Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencukur Kelinci Bulu Pendek

 Cara Mencukur Kelinci Bulu Pendek

Apakah perlu mencukur kelinci bulu pendek? Mungkin banyak yang mengira bahwa kelinci berbulu pendek tidak perlu dicukur. Padahal bulu pada bagian tertentu tetap harus dipotong agar tidak menimbulkan penyakit dikemudian hari. Ingin tahu cara mencukur kelinci bulu pendek yang benar? Simak artikel ini dan temukan tekniknya agar anda dapat menerapkannya pada kelinci kesayangan anda dirumah.

Kelinci bulu pendek (short hair) memang lebih mudah dirawat dibandingkan kelinci berbulu panjang (long hair). Bulu merupakan bagian yang paling menarik yang pertama kali kita lihat selain bentuknya saat ingin membelinya. Merawat keindahan bulu amat penting dalam pemeliharaan kelinci selain mempercantik kelinci, kebersihan bulu dapat menghindarkan berbagai penyakit kulit yang bisa menyerang kelinci kesayanganan anda. Bulu yang bersih akan membuat anda sebagai pemilik bisa membelai dan memeluknya dengan rasa aman.

Bulu dibagian telapak kaki bila dibiarkan bakal memanjang, menebal dan akhirnya menjadi gimbal kecuali kelinci anda selalu memakai sepatu kemana-mana JJJ jika dibiarkan penyakit kulit terutama jamur siap menghadang kelinci anda. Awalnya hanya bercokol ditelapak kaki lalu lambat laun menyebar keseluruh bagian tubuh kelinci. Jika ini terjadi kelinci anda akan nampak burik dan anda pun tentunya enggan memeluknya.

Sebagai salah satu pencegahannya kita harus rajin mencukur rambut kelinci yang gimbal, lakukan setiap 2 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal, semakin sering anda melakukannya maka rambut gimbal tersebut lebih mudah dicukur dibandingkan anda tidak pernah mencukurnya sama sekali. Rambut gimbal kelinci akan mengeras dan sulit untuk dicukur.

Bagi para pemula mencukur bulu kelinci tentulah bukan perkara mudah karena biasanya kelinci akan meronta bahkan mencakar tangan anda. Tetapi bagi yang sudah berpengalaman melakukannya seorang diri pun masih enteng-enteng saja. Nah..bagi anda yang baru melakukannya sebaiknya lakukan berdua. Seorang memegang kelinci dan satu lagi mencukurnya. Pengen tahu cara yang benar? Ikuti tips berikut :

Tenangkan Kondisi Kelinci

Sebaiknya anda tidak boleh asal pegang ketika akan mencukur bulu kelinci. Kelinci bisa bersikap alert saat menghadapi ancaman. Langkah yang terburu-buru bisa membuat kelinci meronta dan bahkan menggigit tangan anda. Caranya tenangkan dulu kelinci anda. Usahakan posisi kepala kelinci menghadap anda. Taruh telapak tangan kanan tepat dikepala kelinci. Posisi jari telunjuk berada diantara kedua kelinci. Dalam beberapa detik saat kelinci terdiam seolah-olah di “hipnotis” baru anda bisa menaruhnya ke pangkuan anda.

Posisi Terlentang

Gerakkan tangan kiri anda dengan halus dari atas punngung menuju bagian ekor, lakukan sambil mengusap kelinci anda. Setelah itu balikkan posisi kelinci hingga terlentang dipangkuan anda. Posisi tangan kanan anda masih tetap memegang kepala kelinci.

Saat kelinci sudah dalam keadaan terlentang usahakan agar telinga panjangnya jangan sampai terlipat kebelakang. Sambil melepas tangan anda dari kepalanya sejajarkan telinga kelinci diatas kaki anda. Pastikan posisi kelinci nyaman dan tidak meronta. Jika kelinci telah diam artinya kelinci sudah siap dicukur.

Pencukuran

Sisir dahulu bagian bulu yang akan dicukur agar memrpermudah proses saat mencukur, gunakan sisir karet yang lembut. Lakukan sampai tidak ada lagi rambut gimbal dialas kaki dan perut bagian bawah. Lakukan pencukuran secara perlahan dan hati-hati. Hentikan pencukuran bila warna rambut telah seragam dengan bulu tubuh bagian atas.

Khusus bagi kelinci yang sedang menyusui ada baiknya bagian bulu disekitar putting agar dicukur. Trik ini akan memudahkan anak kelinci untuk menyusui dari induknya. Selain mencukur rambut telapak kaki dan perut bagian bawah kita juga membersihkan ranbut dibagian selangkangan kelinci. Caranya ; gunakan kain basah lalu lap secara merata dibagian bulu yang kotor. Bila semuanya telah anda lakukan dan kelinci telah bersih dan rapi kembalikan posisi tubuh kelinci seperti semula.

Bedaki dan Sisir Bulu Kelinci Anda

Setelah semua proses mencukur bulu telah anda lakukan selanjutnya adalah menaburkan bedak disekujur tubuh kelinci anda. Mulai dari daerah dekat anus sampai kepala. Lalu sisir secara merata. Untuk bagian punggung arah sisiran dari kepala menuju bagian belakang kelinci. Bagian bawah tubuh disisir dari dada menuju anus. Anda bisa menggunakan berbagai merek bedak kelinci yang tersedia dipasaran.

Penyisiran bukan hanya dapat merapikan tampilan bulu kelinci anda tetapi juga sebagai terapi untuk memperlancar peredaran darah. Sehingga pasokan nutrisi untuk bulu kelinci anda semakin lancar dan tentunya penampilan kelinci anda semakin cantik. Anda senang, kelinci anda pun bahagia.

Semoga artikel “Cara Mencukur Kelinci Bulu Pendek” dapat membantu anda dalam memperbaiki tampilan kelinci anda yang berantakan. Jangan lupa berikan pakan penunjang yang baik untuk memperindah keindahan bulu kelinci anda.