Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Jenis Alokasia Kini Makin Di Cari Para Kolektor

 17 Jenis Alokasia Kini Makin Di Cari Para Kolektor

Trend tanaman hias datang silih berganti, salah satu jenis tanaman tropis yang kini mulai dicari para kolektor tanaman hias adalah alokasia. Tanaman keluarga Araceae ini masih memiliki kerabat dekat dengan tanaman hias terkenal lainnya seperti keladi, aglaonema, anthurium dan  philodendron. Sosok tanaman alokasia memang mirip dengan keladi. Sehingga sering disebut sebagai keladi. Kemiripan antara alokasia dengan keladi terletak pada bentuk daunnya yang menyerupai jantung hati. Ingin mengenal lebih jauh tentang alokasia dan jenis alokasia yang ada? Baca terus artikel ini dan temukan alokasia favorit anda.

Anggota genus alokasia sangat banyak ada yang memiliki umbi dan ada pula yang berhizoma. Ada sekitar 70 jenis alokasia yang telah teridentifkasi dan tersebar dibeberapa daerah tropis di Asia Tenggara dan Brazil. Umumnya alokasia memiliki daun lebar dengan ukuran 20-90 cm namun ada pula alokasia yang berukuran bongsor seperti alokasia robusta.

Alokasia banyak diminati oleh penghobi tanaman hias lantaran memiliki bentuk, warna dan pola daun yang unik dan bentuknya sangat beragam. Umumnya memiliki daun berwarna hijau muda sampai hijau tua. Bahkan jenis yang langka memiliki daun hitam sampai kebiruan. Ada beberapa jenis alokasia yang saat ini sedang banyak diminati yang berasal dari hasil silangan. Berikut beberapa jenis alokasia yang mungkin bisa menambah koleksi anda dirumah :

1.     Alokasia Wentii

Alokasia wentii memiliki ukuran daun yang dapat mencapai sekitar 30 cm . Hidup bergerombol dan sering digunakan sebagai penghias taman. Tanaman dewasa umumnya memiliki warna daun yang berwarna hijau tua dan cenderung gelap. Harga tanaman alokasia wentii ukuran 30cm dijual sekitar 185-250 ribu rupiah / pot.

Alokasia Wentii

2.     Alokasia bisma

Alokasia bisma memiliki daun cenderung membulat dengan pola garis pada permukaan daun berwarna hijau sedikit keperakan. Pola garis ini bertekstur sehingga saat diraba dengan jari kita bisa merasakan garis pemisah diatas permukaan daun. Tanaman ini tumbuh optimal pada suhu sekitar 300. Harga alokasia bisma ukuran 20-30 cm dijual seharga 65-150 ribu/ pot.

Alokasia bisma

3.     Alokasia Amazonica

Tanaman ini berasal dari hutan hujan tropis yang terdapat di hutan Amazon dan Afrika Selatan. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sekitar 50-60 cm dengan tepi daun yang berlekuk-lekuk dengan sisi berwarna putih. Tulang daun pada permukaan daun kelihatan sangat tegas dengan pola berwarna putih. Daun memiliki warna hijau tua. Tanaman setinggi 15-40 cm dijual dengan harga sekitar 75-150 ribu rupiah / pot.

Alokasia Amazonica

4.     Alokasia Tengkorak

Alokasia jenis ini tergolong memiliki pola garis pada permukaan daun yang unik mirip dengan tengkorak sehingga dinamakan alokasia tengkorak, terkadang juga disebut Alokasia cuprea. Pada permukaan daun terdapat warna urat daun hijau tua cenderung hitam, permukaan daun juga nampak mengkilap dan memiliki lapisan seperti lilin. Alokasia tengkorak memiliki harga sekitar 70-250 ribu / pot ukuran sekitar 30cm, tergantung bentuk, tinggi, dan kelangkaan warna. Jenis langka bisa dibanderol hingga jutaan rupiah.

Alokasia Tengkorak

5.     Alokasia dragon

Alokasia dragon merupakan jenis alokasia silangan atau hybrid. Tanaman ini memiliki permukaan daun cenderung berwarna keperakan namun beberapa diantaranya juga memiliki permukaan hijau tua. Jika umumnya urat daun pada alokasia lainnya hanya memiliki satu garis urat namun alokasia dragon memiliki garis urat daun yang terbagi menjadi bercabang pada bagian tengah urat daun. Pola urat berwarna keperakan membuatnya mirip dengan sisik punggung seekor naga. Alokasia dragon dijual seharga 150-600 ribu / pot.

Alokasia dragon

6.     Alokasia bambino

Sekilas Alokasia bambino mirip Amazonica namun dalam versi yang lebih kecil. Jika pada Alokasia amozonica pola urat daun lebih tegas dan teratur tetapi pada bambino urat daun terlihat sedikit renggang dan tidak setegas Alokasia amazonica. Bentuk daunnya cenderung mengecil pada ujung daun. Harga tanaman Alokasia bambino sekitar 120-350 ribu rupiah / pot dengan ukuran 20-30 cm.

Alokasia bambino

7.     Alokasia longiloba

Alokasia longiloba memiliki daun cenderung berwarna hijau muda dan sedikit pucat. Walaupun memiliki urat daun seperti amazonica tapi teksturnya cenderungnya lebih halus dan tidak timbul seperti Amazonica. Alokasi ini dijual mulai dari harga 20-150 ribu rupiah / pot.

Alokasia longiloba

8.     Alokasia reversa

Alokasia reversa cenderung menyukai tumbuh dibawah naungan. Warna daun termasuk unik karena cenderung berwarna hijau keperakan. Pola urat pada permukaan daun cenderung renggang dan memiliki garis-garis kecil pada tulang permukaan daun. Alokasia reversa dijual dengan harga sekitar 65-275 ribu / pot ukuran 15-30 cm.

Alokasia reversa

9.     Alokasia watsoniana

Alokasia watsoniana memiliki permukaan daun berwarna hijau tua dengan sedikit permukaan daun keriput. Pola urat daun tidak terlalu besar dengan warna pola sedikit kehijauan. Jika anda perhatikan pola daun berbentuk hati tidak terpisah melainkan menyatu dengan daun berbentuk huruf Y sedangkan pada Alokasia jenis lain cenderung berbentuk hati. Alokasia watsoniana dijual sekitar 75-300 ribu rupiah / pot.

Alokasia watsoniana

10.         Alokasia Zebra

Mendengar namanya pasti kita bisa membayangkan warna pada alokasia jenis zebra. Garis urat daun berwarna putih pada permukaan daun hampir menyebar secara merata. Bentuk hati pada daun cenderung melebar. Kombinasi hijau muda dan garis putih membuatnya tampil sederhana namun cantik. Alokasia zebra dijual seharga 100-300 ribu / pot.

Alokasia Zebra

11.         Alokasia sanderiana

Jika orang awan yang melihatnya pasti mengira bahwa tanaman ini adalah Alokasia amazonica, Hal ini disebabkan bentuk dan warna hampir sama. Tetapi jika kita perhatikan dengan seksama kita akan melihat beberapa perbedaannya. Pola garis pada Alokasia amazonica jauh lebih teratur dan pola uratnya sedikit lebih rapat sedangkan pada sanderiana polanya cenderung renggang dan bentuknya pun lebih melebar dan tidak teratur. Alokasia sanderiana dijual seharga 50-150 ribu / pot.

Alokasia sanderiana

12.         Alokasia cuculata

Alokasia cuculata memiliki bentuk daun mirip dengan anthurium kuping gajah. Seluruh permukaan daun berwarna hijau muda dan berbentuk hati yang cenderung membulat. Alokasia cuculata memiliki harga yang cukup terjangkau dibanding alokasia jenis lainnya. Alokasi cuculata dijual dengan harga 10-35 ribu rupiah / pot.

Alokasia cuculata

13.         Alokasia black velvet

Jika pada Alokasia lainnya permukaan cenderung mengkilap maka Alokasia black velvet memiliki bentuk daun mirip karpet berwarna hijau tua. Bentuk daun secara keseluruhan cenderung membulat dan ujung atas permukaan daun berbentuk huruf V. Alokasia ini dijual dengan harga 75-275 ribu rupiah / pot.

Alokasia black velvet

14.         Alokasia infernalis

Alokasia infernalis tampil sedikit berbeda dibandingkan saudaranya yang cenderung berwarna hijau. Alokasia infernalis berwarna kemerahan hingga ungu gelap. Permukaan daun yang cenderung gelap membuat pola garis urat daun sedikit tersamar. Daun pada bagian atas tidak terpisah melainkan menyatu seperti pada Alokasia watsoniana. Alokasia infernalis  dijual seharga 50-150 ribu rupiah / pot.

Alokasia infernalis

15.         Alokasia odora

Alokasia odora cenderung mudah ditemukan pada tanah dan kebun kosong. Harganya pun cukup terjangkau sekitar 40-50 ribu / pot. Alokasia odora cenderung digunakan sebagai ornamen taman tropis. Tinggi tanaman cukup bongsor bisa mencapai sekitar 1,5 meter. 

Alokasia odora

16.         Alokasia regina

Alokasi regina memiliki permukaan daun berwarna keperakan dengan pola garus urat daun berwarna hijau yang sedikit tersamar oleh warna perak pada permukaan daun.Warna daun yang unik membuatnya tampil menarik jika ditaruh sebagai tanaman pot (pot plant) diruang tamu/ruang kerja. Alokasi regina dijual dengan harga 50-300 ribu rupiah / pot.

Alokasia regina

17.         Alokasia frydek

Alokasia frydek memiliki permukaan daun berwarna hijau cerah dengan pola urat garis daun yang renggang. Tampilannya hampir serupa dengan beberapa saudaranya. Tanaman ini akan tampil maksimal dan kompak saat tumbuh rimbun beserta anak-anaknya. Alokasia frydek dijual seharag 35-150 ribu rupiah / pot.

Alokasia frydek

Artikel “17 Jenis Alokasia Kini Makin di Cari Para Kolektor” semoga dapat bermanfaat buat anda semua para pembaca setia duniahobiku.com. Alokasia memang tanaman daun yang memiliki bentuk unik berbentuk hati yang membuat banyak penggemarnya juga jatuh hati akan rupanya.