Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Menjinakkan Hamster Anda Yang Galak

 Trik Menjinakkan Hamster Anda Yang Galak

Auhh..tangan anda tiba-tiba digigit hamster yang baru anda beli saat ingin membelainya? Jangan buru-buru memegangnya saat hamster anda belum mengenal anda dengan baik. Anda mesti kenalan dulu baru hamster anda bisa dipegang. Ada beberapa trik menjinakkan hamster galak anda menjadi jinak? ingin tahu triknya. Baca terus artikel ini agar hamster anda takluk dibawah belaian tangan anda.

Hamster galak bisa dijinakkan kok. Yang penting tahu caranya. Binatang buas seperti singa dan harimau saja bisa dijinakkan, pastinya hewan sekecil hamster juga bisa dijinakkan. Kuncinya cuma kesabaran dan kasih sayang anda terhadap hamster anda.

Dalam keadaan tertentu hamster bisa menjadi lebih galak dan ogah disentuh, misalnya saat habis melahirkan biasanya hamster sedikit lebih agresif, hal itu lumrah sebagai naluri binatang melindungi anaknya. Banyak hamster yang baru dibeli dari petshop dan toko hewan langsung menggigit ketika ingin disentuh, galaknya minta ampun. Hal itu terjadi karena hamster jarang dipegang dan dibelai. Padahal sebagai pemilik tentunya anda ingin memegang dan membelai hamster kesayangan anda bukan?

Hamster menjadi galak dan mudah menggigit karena hamster masih merasa asing dengan kehadiran anda. Naluri pertahanan diri membuatnya mengigit karena merasa terganggu dan terancam. Jangan khawatir anda bisa kok memegangnya tapi jinakkan dulu hamster anda dengan beberapa trik yang ingin penulis bagikan kepada anda :

Hindari Menggunakan Tangan Terbuka

Tangan sebaiknya bebas dari bau makanan sebelum mencoba memperkenalkan tangan anda kepada hamster. Cucilah tangan terlebih dahula agar tidak ada bau/aroma makanan yang mungkin masih melekat pada tangan anda. Hamster bisa saja menggigit karena menyangka tangan kita adalah makanan.

Agar bau anda tangan cepat dikenali dan akrab dengan indera penciuman hamster tangan bisa “dioles” dengan bau/aroma yang sudah dikenali oleh hamster misalnya serutan kayu sebagai alas kandang. Caranya ? anda bisa meremas serutan kayu pada bagian tengah kandang. Hamster biasanya “pipis” dan buang kotoran pada sudut kandang.  Bau serutan kayu akan menyamarkan bau tangan anda sehingga bisa mengelabui penciuman hamster anda.

Dekatkan tangan anda secara perlahan dengan posisi tangan mengepal. Jangan lakukan gerakan spontan yang dapat membuat hamter anda menjadi kaget dan berlarian bahkan terkadang sampai menggigit jika jarak tangan anda sangat dekat.  Setelah itu baru kemudian telapak tangan dibuka. Jika anda langsung menyodorkan tangan dengan posisi telapak terbuka, jari anda bisa menjadi sasaran empuk hamster untuk digigit bahkan bisa sampai mengeluarkan darah.

Seandainya posisi tangan anda dalam keadaan terkepal efek gigitan pada kepalan tangan anda masih terasa lebih ringan dibandingkan digigit pada bagian jari. Pendekatan ini harus dilakukan secara berulang dan membutuhkan kesabaran. Sekitar 2-3 minggu saat hamster terbiasa dengan aroma tangan anda umumnya hamster sudah tidak menggigit lagi. Jika sudah mulai jinak artinya hamster sudah siap untuk dipegang. Usahakan jangan menangkapnya dari arah depan karena hamster bisa kaget dan merasa terancam.  Cobalah mengangkatnya dari arah samping atau dari atas  tetapi dengan gerakan perlahan. Ulangi kalau hamster belum mau diangkat/dipegang hingga hamster akhirnya pasrah dan takluk ditangan anda.

Suapi hamster anda dengan Makanan Favorit

Menyuapi hamster dengan makanan favoritnya dapat anda anda coba. Caranya? pegang biji kacang atau kuaci dengan telunjuk dan ibu jari. Lalu sodorkan secara perlahan kedepan mulut hamster anda. Jika hamster telah mengendus makanan dan mendekat kemudian menggigit kuaci atau biji kacang lalu tarik secara secara perlahan agar hamster mengikuti tangan anda kebelakang.

Lakukan secara berulang tiap hari pada saat akan memberi pakan dan diwaktu luang. Kebiasaan memberi pakan dari tangan selama sekitar 2 minggu akan membuat hamster terbiasa dan merasa nyaman dengan kehadiran anda. Langkah berikutnya setelah hamster mulai memakan pakan dari tangan anda adalah meletakkan telapak tangan diatas alas kandang dengan posisi menghadap keatas. Pegang biji kuaci/kacang diatas telapak tangan dengan ujung telunjuk dan jempol lalu biarkan hamster mendekat dan merambat ke telapak tangan saat akan mengambil makanan tersebut.

Jika masih menggigit anda harus mengulang hal-hal diatas lagi dari awal. Lakukan terus menerus dengan penuh kesabaran dan kasih sayang hingga hamster anda merasa nyaman dipegang. Jika anda telah berhasil menjinakkan hamster bahkan tidak disogok dengan makanan pun hamster dapat dipegang dan dibelai.

Semprotkan Bedak pada Hamster

Hamster juga perlu loh untuk memakai bedak agar wangi. Kita bisa menyiapkan bedak hamster saat ingin menyemprotkan bedak ke tubuh hamster. Taburi bedak ditangan anda agar anda dan hamster memiliki aroma yang sama. Angkat hamster seperti langkah diatas secara perlahan. Jika hamster sudah siap anda bisa mengoleskan bedak ke hamster anda secara lembut dan merata.

Masing-masing cara memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda. Kunci dari keberhasilan kita menjinakkan hamster adalah kemauan dan kesabaran kita melakukannya secara rutin hingga berhasil. Kita juga harus siap digigit walaupun tidak terlalu sakit tapi setelah semuanya anda lewati dan hamster takluk ditangan anda, tentunya anda bebas bermain dan membelai hamster anda kapan saja. Jangan lupa untuk selalu melakukan interaksi dengan cara diatas meskipun hamster anda telah jinak agar hamster selalu ingat dengan kita dan memiliki hubungan emosional.

Tips  Saat akan Memegang Hamster :

Jangan lakukan gerakan tiba-tiba yang dapat membuat hamster kaget saat akan dipegang.

Jangan memaksakan diri memegang hamster yang sedang tidur atau membangunkannya untuk bermain.

Saat paling tepat untuk memegang hamster adalah saat sore atau malam hari. Hamster adalah binatang nocturnal yang aktif pada malam hari.

Jangan memegang hamster saat waktu hamil dan habis melahirkan. Selain galak, hamster anda juga bisa stress. Kecuali hamster betul-betul jinak dengan anda sehingga tidak masalah anda pegang.

Hampir semua jenis hamster bisa dijinakkan walaupun secara bawaan ada beberapa yang galak seperti Campbell dan Roborovoski yang sangat aktif. Hamster Syria termasuk paling mudah dijinakkan.

“Trik Menjinakkan Hamster Anda Yang Galak” semoga dapat bermanfaat buat anda semua para pecinta “Hamtaro” dimana saja anda berada. Menjinakkan hamster merupakan seni melatih kesabaran yang tidak bisa dilakukan dalam semalam tetapi hasilnya pasti akan membuat anda tersenyum.