Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Macam Ikan dan Hewan Pembersih Dinding Aquarium

 5 Macam Ikan dan hewan Pembersih dinding Aquarium

Duniahobiku.com - Sinar matahari pada aquarium dapat  menyebabkan munculnya alga dan lumut. Ekosistem alga dan lumut di dalam aquarium dapat terus berkembang, jika tidak diatasi akuarium akan terlihat kotor dan  menyebabkan dinding aquarium berubah jadi berlumut. Selain cara menggosok dan membersihkan akuarium ternyata ada cara praktis dengan memelihara beberapa jenis ikan dan hewan untuk mengatasi lumut dan alga pada akuarium. Ingin tahu ikan dan hewan apa sajakah itu? Simak terus artikel ini.

Pemandangan ikan lalu lalang didalam akuarium tentunya merupakan hiburan yang menarik dikala santai, namun apabila lumut dan alga tumbuh tak terkendali tentunya akuarium akan terlihat berwarna hijau dan menutupi dinding akuarium. Tetapi jangan cemas, macam-macam ikan dan hewan berikut ini sudah terbukti dapat menyapu dinding-dinding akuarium tersebut sehingga bersih kembali, diantaranya:

1. Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

Kehidupan ikan SAE pada dalam aquarium jelas cukup bermanfaat. Ikan yang satu ini dikategorikan ikan yang suka memakan alga sejati, tidak peduli tipe alga apapun itu. Semuanya tetap disikat sampai bersih. Ia mampu memakan alga terus-menerus tanpa henti.

Ikan SAE juga dikenal dengan julukan ikan yang aktif. Agar ikan dapat hidup seperti dihabitat aslinya, tempatkan dirinya di dalam aquarium yang ditumbuhi tumbuhan yang memiliki daun lebar.

Ikan SAE (Siamese Algae Eater)

2. Ikan CAE (Chinese Algae Eater)

Ikan CAE umumnya berwarna kuning menyolok yang juga dikenal dengan nama pelahap lumut sejati. Warnanya yang indah menjadikan ikan ini disukai oleh banyak orang, jadi tidak heran jika ikan ini banyak dicari para aquascape.

Ikan CAE sangat baik ditaruh di dalam wadah yang kotor. Selain mampu menyapu aquarium, ikan ini juga cukup baik untuk menjaga ekosistem. Letakkan ikan CAE bersamaan dengan ikan-ikan kecil agar mereka bisa saling bermain bersama.

Ikan CAE (Chinese Algae Eater)

3. Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

Ikan OTO merupakan ikan yang paling kecil dibandingkan dua ikan yang disebutkan di atas. Panjang badannya hanya mencapai 5 cm saja. Tetapi jangan salah karena ikan ini tebukti sanggup membersihkan lumut atau alga dalam aquarium.

Ukurannya yang mungil membuat ikan ini harus dirawat dalam ekosistem yang sangat banyak, agar kaca aquarium yang kotor bisa bersih secara menyeluruh.

Ikan OTO (Otocinclus Affinis)

4. Ikan Sapu-Sapu

Ikan sapu-sapu termasuk ikan tahan banting karena dapat tinggal dalam keadaan air tipe apapun termasuk air yang jernih, kotor, juga campuran air hasil sampah sekalipun. Ikan sapu-sapu malas bergerak, sehingga ritme pergerakannya cukup lamban.

Tetapi, ikan sapu-sapu memakai metode lamban namun pasti. ditunjukkan dengan kesanggupan dirinya untuk membuat bersih semua lumut dan alga yang berada di dalam aquarium.

Ikan Sapu-Sapu

5. Keong Tanduk

Menyapu kaca aquarium dengan ikan-ikan terlihat telah umum. Bagaimana kalau membersihkannya dengan keong? Keong tanduk mampu menyapu lumut dan tanaman alga di dalam aquarium sekaligus menjadikan aquarium tampak cukup menawan dengan bentuk dan warna-warni cangkang yang menarik.

Keong Tanduk

Model dari keong tanduk tidak sama dengan model keong biasanya. Dimana bagian tubuhnya didapati duri-duri kecil-kecil disertai dengan gradiasi warna yang juga bagus. Kalau aquarium milikmu jorok, jangan enggan untuk memiliki satu jenis dari ikan tersebut ya!

Semoga artikel “5 Macam Ikan Dan Hewan Pembersih Dinding Aquarium” dapat membantu anda dalam mengatasi akuarium yang penuh dengan lumut dan alga sehingga akuarium dirumah selalu terlihat menarik.