Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut tentunya membuat kita kurang percaya diri saat berbicara kecuali anda terlalu percaya diri tanpa memperhatikan perasaan lawan berbicara anda. Hehehe.. Terlebih saat bulan puasa kita kadang merasa tidak nyaman dengan masalah bau mulut. Ingin tahu cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami? Simak terus artikel ini dan temukan berbagai cara yang mungkin cocok buat anda.

Secara teori, bau mulut pada saat anda berpuasa tidak terjadi karena tidak ada makanan dan minuman yang masuk kedalam mulut. Mulut pun beristirahat dalam waktu yang cukup lama. Tapi hal ini berlaku bagi anda yang rajin menyikat dan membersihkan gigi.

Hal yang sering terjadi adalah ketika usai makan sahur orang enggan untuk menggosok gigi dan kembali langsung tidur. Nah..sisa-sisa makanan yang ada dalam mulut terutama yang berada disela-sela gigi, lidah dan sekitar gusi akan menumpuk. Hal ini terjadi lantaran daerah yang disebut diatas agak sulit dibersihkan. Sisa makanan tersebut akan mengundang aktivitas bakteri anaerob secara berlebihan. Kadar VSCs (volatile sulfur compound) yang mengandung hydrogen sulfide, metal mercapton dan dimetil disulfide akan tercium indera penciuman.

Mengobati bau mulut harus tahu apa penyebabnya. Jika penyebabnya karena makanan yang terselip digigi maka kita bisa menggunakan dental floss (benang gigi) dan tidak cukup hanya menggunakan pasta gigi tetapi jika disebabkan oleh penyakit maka harus menyembuhkan penyakitnya terlebih dahulu.

Pengaruh Makanan Terhadap Bau Mulut

Makanan sehari-hari yang kita santap sangat berperan menimbulkan bau mulut. Makanan yang memiliki bau khas dan menyengat seperti durian, jengkol, pete, alkohol, bawang putih atau rokok dapat menjadi penyebab bau mulut. Makanan tersebut awalnya diserap oleh pembuluh darah kemudian dikeluarkan dalam bentuk udara yang kita hembuskan.

Makanan manis seperti coklat, permen atau susu akan dengan mudah menempel disela-sela gigi yang dapat memicu karang gigi yang nantinya dapat menimbulkan bau mulut.  Menurut penelitian 85-90% bau mulut bersumber dari adanya kelainan di rongga mulut baik karies atau infeksi pada jaringan penyangga gigi namun bisa juga berasal dari beberapa penyakit tertentu seperti kencing manis, maag, radang amandel dan infeksi paru-paru.

Mencegah Lebih Baik

Slogan ini paling cocok diterapkan hampir disegala aspek yang menyangkut kesehatan. Salah satu hal mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok gigi minimal 2 kali sehari, terutama setelah makan. Batasi penggunaan cairan penyegar atau kumur-kumur, jangan terlalu sering menggunakannya. Obat kumur biasanya mengandung alkohol lebih dari 25% yang dapat meningkatkan resiko timbulnya kanker.

Sesuai anjuran kesehatan komsumsi air putih paling sedikit 8-10 gelas setiap hari. Pilih makanan yang banyak mengandung serat dan hindari makanan yang memiliki aroma khas termasuk rokok dan alkohol. Mengunyah permen karet tanpa gula selama beberapa menit dapat mencegah menumpuknya bakteri dalam ludah dimulut dan tenggorokan. Perikasakan juga kesehatan gigi anda secara berkala ke dokter gigi.

Makanan dan Minuman Pengusir Bau Mulut

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bau mulut, bisa dengan obat penghilang bau mulut, dengan garam, dengan jeruk nipis dan beberapa cara lainnya. Berikut cara mengatasi bau mulut secara alami dengan menggunakan makanan dan minuman :

Apel dan Wortel

Kedua buah ini sangat baik untuk mengurangi bau mulut. Anda bisa mengkomsumsi kedua buah ini secara langsung dengan mengunyahnya sehingga dapat mengikis sisa-sisa makanan yang ada dirongga mulut.

Jus Delima

Jus delima dapat dimanfaatkan sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan sariawam, gigi berlubang dan sakit tenggorokan. Caranya ambil 5 buah delima matang lalu kupas dan ambil daging buah serta bijinya lalu masukkan kedalam blender. Setelah hancur jus juga bisa langsung diminum atau digunakan sebagai obat kumur.

Teh

Minum teh hijau sebanyak 2-5 cangkir sehari baik dalam bentuk teh murni atau teh yang sudah dicampur. Kandungan zat aktif catchins dalam teh hijau dapat membunuh bakteri mulut sebagai salah satu penyebab bau mulut.

Sirih

Sirih telah lama digunakan masyarakat Indonesia sebagai obat herbal. Gunakan 4-7 lembar daun sirih kemudian cuci bersih. Kemudian rebus daun dengan 4 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin gunakan untuk berkumur setiap hari. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan meremas-remas daun sirih kemudian direndam dalam air panas. Setelah dingin air rendaman digunakan untuk kumur-kumur setiap hari.

Keju

Ternyata keju menyimpan manfaat lain selain sebagai penghias kue. Menurut penelitian keju mengandung kalsium yang tinggi tetapi rendah karbohidrat serta mengandung fosfat yang dapat berfungsi untuk membunuh bakteri penyebab timbulnya karang gigi dan penyakit gusi. Selain itu keju juga bermanfaat untuk melindungi enamel gigi. Menyelipkan sepotong keju pada saat sarapan amat dianjurkan untuk kesehatan gigi dan tulang anda.

Jus Anggur dan Jeruk

Sediakan 150 gram anggur + 200 gram jeruk manis, 1 sendok makan jeruk nipis dan 2 sendok makan madu. Masukkan semua bahan kedalam blender. Jus mix tersebut dapat anda minum sebanyak 2 kali seminggu. Ramuan jus ini dapat berfungsi untuk mencegah kerusakan pada gigi anda.

Cengkih

Ambil 2-5 bunga cengkeh lalu rebus dengan air secukupnya selama kurang lebih 5 menit. Setelah dingin air cengkeh dapat digunakan untuk berkumur-kumur. Kandungan antiseptik pada daun cengkih dapat membunuh bakteri didalam mulut sebagai penyebab mulut bau jigong.

Yogurt

Yogurt merupakan salah sau makanan probiotik yang sangat baik dikomsumsi setiap hari. Rutin meminum yogurt dapat memelihara kesehatan pencernaan anda. Lancarnya sistem pencernaan dapat mengurangi bau mulut. Hal tersebut juga berlaku jika kita mengkomsumsi makanan probiotik lainnya.

Air Putih

Minum air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari agar mulut selalu dalam kondisi basah kecuali pada saat anda berpuasa. Berkumur-kumur dengan menggunakan air putih juga dapat mengeluarkan kotoran yang terjebak di sela-sela gigi yang menjadi penyebab bau mulut.

Semoga artikel 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami  dapat membantu anda dalam mengatasi bau mulut yang mengganggu dan membuat anda menjadi semakin percaya diri bercengkrama dengan para kerabat.