Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ikan Bawal Siang Hari Paling Jos

 Umpan Ikan Bawal Siang Hari Paling Jos

Umpan ikan bawal siang hari paling jos apa ya? Umumnya ikan lebih rakus saat pagi hari atau sore hari, mancing disiang hari memang memerlukan kesabaran yang lebih. Penasaran apa rahasianya? Baca terus artikel ini dan anda akan menemukan umpan bawal yang paling jos saat cuaca panas.

Sebelum mengetahui jenis umpan ikan bawal paling jos, ada baiknya kita mengenal sedikit mengenai ikan bawal yang banyak diincar para pemancing karena tarikannya yang kuat. Ikan bawal (Collossoma sp) memiliki tampilan mirip dengan ikan piranha bahkan habitat aslinya berasal dari sungai yang sama yaitu Sungai  Amazon, Brazil.

Ikan bawal termasuk ikan komsumsi yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Ikan ini termasuk unik karena saat masih kecil ikan ini masih masuk dalam golongan omnivora atau pemakan segala tetapi saat ikan ini mulai beranjak dewasa ikan ini cenderung menjadi ikan carnivora. Ikan bawal memiliki bentuk tubuh oval dan panjangnya dapat mencapai 1 meter dan berat 30 kg.

Setelah mengetahui sedikit tentang ikan bawal tentunya sekarang kita akan mencari umpan ikan bawal paling jitu di siang hari. Berikut beberapa umpan bawal yang dapat anda coba :

1.          Usus Ayam

Umpan yang satu ini mudah didapatkan dipasar atau  para penjual ayam, tapi kalau kebetulan sedang memotong ayam dirumah anda bisa menyimpannya untuk digunakan saat memancing. Usus ayam yang akan digunakan dapat anda celup kedalam air panas terlebih dahulu sebelum digunakan agar lebih elastis, anda bisa memotongnya menggunakan gunting sesuai yang diperlukan saat memancing. Umpan praktis ikan bawal ini dapat anda coba saat mancing dikolam maupun disungai.

2.          Cacing Kalung

Cacing kalung merupakan salah satu jenis cacing tanah yang memiliki ukuran agak besar. Cacing ini bisa anda cari sendiri dilapangan,  dibawah pohon pisang atau dibawah tumpukan sampah organik. Tapi jika tidak ingin repot cacing kalung juga sudah dijual secara online.

Cacing Kalung

Cara menggunakannya adalah dengan mengaitkan cacing kalung pada mata kail dan setelah itu celup cacing kalung kedalam wadah berisi kuning telur bebek. Agar menimbulkan bau amis yang dapat merangsang ikan bawal menjadi lebih agresif menyambar umpan anda.

3.          Pisang Matang

Pisang ternyata bukan cuma disukai oleh manusia tapi ternyata ikan bawal juga menyukainya. Pisang yang digunakan sebaiknya pisang yang matang dan telah menimbulkan aroma khas. Ikan bawal termasuk ikan omnivora yang menyantap apa saja termasuk buah-buahan. Bukan cuma pisang saja yang dapat digunakan, beberapa pemancing kadang menggunakan pepaya, jambu biji, nangka, dll. Pisang lebih umum digunakan karena selain murah juga mudah didapatkan.

Pisang Matang

4.          Kepompong Ulat Daun Pisang

Kalau diatas kita menggunakan buah pisang  sebagai umpan ikan bawal kali ini kita menggunakan kepompong ulat daun pisang. Ulat ini biasa ditemukan pada daun pisang. Salah satu cirinya yaitu daun pisang menggulung pada ujung daun. Kita bisa membukanya dan mendapati ulat tersebut bersembunyi didalam daun.

Kepompong Ulat Daun Pisang

Sebagai tips saat menggunakan ulat pada daun pisang ini adalah memencet ulat sampai mengeluarkan lendir setelah dikaitkan pada mata kail. Hal ini bertujuan agar ulat berbau amis sehingga menarik perhatian ikan bawal untuk segera menyambarnya.

5.          Ulat Mengkudu

Mengkudu atau dikenal dengan nama pace merupakan salah satu buah yang dikenal memiliki banyak manfaat. Tapi kali ini kita tidak mencari buah mengkudu sebagai obat herbal tetapi mencari ulat yang berada di mengkudu sebagai umpan ikan bawal. Ulat berwarna hijau tersebut dapat kita cari lalu kumpulkan sesuai dengan kebutuhan kita saat memancing. Jangan lupa untuk mengambil beberapa helai daun mengkudu sebagai tempat bersembunyi ulat lalu taruh kedalam wadah ulat yang telah kita kumpulkan.

Ulat Mengkudu

6.          Jangkrik

Umpan alami yang satu ini banyak digunakan para pemancing bukan hanya untuk bawal tetapi beberapa jenis ikan lainnya juga tertarik dengan umpan ini. Jika kesulitan mencari jangkrik dirumah yang makin langka terutama yang hidup di perkotaan kita bisa mencarinya di pasar burung dikota anda. Pasti ketemu!

Jangkrik

7.          Belut

Belut berukuran kecil bisa digunakan sebagai umpan bawal kategori babon. Caranya panggang belut sampai setengah matang. Jangan sampai kelebihan karena daging belut menjadi lembek dan mudah hancur. Kaitkan umpan yang telah dipanggang pada mata kail dilokasi spot favorit anda, siap-siap saja dari sambaran bawal babon.

Belut

8.          Anak Ikan Mas

Anak ikan mas lazim digunakan saat memancing. Kita dapat memperolehnya di para peternak ikan mas. Biasanya ada banyak ikan apkir yang tidak layak dibesarkan. Nah anak ikan mas kategori ini bisa anda dapatkan dengan harga murah dan bisa digunakan sebagai umpan saat memancing. Usahakan agar anak ikan mas tetap hidup saat akan digunakan sebagai umpan, ikan yang hidup lebih menggoda ikan bawal untuk segera menyambar dibandingkan ikan mas yang telah mati. Ukuran yang digunakan sebagai umpan sebaiknya yang kecil sampai sedang kalau terlalu besar mending digoreng saja. Setuju?

Anak Ikan Mas

9.          Anak Ikan Nila

Ikan nila merupakan ikan yang memiliki perkembangan yang cukup pesat. Anda memelihara dikolam besar/empang dalam setahun anda telah menemukan banyak anak ikan nila berenang. Ikan nila kategori sedang sering dicari para pemancing sebagai umpan termasuk para pemancing bawal. Gerakannya yang lincah dapat memperbesar peluang anda mengangkat bawal berukuran babon.

Anak Ikan Nila

Umpan alami diatas bisa anda gunakan sebagai umpan ikan bawal siang hari dan sebagai tambahan berikut umpan yang dapat anda buat dari beberapa bahan agar siap pakai :

Telur bebek 1 buah

Pelet ikan lele 250 gram

1 buah tahu

Kacang tanah 100 gram

1 bungkus santan instan

1 bungkus susu bubuk

Air panas secukupnya

Cara membuatnya cukup mudah yaitu campurkan semua bahan kedalam suatu wadah seperti baskom atau ember lalu aduk hingga merata kemudian tambahkan air panas secukupnya sambil terus diaduk hingga seluruh bahan tercampur secara merata. Dinginkan adonan. Setelah adonan dingin bentuk adonan sesuai selera. Kita dapat membuatnya menyerupai kelereng ataupun memanjang. Jangan membuat ukuran yang terlalu kecil agar tidak mundah hancur saat berada dalam air.

Semoga artikel “Umpan Ikan Bawal Siang Hari Paling Jos” dapat menambah pengetahuan anda tentang beberapa jenis umpan yang dapat digunakan saat memancing ikan bawal. Salam Mancing Mania!