Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anjing Keracunan Coklat Ini bukan Hoax

 Anjing Keracunan Coklat Ini bukan Hoax

Valentine atau hari kasih sayang tentunya identik dengan kado dan coklat yang diberikan kepada pasangan kita. Tapi tunggu dulu, kalau anda sayang dengan anjing anda, coklat bukan tanda kasih sayang tapi itu sama saja membunyikan lonceng kematian terhadap anjing kesayangan anda. Mungkin ada yang tidak percaya dan bertanya dalam hati Apakah betul anjing bisa keracunan coklat? Ini bukan hoax, ini fakta yang mesti diketahui para pemilik anjing. Simak terus artikel dibawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Kadang tanpa kita sadari kita memberikan coklat saat kita sedang memakan coklat kegemaran kita. Mungkin kalau secuil kecil tidak terlalu berdampak terhadap anjing kita bagaimana jika memang anda khusus membelikan coklat dalam jumlah berlebihan? Hati-hati menghadiahkan makanan berbahan coklat pada anjing kesayangan anda. Bisa-bisa anjing kita celaka. Coklat dalam bentuk apapun apalagi coklat mentah (kakao) sebaiknya tidak anda berikan kepada anjing, cukup anda saja yang menikmatinya.

Dalam beberapa kasus anjing keracunan coklat setelah berlangsung pesta ulang tahun atau acara keluarga dirumah. Pada saat itu biasanya banyak kue, permen atau es krim berbahan baku coklat. Mungkin karena kurangnya pengetahuan tentang bahaya coklat, tanpa disadari beberapa sahabat dan keluarga terdekat memberikan coklat kepada anjing dirumah. Mungkin hanya untuk kesenangan dan rasa senang melihat anjing bertampang lucu menjilat-jilat coklat yang diberikan. Beberapa jam kemudian masalah mulai nampak ketika anjing milik anda tiba-tiba mengalami keracunan.

Gejala yang nampak saat anjing keracunan coklat biasanya diawali dengan muntah-muntah. Muntahannya tersebut berbau coklat. Umumnya kejadian terjadi setelah 2-4 jam setelah anjing mengkomsumsi coklat. Setelah muntah biasanya diikuti dengan diare yang hebat terhadap anjing. Anjing menjadi sering kencing tetapi air kencingnya berangsur-angsur menjadi keruh merah kecoklatan karena mengandung darah.

Nafsu minum menjadi meningkat tetapi nafsu makan semakin berkurang bahkan hilang sama sekali. Suhu badan saat diperiksa meningkat di atas 410C. Anjing kejang-kejang kaku dan sangat sensitif terhadap sentuhan dan rasa sakit. Nafas menjadi cepat dan berat. Detak jantung juga meningkat tetapi tekanan darah menjadi turun. Detak jantung berlanjut menjadi semakin tidak beraturan dan lama kelamaan kondisi anjing menjadi semakin lemah. Jika keadaan ini dibiarkan dan tidak ditangani secata tepat, 12-36 jam setelah keracunan coklat anjing akan dapat mengalami koma bahkan hal terburuk yang mungkin terjadi adalah kematian.

Anjing Kecil Lebih Berisiko Keracunan Coklat

Coklat dapat meracuni anjing karena tingginya kadar protein yang terdapat dalam olahan coklat (dalam jangka panjang dapat mengganggu fungsi ginjal) dan adanya methylxanthine dalam bentuk alkaloid dari theobromine. Theobromine merupakan zat yang mirip dengan kafein pada rokok dan kopi. Theobromine tidak berbahaya bagi manusia tetapi khusus anjing bisa sangat berisiko.

Biasanya kadar theobromine akan mengalami degradasi seiring dengan semakin panjangnya proses pengolahan coklat.  Akan tetapi pada saat proses pengolahan coklat kandungan theobromine sering diusahakan tetap tinggi untuk menjaga cita rasa dan aroma coklat.

Tingkat keracunan coklat berhubungan dengan ukuran anjing, umur dan bentuk coklat serta jumlah yang dimakan oleh doggy. Anjing kecil biasanya lebih rentan. Contoh: sepotong kecil coklat dimakan oleh anjing Miniatur Pincher tentu akan berbeda efek jika sepotong kecil coklat tadi dimakan oleh Doberman Pincher. Anjing lebih muda juga lebih rentan karena proses penyerapan makanan dan metabolisme tubuh lebih cepat dan lebih tinggi daripada anjing tua. Akibatnya gejala keracunan coklat pada anjing muda lebih cepat terlihat namun juga lebih sulit diatasi.

Dosis keracunan coklat pada anjing 100-150 mg/kg berat badan. Sebagai ilustrasi anjing poodle berbobot 4 kg akan mulai keracunan jika mengkomsumsi produk coklat 400 mg methyxanthine. Jika diberikan susu coklat 1 gelas (200 cc) berarti mengandung 420 mg methylxanthine maka poodle tadi akan mengalami keracunan.

Anjing termasuk hewan omnivora sehingga ia tidak akan menolak jika disuguhi coklat yang gurih dalam bentuk kue, permen dan coklat batangan terlebih jika mengandung atau ditambahkan susu.  Bukan cuma saat disuguhi, anjing yang memiliki kepandaian membuka lemari makan atau kulkas dapat berpotensi keracunan terlebih jika kita menyimpan kue coklat atau permen coklat ditempat yang mudah diraih anjing.

Pertolongan Saat Anjing Keracunan Coklat

Sampai saat ini belum ada antidota spesifik untuk keracunan coklat. Jadi sebaiknya jika anda menduga terjadi keracunan coklat segera bawa anjing anda kedokter hewan terdekat untuk mendapat pertolongan. Adakalanya anjing mati sebelum sempat ditangani oleh dokter karena anjing mengalami gejala syaraf dan gangguan jantung.

Jika suatu saat anjing anda ketahuan mengkomsumsi coklat usahakan agar anjing muntah agar coklat yang tertelan dapat keluar. Jangan sekali-kali memberi minum karena hal tersebut malah akan mempercepat proses cerna dan penyerapan. Jika anda tidak berhasil membuat anjing muntah segera bawa kedokter hewan terdekat. Dokter biasanya akan memberikan obat perangsang muntah. Bisa menggunakan cairan 3% H2O2 peroral untuk merangsang anjing muntah. Perlakuan ini hanya jika anjing belum mengalami gangguan syaraf dan kekejangan yang menunjukkan tingkat keracunan yang cukup akut.

Jika berhasil memuntahkan coklat segera berikan Norit 2 tablet / kg berat badan. Anjing akan di infus intravena untuk mengatasi keseimbangan elektrolit tubuh. Jika kencing anjing sudah keruh dokter akan memasang kateter urin selama beberapa hari agar tidak mengalami reabsorpsi.

Jika anjing mengalami kekejangan dan gejala syaraf maka dokter hewan akan meberikan obat penenang dan relaksan karena jantung mengalami gangguan serta monitoring terhadap fungsi jantung akan terus dipantau dan akan diberikan obat yang sesuai pada anjing yang mengalami sesak napas, pemberian oksigen adalah cara yang tepat.

Jika anjing berhasil ditangani dan diselamatkan maka monitoring akan dilakukan secara berkala terhadap fungsi ginjal. Anjing harus mengkomsumsi pakan lembut selama 2-3 minggu saat mulai pulih. Sangat disarankan anjing diberi pakan khusus untuk membantu pemulihan ginjal.

Satu hal yang juga perlu diketahui adalah jika anjing mengalami keracunan coklat pada saat awal kebuntingan maka dapat berpengaruh terhadap anak didalam perutnya, anak anjing bisa menjadi abnormal dan jika kejadian terjadi saat induk anjing sedang menyusui maka anak anjing bisa mengalami gangguan pertumbuhan.

Semoga artikel diatas dapat membuat anda lebih waspada terhadap bahaya keracunan coklat yang dapat menyerang anjing kesayangan. Mencegah lebih baik daripada mengobati jadi jauhkan coklat dari anjing kesayangan anda karena jika telat ditangani anjing bisa mengalami kematian.