Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Oleh-Oleh Khas Surabaya Paling Populer

 9 Oleh-Oleh  Khas Surabaya Pilihan Anda

Duniahobiku.com - Ketika kita melakukan kegiatan wisata ke berbagai tempat wisata, tentunya ada hal yang wajib kita lakukan yakni memilih oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Salah satu destinasi tujuan wisata yang banyak dijadikan pilihan oleh banyak orang adalah Jawa Timur khususnya daerah ibu kota Surabaya yang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Bagi anda yang saat ini tengah berada di kota tersebut, berikut ini akan saya coba paparkan beberapa aneka olahan makanan yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta dengan rasa yang mampu menggugah selera setiap orang yang mencicipinya.

Berbagai Oleh-Oleh Makanan Khas Surabaya yang Bisa Anda Jadikan sebagai Pilihan saat melakukan perjalanan ke kota Surabaya antara lain :

1 . Kerupuk Ikan Kenjeran

Kerupuk yang satu ini bukanlah jenis kerupuk biasa yang biasa anda makan sehari-hari. Jenis makanan ringan yang satu ini memiliki rasa yang gurih dan lezat serta bisa anda konsumsi dengan menggunakan nasi agar menjadi lebih meningkatkan nafsu makan anda. Oleh-oleh makanan khas Surabaya ini terbuat dari makanan seafood atau ikan laut yang memiliki cita rasa tinggi. Kerupuk yang satu ini merupakan salah satu makanan khas Pantai Kenjeran yang merupakan salah satu pantai terkenal di Jawa Timur yang  kerap dikunjungi sebagai salah satu tempat wisata terbaik untuk dijadikan pilihan dalam menghabiskan waktu liburan anda.

Kerupuk Ikan Kenjeran

2 . Bunarendang

Makanan yang satu ini memiliki nama yang unik yang merupakan sebuah singkatan. Bunarendang adalah burger rendang yang memadukan antara nasi dan makanan khas Padang yaitu rendang. Meskipun kuliner rendang merupakan makanan khas Padang, akan tetapi Bunarendang hanya bisa anda temukan di Ibukota Provinsi Jawa Timur saja. kelewatan masakan yang satu ini bisa anda coba sendiri. Masakan yang satu ini bukanlah jenis masakan yang bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh karena merupakan salah satu jenis masakan cepat saji yang lezat jika disantap langsung setelah dihidangkan.

Bunarendang

3 . Abon Khas Surabaya

Ada yang beda dari jenis Abon yang ditawarkan ini, makanan abon memang salah satu jenis makanan yang bisa kita beli dimana pun. Akan tetapi, rasa dan kelezatan jenis abon yang satu ini dijamin beda dari jenis abon lainnya karena menggunakan bahan daging sapi berkualitas terbaik. Selain itu, ada dua rasa yang bisa anda jadikan sebagai pilihan yakni manis dan pedas. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera dan keinginan anda sendiri

Abon Khas Surabaya

4.Spikoe Resep Kuno

Bagi anda penggemar kue lapis jangan sampai melewatkan oleh-oleh khas yang satu ini, mungkin telah banyak yang membuat kue lapis tetapi yang satu ini berbeda Spikoe resep kuno dibuat berdasarkan resep turun temurun yang unik sehingga rasanya juga unik dibandingkan produk serupa. Jika penasaran dengan kue lapis ini langsung saja kunjungi tempatnya di jalan Rungkut Madya No.41 , Kota Surabaya.

Spikoe Resep Kuno

5. Siropen Telasih

Jika anda penggemar minuman manis, anda bisa mencoba cita rasa unik sirup khas Surabaya yang telah lama dikenal enak ini. Pabrik ini dulunya dibangun seorang warga Belanda asli bernama JC Van Drongelen pada tahun 1923. Pabrik sirup bersejarah ini dulunya dibuat dengan menggunakan kayu sebagai bahan bakar pada proses pembuatannya.  Siropen telasih bisa ditemukan diberbagai toko oleh-oleh di Surabaya.

Siropen Telasih

6.Kue Lapis Surabaya

Siapa sih yang tidak mengenal kelezatan kue lapis Surabaya, sekali anda menggigitnya anda mencoba dan mencoba lagi hingga tidak terasa kue sudah tidak tersisa lagi. Dibandingkan kua bolu, menurut beberapa penggemarnya kue lapis Surabaya lebih empuk dan memiliki rasa yang manis dan khas. Pada saat berkunjung ke Surabaya anda bisa berburu kuliner yang satu ini apalagi kue lapis Surabaya memiliki berbagai variasi dan toping yang bisa disesuaikan dengan selera anda.

Kue Lapis Surabaya

7.  Snack Guna-Guna

Jangan berprasangka buruk ya, ini bukan snack hasil ilmu hitam melainkan hasil olahan kentang dan singkong jadi tentunya aman untuk dimakan. Namanya yang unik membuat banyak orang penasaran untuk mencicipinya, Apalagi harganya cukup terjangkau. Untuk pilihan rasa kita bisa memilih rasa balado, manis ataupun pedas.

Snack Guna-Guna

8. Kue Mente

Salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang patut anda coba adalah kue mente. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut pasti membuat anda ingin memakannya lagi dan lagi. Ditambah kue ini memiliki harga yang terjangkau sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Kue mente dibuat dengan bahan kue pada umumnya ditambah kacang mete yang menjadi bahan dasarnya, yang diproses masih menggunakan cara tradisional membuat rasanya menjadi khas dan renyah.

Kue Mente

9.Almond Crispy

Berkembangnya bidang kuliner membuat orang semakin berkreasi. Almond crispy baru diperkenalkan dan sudah mencuri perhatian karena memiliki rasa yang unik. Almond crispy terbuat dari tepung, telur, gula, susu bubuk, keju, dan almond diatas kuenya. Oleh-oleh yang satu ini memiliki beberapa macam rasa antara lain coklat, keju dan green tea.

Almond Crispy

Semoga artikel 9 Oleh-Oleh  Khas Surabaya Paling populer tentunya dapat menjadi gambaran apa saja yang dapat menjadi oleh –oleh buat  keluarga dan kerabat saat berkunjung ke kota Surabaya.