawat Kura-kura Radiata

Habitat sedapat mungkin memakai tanah kering. Sebab pada prinsipnya binatang ini suka dengan habitat yang kering. Di samping itu Radiata pun memerlukan asupan mineral yang diperoleh lewat memakan tanah.

Ada baiknya di pagi hingga sore kura kura ini dibiarkan bebas dan dijemur pada lokasi yang aman dan tidak boleh lupa dibuatkan area berteduh. Sore hari dimasukkan dalam akuarium dan tambahkan lampu guna menghangatkan tubuh kura-kura.

Selepas dijemur ada baiknya kura kura dibersihkan menggunakan air bersih sebelum dimasukkan ke akuarium.

Akuarium bagi kura kura radiata hendaknya dicuci paling tidak dua hari sekali untuk mengusir penyakit yang mungkin ada. Menjaga kebersihan kandang akan menghindakan hewan dari berbagai penyakit yang bisa menyerang kura-kura kesayangan anda.

Pakan Kura-kura Radiata

Pakan yang disuguhkan diupayakan bermacam-macam. Sayur yang boleh disuguhkan antara lain ialah wortel, sawi, kembang sepatu dan kaktus opuntia. Sementara untuk buah anda boleh memberinya strawberry, mangga, melon, pepaya dan alpukat. Bisa juga diberikan pelet untuk selingan. Pemberian makanan dan minum dilakukan pada pagi dan sore hari.

Harga Kura-kura Radiata

Kura-kura radiata merupakan salah satu hewan peliharaan yang memiliki harga cukup mahal, untuk anakan bisa berharga jutaan rupiah bahkan kura-kura radiata berukuran jumbo bisa dibanderol dengan harga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Harga ini tidak memiliki standar karena tergantung oleh banyak faktor seperti umur, bentuk dan kelangkaan kura-kura radiata. Kura-kura radiata menjadi hewan eksotik seperti layaknya ikan arwana yang menjadi koleksi bagi para kalangan berduit.

Semoga artikel “berkenalan dengan kura-kura radiata” dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia Duniahobiku.com dimanapun  anda berada.