Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Di Pantai Karang; Cara Mancing Tanpa Kapal

 Mancing Di Pantai Karang; Cara Mancing Tanpa Kapal

Memancing dari tebing karang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan ikan besar tanpa menggunakan kapal. Walaupun mengandung resiko yang tinggi tapi cara ini banyak juga ditempuh para mancing mania yang menyukai tantangan yang memicu adrenalin. Ingin tahu apa saja yang perlu diketahui saat mancing di pantai karang? Ikuti artikel ini dan temukan berbagai tips yang mungkin berguna buat anda yang menyukai hobi memancing di pantai karang.

Lokasi memancing dari tebing atau yang dikenal dengan mancing karangan (rock fishing) dapat kita temukan dibeberapa pantai selatan pulau Jawa, bagian selatan Sumatera dan beberapa wilayah di Indonesia. Memancing di pantai karang berpotensi mendapatkan ikan-ikan besar karena pantai berbatu merupakan daerah yang dalam dan tempat berkumpulnya  berbagai jenis ikan. Berikut beberapa hal yang mungkin perlu anda ketahui saat akan memancing di pantai karang:

Ikan Target di Pantai Karang

Ikan yang berada di pantai karang mirip dengan ikan yang berada di zona batu karang ditengah laut, termasuk beberapa ikan permukaan seperti ikan kuwe, Giant Travelly (GT), tenggiri, layur, barakuda. Jenis ikan yang jarang kita temukan di pantai karang adalah jenis ikan pelagis yang merupakan ikan pengembara di lautan seperti ikan tuna, lemadang, wahoo, sunglir, dan ikan laut lepas lainnya.

Pantai karang juga merupakan tempat memancing yang cocok untuk berburu ikan-ikan terumbu karang seperti ikan kerapu, kakap, ikan kampur, kuniran, pakol, baronang, kelompok ikan butana, dan ikan hiu.

Waktu Memancing di Pantai Karang

Siang hari merupakan waktu untuk memancing ikan berukuran kecil hingga sedang tetapi bila kita ingin mendapat ikan besar sebaiknya kita memancing di malam hari. Musim hujan adalah saat yang baik untuk mancing dipantai karang. cuma mengandung resiko yang lebih tinggi. Penyebabnya adalah air disekitar pantai lebih hangat dibanding ditengah sehingga banyak ikan besar menepi kepinggir tebing.

Mancing di saat bulan purnama atau bulan sabit sebaiknya dihindari karena efek cahaya sinar bulan akan membuat ikan lebih senang berlindung disarangnya karena kondisi didalam laut menjadi sangat terang bagi ikan.

Musim penghujan adalah waktu terbaik untuk memancing dipantai karang khususnya di wilayah pulau Jawa bagian selatan. Hal ini disebabkan karena angin yang bertiup dari barat membawa hujan dan udara hangat dari khatulistiwa yang membuat air laut dipantai selatan Jawa menjadi lebih hangat. Kondisi air yang hangat akan membuat ikan-ikan kecil berkumpul dan bermain disekitar wilayah ini, biasanya ikan-ikan besar akan mengikuti seperti ikan barakuda dan tenggiri. Ikan dasar juga menjadi lebih aktif dengan kondisi cuaca seperti ini. Kondisi dimana air laut menjadi lebih hangat biasanya berlangsung sejak bulan November-Mei.

Pada musim kemarau, angin yang bertiup dari arah timur membawa udara dingin dari benua Australia yang sedang mengalami musim dingin. Kondisi ini menyebabkan kondisi air menjadi lebih dingin sehingga ikan-ikan kurang aktif mencari makan dan biasanya terjadi di bulan Juni-Sepetember. Sebaiknya anda tidak memancing dibulan-bulan tersebut karena hasilnya kurang maksimal. Tetapi jika anda tetap ingin mencobanya anda bisa menggunakan metode popping atau mancing dasar pada siang hari.

Lokasi Yang Tepat Mancing Pantai Karang

Memancing dipantai karang membutuhkan stamina yang prima terutama saat musin hujan tiba. Perjalanan untuk memproleh lokasi yang baik kadang harus melalui medan yang cukup berat dimana kita harus melintasi bukit kapur, jalan off road, jalan yang setapak yang jauh serta bebatuan karang yang tajam yang bisa menggores kaki dan tangan kita. Terkadang medannya pun harus bertaruh nyawa. Sebaiknya jika ingin memancing dipantai karang kita tidak sendirian namun bersama beberapa orang/tim agar dapat saling menjaga satu sama lain. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita telah mendapatkan lokasi yang tepat untuk mancing karang :

Pilihlah lokasi yang menurut anda cukup dalam dan aman untuk memancing.

Tentukan lokasi untuk menjangkar atau mengangkat ikan.

Buatlah tenda sebagai tempat istirahat dan berteduh ketika hujan deras datang.

Persiapkan jangkar dan tali.

Pantai karang yang digunakan untuk memancing biasanya memiliki kedalamanan yang bervariasi. Mulai dari 5 meter hingga 100 meter. Selain persiapan diatas kita juga perlu peralatan pendukung lainnya.

Perlengkapan pribadi: Head lamp (senter kepala) terutama saat mancing malam hari, topi, jaket, jas hujan untuk berjaga-jaga terutama saat musim hujan tiba, sepatu boot, alas tidur / matras.

Perlengkapan tim: Terpal/tenda, alat masak, cool box (untuk menyimpan umpan), pisau, senter, kotak P3K.

tenda mancing pantai karang

Umpan Mancing Pantai Karang

Umpan merupakan salah satu elemen penting saat akan memancing. Umpan yang digunakan saat memancing dipantai karang berukuran kecil hingga sedang (10-400 gram). Jenis umpan yang bisa digunakan antara lain ikan tongkol, kembung, belanak, alu-alu, teri, dan udang.

Semoga artikel “Mancing Di Pantai Karang; Cara Mancing Tanpa Kapal” dapat bermanfaat buat anda semua para mancing mania dimanapun anda berada. Meskipun mengandung resiko yang cukup tinggi tapi memancing dipantai karang dapat memberikan pengalaman luar biasa buat anda yang baru pertama kali memancing di pantai karang. Hati-hati dan waspada merupakan hal penting yang selalu anda perlu perhatikan saat memancing di lokasi ini, memancing merupakan hobi yang sangat mengasyikkan tapi ingat sayangi nyawa anda.