Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Lampu Mobil Yang Buram

     

Cara Membersihkan Lampu Mobil Yang Buram           

Ingin tahu cara membersihkan kaca lampu mobil yang buram tanpa perlu membawanya kebengkel? Membuat lampu kendaraan jadi cling kembali memanglah tidak gampang. Tetapi, bukan berarti anda tidak dapat membersihkannya sendiri dirumah. Anda dapat melakukannya sendiri dengan bahan-bahan yang cukup mudah didapatkan  selain dapat menghemat pengeluaran anda, anda dapat melakukannya kapan saja anda mau.

Lampu mobil merupakan bagian yang paling penting saat berkendara terutama saat malam hari selain untuk penerangan juga dapat menjadi isyarat saat kita sedang berkendara di daerah pegunungan yang memiliki jalan berkelak-kelok dan berkabut. Bisa anda bayangkan bagimana anda bisa berkendara dengan baik jika lampu mobil anda tidak jelas atau bahkan tidak menyala? Tentunya sangat membahayakan bagi kita sendiri dan pengguna jalan yang lain.

Lampu mobil terdiri dari bagian depan dan belakang sebuah mobil.  Lampu utama depan (head lamp) merupakan lampu utama yang akan menyinari apapun yang berada didepan kita. Sedangkan lampu belakang merupakan lampu isyarat agar kendaraan lain bisa mengetahui posisi kendaraan didepan dan juga memberikan isyarat saat kendaraan didepan sedang berhenti. Ada lagi lampu sein depan dan lampu sein belakang sebagai isyarat saat akan berbelok arah. Biasanya kaca lampu mobil itu tidak semuanya memiliki tingkat keburaman yang sama. Umumnya head lamp lebih cepat buram dibandingkan bagian belakang.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi mengapa kaca mobil anda dapat menjadi buram, diantaranya umur kendaraan, debu yang masuk melalui celah rumah lampu, embun yang tersimpan dalam rumah lampu mobil, Terpapar sinar matahari dalam jangka waktu panjang, dan juga umur dari kaca lampu mobil anda. Jika anda ingin praktis bawa saja kebengkel agar dilakukan treatment agar kaca mobil anda menjadi mengkilat seperti baru, tetapi jika anda memiliki waktu senggang dihari libur anda bisa kok melakukannya sendiri dirumah.

Menjaga serta membersihkan lampu mobil secara berkala merupakan rutinitas yang harus anda lakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama anda menggunakan mobil anda. Berikut beberapa cara membuat kaca lampu mobil kinclong seperti baru kembali yang dapat anda terapkankan sendiri dirumah.

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil Bagian Dalam Yang Buram

Anda bisa saja tidak melepas rumah lampu kaca mobil anda apabila tingkat keburaman kaca mobil anda tidak terlalu parah tetapi jika sudah sangat buram sehingga pandangan anda tidak jelas saat berkendara sebaiknya anda melepaskannya agar hasilnya dapat maksimal saat dibersihkan.

Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil

Tidak semua kaca buram dapat dibersihkan dari luar. Terkadang saat karet dan penutup lampu sudah aus akan memudahkan air, embun dan debu masuk kedalam bagian dalam kaca mobil anda. Jadi untuk membersihkannya rumah lampu mesti dilepas terlebih dahulu. Anda mesti hati-hati saat mencopot rumah lampu agar tidak merusak kaca mika lampu anda.

Mencuci Mobil Menggunakan Shampo dan Ampelas

Shampo mobil serta amplas adalah gabungan yang cocok untuk membersihkan kaca lampu mobil yang buram. Pada langkah pertama gunakan ampelas yang halus. Sebelumnya menggosokan amplas ke  kaca lampu kendaraan anda, celupkan amplas ke air yang telah dicampur dengan shampo mobil. Pastikan shampo mobil berkualitas supaya tidak mengakibatkan rusaknya permukaan kaca. Setelah anda menggosok permukaan kaca lampu mobil anda, bilas dengan air bersih.

Mencuci Mobil Menggunakan Shampo dan Ampelas

Lanjutkan Dengan Menggunakan Kompon

Bila shampo mobil serta amplas tidak cukup mengusir noda buram di kaca lampu, teruskan dengan menggunakan kompon merah serta putih. Campurlah kompon merah dan putih secara merata. Lalu berikan kompon ke permukaan amplas serta gosok ke bagian kaca yang dianggap buram. Lakukan secara perlahan-lahan dan merata untuk memperoleh hasil optimal tanpa goresan. Anda bisa menggunakan alat penggosok untuk memudahkan pekerjaan anda dan hasilnya pun bisa lebih maksimal. Gunakan penggosok dengan bahan kain yang lembut.

Gunakan Wax

Ada banyak cairan pembersih lampu mobil yang buram yang tersedia ditoko alat-alat mobil, salah satunya adalah wax. Pakai wax spesial untuk mobil di bagian lampu yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dulu. Kandungan yang ada dalam wax bikin kaca lampu tidak cuma bersih, namun juga mengkilap.

Penggunaan wax amat mudah, anda cukup menuangkan cairan ke kaca mobil lalu menggosoknya secara berulang pada kaca mobil anda yang kuning atau buram. Biasanya setelah menggosok  hasilnya akan terlihat langsung. Kita dapat langsung membandingkan antara kaca mobil yang sudah diberi wax dan yang belum dilakukan treatment sama sekali. Pasti hasilnya berbeda jauh!

Lap Kaca Mobil Hingga Bersih

Bekas wax yang melekat dapat mengakibatkan penampilan lampu mobil anda tidak optimal. Gunakan kain lap lembut supaya tidak meninggalkan baret pada permukaan kaca. Anda dapat menggunakan kain perca yang lembut yang biasanya banyak didapatkan pada tukang jahit. Jadi setelah menggosoknya dengan sisa kain perca anda bisa langsung membuangnya dan menggantinya dengan yang lebih bersih.

Lap Kaca Mobil Hingga Bersih

Selain cara diatas Anda juga dapat memakai bahan yang ada dirumah, yakni baking soda, pasta gigi, sabun pencuci piring, caranya sangat mudah :

Bersihkan kaca dengan larutan cairan pencuci piring.

Berikan pasta gigi yang sudah dicampur dengan baking soda, gunakan secukupnya.

Gosok permukaan kaca dengan kain sampai noda hilang.

Basuh permukaan kaca lampu dengan air yang sudah dicampur baking soda, bilas kembali dengan air bersih.

Bersihkan dengan kain sampai bersih.

Semoga artikel “Cara Membersihkan Lampu Mobil Yang Buram” dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia duniahobiku.com.  Kaca lampu mobil yang kinclong bukan hanya akan membuat mobil anda semakin menarik tetapi juga membuat sinar lampu mobil anda semakin terang .