Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Jenis Ikan Arwana Paling Populer Didunia

 Jenis Jenis Ikan Arwana Paling Populer Didunia

Tahukah anda salah satu Ikan hias paling mahal didunia ? Beberapa dari penggemar ikan hias pasti dapat langsung menebaknya, Jika anda menjawab Arwana maka jawaban anda tepat. Bayangkan saja harganya bisa mencapai 5,5 milliar/ekor. Wow…dengan uang segitu anda bisa mendapatkan 5 buah mobil Alphard keluaran terbaru. Ikan arwana terdiri atas beberapa jenis dan beberapa diantaranya memiliki habitat asli di Indonesia. Ingin tahu jenis-jenis ikan arwana paling populer didunia? Simak terus artikel ini dan mungkin salah satu jenis ikan ini telah anda miliki.

Arwana merupakan jenis ikan hias “exclusive” yang tidak bisa dinikmati oleh semua kalangan. Hal ini disebabkan harganya yang tergolong mahal. Popularitasnya tetap stabil sejak kemunculannya pertama kali dan nyaris tidak terpengaruh dengan pasang surut ikan hias yang sedang trend sebab aro ini memiliki “kasta” dan penggemar tersendiri.

Arwana terkenal dengan beberapa nama populer seperti siluk, kayangan, ikan naga, peyang, kelesa, saratoga, dan aro. Kita mesti bangga sebab beberapa dari jenis ikan arwana memiliki habitat asli di Indonesia seperti Kalimantan dan Papua bahkan ikan yang berasal dari Indonesia diakui sebagai salah satu jenis arwana terbaik didunia. Selain di Indonesia ada beberapa jenis ikan arwana yang ditemukan dinegara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Kamboja. Untuk lebih jelasnya berikut jenis-jenis ikan arwana paling populer didunia :

Ikan Arwana Red Tail Golden

Ikan ini memiliki habitat asli di Indonesia tepatnya di Riau, Pekanbaru dan beberapa wilayah diSumatera. Ikan ini termasuk ikan yang agresif dan dapat tumbuh hingga mencapai 1meter.

Ikan Arwana Red Tail Golden

Nama ikan ini berasal dari warna ekor dan sirip yang memiliki semburat merah keemasan sehingga membuatnya tampil begitu gagah. Warna tubuh mulai kepala hingga pangkal ekor juga didominasi warna keemasan dan merah bata membuatnya terkesan sangat elegan dan mewah. Harga ikan arwana Red Tail Golden ukuran 10-15 cm dijual dengan harga 1,2-1,5 juta/ekor sedangkan pada saat berukuran 45-55 cm dijual dengan harga 4-6 juta rupiah/ekor.

Ikan Arwana Irian (Jardini Arowana)

Ikan ini memiliki nama latin Scleropages Jardinii. Ikan ini termasuk ikan endemik dan dapat ditemukan dipulau Irian dan Australia. Warna dasar ikan Jardini adalah hitam kecoklatan dan ditaburi bintik-bintik seperti mutiara pada bagian ekor dan sirip. Harga arwana Jardini ukuran 6-8 cm biasanya dijual sekitar 200-300 ribu sedangkan harga Jardini ukuran 25 cm-35 cm dijual dengan harga sekitar 1,2-1,8 juta rupiah/ ekor. 

Ikan Arwana Irian (Jardini Arowana)

Ikan Arwana Silver (Silver Arowana)

Ikan ini berasal dari sungai Amazon yaitu sungai terpanjang kedua didunia setelah sunga Nil di Afrika. Ikan arwana Brazil merupakan salah satu jenis ikan arwana silver terbesar didunia yang dapat mencapai ukuran lebih dari 1 meter dengan berat sekitar 3 kg. Jenis ikan arwana ini amat cocok untuk anda yang ingin belajar memelihara arwana karena harganya lebih murah dibandingkan jenis ikan arwana lainnya. 

Ikan Arwana Silver (Silver Arowana)

Populasi ikan ini dialam liar masih tergolong besar sehingga harga ikan ini tidak terlalu mahal, bahkan para nelayan lokal masih sering mendapatkannya dijaring atau mata kail. Harga ikan arwana silver Brazil 20 cm sekitar 100-200 ribu/ekor sedangkan harga arwana silver Brazil 60 cm sekitar 1,5 juta rupiah/ekor.

Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

Ikan arwana Banjar berasal dari wilayah Kalimantan Selatan tepatnya Banjarmasin sesuai dengan namanya. Red Banjar dapat tumbuh hingga ukuran 90 cm dan anda sebaiknya menyediakan kolam/aquarium yang cukup luas untuk jenis Red Banjar karena ikan termasuk sangat aktif.

Ikan Arwana Banjar (Banjar Red Arowana)

Arwana Banjar memiliki sirip berwarna oranye dan ekor berwarna kuning saat muda ikan ini memiliki tampilan mirip dengan arwana berwarna merah jadi para penghobi sering terkecoh dengan penampilannya. Salah satu ciri dari Arwana Banjar dapat kita lihat pada bentuk kepala yang cenderung membulat dan bagian mulutnya pun tidak terlalu lancip. Harga arwana Red Banjar ukuran 12 cm dipasarkan dengan harga sekitar 500-750 ribu/ekor sedangkan harga arwana Red Banjar ukuran 30 cm, 40 cm, dan 50 cm dijual sekitar 1,5-4 juta rupiah/ekor.

Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)

Ikan ini bukan ikan asli Indonesia melainkan ikan yang berasal dari negeri tetangga tepatnya di Penang, Malaysia. Ikan Black Golden  memiliki ciri fisik ekor berwarna kehitaman dengan sisik berwarna keemasan. Warna hitam pada ekor biasanya akan berubah dan memudar setelah ikan ini mulai beranjak dewasa. Harga ikan arwana Black Golden  cukup tinggi sekitar 18 jutaan, Hal ini disebabkan ikan ini masih sulit ditemukan dialam liar dan masih impor.

Ikan Arwana Black Golden (Golden Based Black)

Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana super red merupakan ikan arwana yang paling populer diantara jenis arwana. Ikan asli Indonesia ini dapat ditemukan di Provinsi Kalimantan Barat tepatnya di sungai Kapuas dan danau Sentarum. Arwana jenis super red memiliki kelas masing-masing ada  super red dengan kualitas standar dan ada super red dengan kualitas super. Ikan super red merupakan ikan arwana yang banyak diburu para penggemar ikan hias untuk dikoleksi.

Ikan Arwana Super Red

Harga arwana super red kualitas standar ukuran 10-15 cm biasanya dijual seharga 1,5-3,5 juta rupiah/ekor sedangkan arwana super red kualitas super ukuran 30 cm bisa dibanderol 15-30 juta rupiah/ekor. Harga ikan tergantung ukuran, kualitas dan kesehatan ikan.

Ikan Arwana Cross Black Golden

Ikan bernama latin Scleropages formosus ini memiliki habitat asli di Malaysia tepatnya didaerah Perak, Trengganu, danau Bukit Merah dan Johor.  Nama panggilannya pun cukup banyak. Sering disebut Pahang golden, Malayan bonytongue, Taiping golden dan kadang juda disebut Malaysia gold terserah anda yang mana cocok dengan lidah anda. Salah satu ciri khas yang menarik dari ikan arwana ini adalah warna sisik pada sekujur tubuhnya yang berwarna keemasaan, simbol kemakmuran dan kekayaan. Ikan ini masih jarang ditemukan di tanah air sehingga harganya cukup mahal berkisar 18 jutaan/ekor.

Ikan Arwana Cross Black Golden

Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)

Salah satu jenis ikan berwarna unik dan tampil berbeda adalah arwana hijau. Ikan ini dapat ditemukan dibeberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Myanmar, Malaysia bahkan diIndonesia. Harga ikan arwana green pino ukuran 10 -12 cm dijual berkisar 350-450 ribu/ekor sedangkan ukuran 20-25 cm dibanderol dengan harga mulai dari 700-900 ribu/ekor. Arwana green pino berkualitas super bisa berharga antara 3-8 juta rupiah/ekor.

Ikan Arwana Hijau (Green Arowana)

Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)

Ternyata batik bukan hanya ada dalam kain tetapi juga terdapat pada tubuh ikan arwana. Tetapi batik yang satu ini bukan berasal dari Solo melainkan Myanmar. Warna tubuh seperti perunggu yang dikombinasikan dengan warna silver yang membuatnya tampil unik adalah pola pada tubuh dan sisik yang seperti terukir mirip dengan kain batik sehingga diberi nama arwana batik. Ikan ini tergolong langka dan unik sehingga dibanderol cukup mahal berkisar 40-60 juta rupiah/ekor. Jenis ikan ini masih jarang dijumpai ditanah air.

Ikan Arwana Batik (Myanmar Arowana)

Ikan Arwana Platinum

Dinegeri paman Sam ikan ini merupakan klanggenan orang-orang kaya disana salah satu ikan arwana albino pada tahun 2009 lalu terjual dengan harga fantastis 300.000 dollar dan jika dirupiahkan berkisar 4,5 milliar. Kabar terakhir menyebutkan bahwa salah satu jenis arwana platinum dibanderol dengan harga lebih fantastis 5,5 milliar! Harga inilah yang menobatkan ikan ini masuk dalam salah satu ikan termahal didunia selain koi.

Ikan Arwana Platinum

Mahalnya harga ikan platinum disebabkan warnanya yang unik dan langka. Umumnya ikan-ikan hias berwarna albino didapatkan dari hasil persilangan dengan persentase yang sangat kecil. Bisa berbanding 1: 100.000 bahkan 1 : 1.000.000 untuk mendapatkan warna seperti diatas, itupun jika breeder arwana sedang beruntung.

Artikel tentang Jenis jenis Ikan Arwana Paling Populer Didunia tentunya akan menambah pengetahuan anda di duniahobi khususnya ikan arwana. Ikan naga lambang kemakmuran ini memang unik dan eksotis, Memajangnya di akuarium rumah anda akan membawa aura kuat kemewahan.