Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belanja Unik Di Pasar Terapung Lok Baintan

 Belanja Unik Di Pasar Terapung Lok Baintan

Duniahobiku.com -  Belum pernah melihat pasar terapung? Atau anda pernah mendengar akan tetapi belum pernah mengunjungi? Rugi sekali bila anda tidak menjejaki kaki di pasar tradisional ini. Tentunya melihat pasar yang berada diatas sungai akan membawa pengalaman unik dalam hidup anda, apalagi jika anda sedang berkunjung ke Banjarmasin. Wisata unik ini sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Pasar terapung Lok Baintan merupakan pasar tradisional yang ada di pulau Kalimantan. Oleh masyarakat pasar ini lebih dikenal dengan pasar terapung sungai Barito, lokasi pasar ini ada di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Seperti namanya pasar terapung yang berarti pedagang dan pembeli menggunakan jukung dalam melakukan transaksi jual beli. Diatas sungai Kuin para pedagang menjual dagangannya, pasar ini memulai aktivitasnya sesudah sholat subuh sampai selepas tujuh pagi. Pasar ini merupakan pasar yang satu-satunya berada di Kalimantan Selatan dan merupakan pasar yang masih bertahan dengan kebudayaan. Seiring dengan berjalannya banyak pasar tradisional yang telah mengalami pemugaran akibat pembangunan yang lebih menonjolkan dengan darat.

Pembayaran di pasar terapung Lok Baintan menggunakan sistem jual beli menggunakan mata uang Indonesia namun di pasar ini masih ada sistem barter yaitu sistem bertukar barang, oleh masyarakat setempat  lebih dikenal dengan istilah Bapanduk. Untuk mengunjungi pasar ini, anda harus rela bangun pagi buta karena bila anda pergi ke pasar pada waktu siang hari, pasar akan sepi karena para penjual dan pembeli sudah pulang. Kemungkinan beberapa tahun ke depan pasar tradisional ini akan ditiadakan karena ada pemugaran dan pengembangan tempat. Sangat disayangkan sekali, karena dengan adanya pasar ini banyak wisatawan pergi mengunjungi pasar terapung ini. Banyak wisatawan baik dari domestik maupun luar negeri pergi dan rela bangun pagi-pagi buta hanya karena ingin melihat suasana pasar ini.

Untuk pergi ke pasar ini, anda dapat menyewa perahu. Lebih dikenal dengan kelotok, biaya yang dikeluarkan adalah Rp 300.000-Rp 400.000. Semakin jauh lokasi yang akan ditempuh maka akan semakin mahal biaya yang dikeluarkan. Waktu yang ditempuh cukup 10 menit saja. Sebaiknya anda pergi ke pasar pada pukul 04.00 karena pada jam itu para pedagang mulai berdatangan ke pasar terapung.

Pasar Ini ibaratnya pasar pada umumnya cuma segala aktivitas jual beli dilakukan diatas perahu, selain sayur dan buah-buahan pasar terapung ini menyediakan berbagai makanan dan kue khas Banjarmasin. Hal inilah yang menjadi keunikan pasar terapung yang cuma ada dibeberapa negara di Asia.

Semoga artikel “Belanja Unik Di Pasar Terapung Lok Baintan” dapat menambah daftar tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Membayangkan berbelanja diatas perahu yang bergoyang pasti membawa keseruan tersendiri. Berminat?